SOCIAL NETWORK ANALYSIS UNTUK MENGIDENTIFIKASI AKUN KUNCI DALAM PERCAKAPAN CAPRES DI TWITTER

Fatkhul Amin, Imam Husni Al Amin, Edy Winarno, Setyawan Wibisono, Taufiq Dwi Cahyono

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi percakapan tentang calon presiden dari data Twitter (X) menggunakan analisis jaringan sosial. Metode analisis meliputi degree centrality, betweenness centrality, dan closeness centrality untuk mengidentifikasi akun-akun sentral dalam diskusi tentang calon presiden tertentu. Dataset Twitter (X) diproses dan dianalisis menggunakan alat analisis jaringan sosial. Visualisasi jaringan dilakukan dengan Gephi 0.10.1 untuk memahami struktur interaksi antar akun. Dalam contoh studi yang memfokuskan pada pasangan "Anies Muhaimin," analisis menunjukkan bahwa akun-akun seperti @kba_news dan @PeraWat81282560 memiliki degree centrality yang tinggi, menandakan keterlibatan yang signifikan dalam menyebarkan informasi dan mempertahankan koneksi langsung dengan akun-akun lain dalam jaringan. Sementara itu, untuk kata kunci "Ganjar Mahfud" dan "Prabowo Gibran," ditemukan bahwa terdapat akun-akun dominan dengan peran penting dalam mengoordinasikan dan memengaruhi percakapan. Implikasi dari temuan ini menyoroti bagaimana struktur jaringan sosial memengaruhi penyebaran informasi politik di media sosial. Studi ini memberikan wawasan tentang dinamika interaksi antar akun dalam konteks kampanye pemilihan presiden, serta pentingnya pemahaman tentang pengaruh akun-akun sentral dalam mempengaruhi opini publik. Secara kesimpulan, analisis jaringan sosial Twitter (X) memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana informasi politik tersebar dan dipengaruhi dalam konteks percakapan tentang calon presiden. Temuan ini relevan untuk strategi kampanye politik dan manajemen reputasi di era digital.


Full Text:

PDF

References


E. Talapessy, “Analisis Node Dengan Metode Degree Centrality Dan Follower Rank Pada Tagar Twitter,” vol. 9, no. 2, hal. 367–372, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.4053.

D. M. DIANNZAH, “Analisis Interaksi Pengguna Twitter Menggunakan Social Network Analysis Dan Topic Modelling Terkait Strategi Pemasaran E-Commerce (Studi Kasus: Tokopedia …,” 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38724%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/38724/17522265.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

A. I. Sugiarta, D. Syamsuar, dan E. S. Negara, “Analisis Sentralitas Aktor pada Struktur Jaringan Politik dengan Menggunakan Metode Social Network Analysis ( SNA ) : Studi Kasus Group Facebook Lembaga Survei Sosial Media,” hal. 203–209, 2012.

Y. P. Setianto, “Melihat Perbincangan # Pilpres2019 di Media Sosial dengan Social Media,” J. Ultim., vol. 12, no. 1, 2020.

L. D. Mahbubah dan E. Zuliarso, “Analisa Sentimen Twitter Pada Pilpres 2019 Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” Sintak, hal. 194–195, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7585.

A. Kartino, M. K. Anam, R. Rahmaddeni, dan J. Junadhi, “Analisis Akun Twitter Berpengaruh terkait Covid-19 menggunakan Social,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 5, no. 10, hal. 697–704, 2021.

N. Fitriani, I. Sembiring, dan K. D. Hartomo, “Evaluasi Jaringan dan Interaksi Tim Sukses Pileg Tahun 2019 Melalui Social Network Analysis ( SNA ),” InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 2, no. 14, 2020.

B. Arianto, “Pemanfaatan Aplikasi Drone Emprit Academic dalam Menganalisis Opini Publik di Media Sosial,” J. Soc. Polit. Gov., vol. 2, no. 2, hal. 14, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://all3dp.com/2/fused-deposition-modeling-fdm-3d-printing-simply-explained/.

H. Tuhuteru dan A. Iriani, “Analisis Kolaborasi Penelitian Ilmiah Dosen Fakultas X dengan Social Network Analysis ( SNA ),” vol. 4, no. April, hal. 149–158, 2018.

E. Mailoa, “Analisis Node dengan Centrality dan Follower Rank pada Twitter,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 1, no. 3, hal. 937–942, 2017.

D. Kurniawan, A. Iriani, dan D. Manongga, “Pemanfaatan Social Network Analysis (Sna) Untuk Menganalisis Kolaborasi Karyawan Pada Pt. Arum Mandiri Group,” J. Transform., vol. 17, no. 2, hal. 149, 2020, doi: 10.26623/transformatika.v17i2.1646.

K. Das, S. Samanta, dan M. Pal, “Study on centrality measures in social networks: a survey,” Soc. Netw. Anal. Min., vol. 8, no. 1, 2018, doi: 10.1007/s13278-018-0493-2.

A. Utami dan A. Alamsyah, “Analisis Karakteristik Strategi Konten E-commerce Indonesia menggunakan Pendekatan Social Network Analysis untuk Market Intelligence,” J. Manaj. dan Bisnis Performa, hal. 116–123, 2019, doi: 10.29313/performa.v0i0.3473.

P. Choudhary dan U. Singh, “Ranking Terrorist Organizations Network in India Using Combined Sna-Ahp Approach,” no. November 2018, 2019.

R. Khalida, B. Bangun, M. Mesran, dan N. Oktari, “Penerapan Metode ROC dan Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) dalam Penerimaan Asisten Perkebunan,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 3, hal. 937, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3092.

M. Nur Habibi dan Sunjana, “Analysis of Indonesia Politics Polarization before 2019 President Election Using Sentiment Analysis and Social Network Analysis,” Int. J. Mod. Educ. Comput. Sci., vol. 11, no. 11, hal. 22–30, 2019, doi: 10.5815/ijmecs.2019.11.04.

S. R. Utami, R. N. Safitri, dan Y. A. Kuncoroyakti, “Analisis Jaringan dan Aktor # BatalkanOmnibusLaw di Media Sosial Twitter Menggunakan Social Network Analysis ( SNA ) topik popular yang berupa tagar pada Twitter adalah # BatalkanOmnibusLaw . # BatalkanOmnibusLaw yang ramai menjadi pembicaraan warganet se,” vol. 4, no. 3, hal. 135–148, 2021.

H. Hastuti, H. F. Maulana, A. P. H. Tompo, dan Z. Z. Ferizka, “Sentiment Analysis of the Indonesia Presidential Election 2024 with Ensemble Learning for Reducing Disinformation on Social Media,” Int. Conf. ICT Converg., vol. 2023-Augus, no. 1, hal. 563–568, 2023, doi: 10.1109/ICoICT58202.2023.10262584.

R. A. Fahrezi dan W. N. Praja, “Retorika,” J. Komunikasi, Sos. dan Ilmu Polit., vol. 1, no. 2, hal. 69–73, 2024.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v18i2.3620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Setyawan Wibisono, Fatkhul Amin, Imam Husni Al Amin, Edy Winarno, Taufiq Dwi Cahyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter