MODEL BERBASIS FUZZY DENGAN FIS TSUKAMOTO UNTUK PENENTUAN BESARAN GAJI KARYAWAN PADA PERUSAHAAN SWASTA

Jhonnry Frengky Bire Logo, Agus Wantoro, Erliyan Redy Susanto

Abstract


Karyawan salah satu inti terpenting dalam perusahaan. Karyawan diperusahan memiliki masa kerja yang berbeda-beda yang membedakan besaran gaji yang diberikan. Karyawan yang telah memiliki masa kerja >1 tahun biasanya akan digolongkan menjadi karyawan lama, sedangkan karyawan yang baru masuk dengan masa kerja 0-1 tahun digolongkan karyawan baru. Adanya penggolongan tersebut mengakibatkan adanya perbedaan pada besaran gaji. Penghitungan gaji atau upah  menjadi kegiatan rutin setiap bulannya. Semua faktor dikumpulkan, kemudian dihitung dengan sangat cermat. Perusahaan berusaha menyusun gaji karyawan dengan baik, untuk memenuhi hak karyawan secara adil, sekaligus menjaga nilai perusahaan di pasar tenaga kerja. Jika sistem penggajian sebuah perusahaan terkesan buruk, tentu akan menurunkan minat tenaga kerja potensial untuk bergabung dengan perusahaan. Sistem pemberian gaji karyawan baru biasanya hanya berdasarkan pada jenjang pendidikan dan jabatan saja tanpa mempempertimbangkan faktor lain seperti pengalaman kerja, keahlian dan jumlah tanggungan. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem pendukung keputusan untuk menentukan besaran gaji yang lebih sesuai. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu logika Fuzzy dengan FIS Tsukamoto. Penelitian ini menghasilkan berupa model dan aplikasi. Penerapan metode fuzzy tsukamoto dapat diterapkan untuk perhitungan yang dapat digunakan oleh pihak management dalam membantu mengambil keputusan dalam penentuan perkiraan gaji dengan mempertimbangkan beberapa parameter sehingga besaran gaji yang diberikan akan lebih tepat

References


P. RI, Undang-Undang RI Ketenagakerjaan, 13th ed. Jakarta: Undang-Undang, 2003.

PP, Peraturan Pemerintah RI, 14th ed., vol. 1, no. August. Jakarta, 2004.

M. Beer, “Organizational behavior and development,” Harv. Bus. Rev., pp. 1–16, 1980.

D. Kurniawan, A. Syihab, and H. Setyo Rukmi, “Penentuan Gaji Pokok Manajer Menengah dengan Metode Point System,” J. Tek. Ind., vol. 13, no. 1, p. 78, 2012.

E. Turban, J. E. Aronson, and T.-P. Liang, Decision Support Systems and Intelligent Systems. 2007.

H. P. Sri Kusuma Dewi, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, Kedua., vol. Kedua. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

A. Wantoro and A. T. Priandika, “Komparasi Perhitungan Pemilihan Mahasiswa Terbaik Menggunakan Metode Statistik Klasik dengan Logika Fuzzy (Tsukamoto dan Mamdani),” in Seminar Nasional Teknologi Informasi, 2017, pp. 25–32.

M. M. Hanifa and S. Hartati, “Guru Honorer Di Kabupaten Pesawaran Menggunakan,” J. Teknol., vol. 9, pp. 83–88, 2016.

M. Yusida, D. Kartini, R. A. Nugroho, and M. Muliadi, “Implementasi Fuzzy Tsukamoto dalam Penentuan Kesesuaian Lahan untuk Tanaman Karet dan Kelapa Sawit,” KLIK - Kumpul. J. ILMU Komput., vol. 4, no. 2, p. 233, 2017.

L. A. Zadeh and S. Jose, “The Concept of a Linguistic Variable II,” Electr. Eng., vol. 357, pp. 301–357, 1975




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v14i2.456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Teknoinfo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal TEKNOINFO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter