Eksperimen Pengenalan Ucapan Aksara Lampung Dengan CMU Sphinx 4

Sri Ningsih, Saniati Saniati

Abstract


Aksara Lampung sebagai salah satu identitas masyarakat Lampung dalam perkembangannya terakhir ini minim apresiasi dari masyarakat. Upaya pelestarian dilakukan dengan mengenalkan budaya Lampung salah satunya aksara. Pengenalan aksara Lampung dapat melalui beberapa aspek yaitu mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Untuk mengaktifkan kemampuan dari aspek-aspek tersebut dapat memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah speech recognition dalam membantu mempelajari pengucapan bahasa dan aksara. Eksperimen pengenalan ucapan ini memanfaatkan CMU Sphinx 4 sebagai library untuk membangun model pengenalan ucapan dengan berbasis Hidden Markov Model. Tahapan dalam eksperimen pengenalan ucapan ini adalah training dan testing.Masukan dalam pengenalan ucapan ini berupa suku kata aksara Lampung, kata, dan frasa. Dan keluaran dari masukan tersebut berupa teks suku kata, kata, dan frasa yang diucapkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan akurasi pengenalan ucapan suku kata sebesar 52,47%, pengenalan kata 74,03%, dan pengenalan frasa 57,83% dari 3 skenario eksperimen. Pengenalan ucapan terbaik adalah  untuk kata, sedangkan untuk suku kata mendapatkan akurasi terendah, dikarenakan antar suku kata aksara Lampung hampir sama pelafalannya.

Kata Kunci: Aksara Lampung, Pengenalan Ucapan, Suku Kata, Kata, Frasa, CMU Sphinx4, Hidden Markov Model.


Full Text:

PDF

References


S.M. Abdou, dkk., "Computer Aided Pronounciation Learning System Using Speech Recognition Techniques", Cairo University, 2006.

Azmi, Mohamed M., dkk., "Syllable-Based Automatic Arabic Speech Recognition

Techniques", Cairo University, 2008.

Walker, Willie, dkk., "Sphinx-4: A Flexible Open Source Framework for Speech Recogni tion. Oakland", Sun Microsystem, 2004.

Chowdhury, Shammur Absar., "Implementation of Speech Recognition System for Bangla", Dhaka: School of Engineering and Computer Science BRAC University, 2010.

Gupta, Ripul., "Speech Recognition for Hindi", Mumbai, Indian Institute of Technology, 2008.

Ferdiansyah, Veri dan Purwarianti, Ayu., "Indonesian Automatic Speech Recognition System Using English-Based Acoustic Model", Bandung,Institut Teknologi Bandung, 2011.

Fitriliana, K. Rahmadi, A. Siska, "Pengenalan Ucapan Metode MFCC-HMM untuk Perintah Gerak Robot Mobil Penjejak Identifikasi Warna". Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Sumatra Barat, 2013.

Sipayung, Juan Rio. "Aplikasi Pemilih Menu Berpenggerak Suara Pada Sistem Operasi GNU/Linux", Universitas Sumatera Utara, Medan, 2010.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v12i1.40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Ningsih, Saniati Saniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter