SISTEM MONITORING DAN KONTROLING PROTOTYPE PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS)

Eric Alfonsius, Wisard Widsly Kalengkongan, Stephano Caesar Wenston Ngangi

Abstract


Air merupakan salah satu aspek vital yang menjadi sangat penting dalam keberlangungan hidup tanaman. Oleh karena kelembaban tanah yang ideal menjadi faktor kunci. Kelembaban tanah bergantung pada ketersediaan air dalam tanah sehingga tanaman dapat hidup dan berkembang dengan baik dan apabila kandungan air dalam tanah tidak mencukupi maka tanaman tersebut akan layu dan mati. Penyiraman tanaman secara berlebihan maupun berkekurangan dapat berdampak buruk bagi tanaman. Oleh karena itu, penyiraman tanaman merupakan suatu rutinitas yang harus dilakukan secara teratur. Sesuai dengan hasil yang ada menghasilkan beberapa desain alat dan sistem dan dapat terimplementasi ke media tanaman yang ada dengan pengukuruan sesuai modul sensor yang digunakan sehingga berdasarkan pengujian blackbox yang digunakan peneliti, dari ketiga pengujian: pengujian modul sensor, pengujian penggunaan network/jaringan yang terhubung ke perangkat yang ada dan juga pengujian sistem yang dihasilkan, maka sistem monitoring dan kontroling penyiraman tanaman otomatis berbasis Internet of Things, telah berhasil dengan baik dengan tingkat keberhasilan 100%..

Full Text:

PDF

References


R. P. Savira, J. E. Firdaus, K. Rochmanila, R. D. Saputra, Z. Zukhri, dan A. B. Cahyono, “eduFarm: Aplikasi Petani Milenial untuk Meningkatkan Produktivitas di Bidang Pertanian,” Automata, vol. 1, no. 2, 2020.

G. H. Sandi dan Y. Fatma, “Pemanfaatan Teknologi Internet of Things (Iot) Pada Bidang Pertanian,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 1, hlm. 1–5, 2023.

A. G. Mardika dan R. Kartadie, “Mengatur kelembaban tanah menggunakan sensor kelembaban tanah yl-69 berbasis arduino pada media tanam pohon gaharu,” JoEICT (Journal of Education And ICT), vol. 3, no. 2, 2019.

R. Hermawan dan A. A. A. Adji, “Sistem Penyiraman Tanaman Hias Otomatis dengan Metode C4. 5 Berbasis Iot (Internet Of Things),” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 14, no. 1, hlm. 1–15, 2021.

A. R. Putri, S. Suroso, dan N. Nasron, “Perancangan Alat Penyiram Tanaman Otomatis pada Miniatur Greenhouse Berbasis IOT,” Prosiding SENIATI, vol. 5, no. 2, hlm. 155–159, 2019.

Y. M. Djaksana, “Perancangan Sistem Monitoring Dan Kontroling Penggunaan Daya Listrik Berbasis Android,” Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), vol. 3, no. 1, hlm. 13–24, 2021.

S. Sintaro dan E. Alfonsius, “SISTEM CERDAS SEBAGAI KEAMANAN KANDANG TERNAK SAPI MENGGUNAKAN CAMERA ESP-CAM DAN SELENOID,” Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam, vol. 4, no. 1, 2023.

E. Alfonsius, Sukardi, dan I. M. N. V. Astawa, “Sistem Informasi Pelaporan Pekerjaan Proyek Berbasis SDLC Modelling (Studi Kasus: PT Vertikal Tiara Manunggal),” Journal of Artificial Intelligence And Technology Information (JAITI), vol. 1, no. 2, hlm. 50–58, Jun 2023.

E. Alfonsius dan W. W. Kalengkongan, “Development of an Alumni Data Processing Information System Using the SDLC Modeling System Development Method,” Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, vol. 3, no. 1, hlm. 53–59, 2023.

P. A. Wulandari, P. Rahima, S. Hadi, dan K. Marzuki, “Rancang Bangun Sistem Penyiraman Otomatis Berbasis Internet of Things Pada Tanaman Hias Sirih Gading,” Jurnal Bumigora Information Technology (BITe), vol. 2, no. 2, hlm. 77–85, 2020.

M. Y. Ridwan, L. Nurpulaela, dan I. A. Bangsa, “Pengaplikasian Sistem IOT Pada Alat Penyiram Tanaman Otomatis Berbasis Arduino Nano,” Jurnal JE-UNISLA: Electronic Control, Telecomunication, Computer Information and Power System, vol. 7, no. 1, hlm. 26–31, 2022.

A. D. Novianto, I. N. Farida, dan J. Sahertian, “Alat Penyiram Tanaman Otomatis Berbasis IoT Menggunakan Metode Fuzzy Logic,” dalam Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2021, hlm. 315–320.

N. Fauzia, N. Kholis, dan H. K. Wardana, “Otomatisasi Penyiraman Tanaman Cabai Dan Tomat Berbasis Iot,” Reaktom: Rekayasa Keteknikan Dan Optimasi, vol. 6, no. 1, hlm. 22–28, 2021.

L. M. Ang, K. P. Seng, G. K. Ijemaru, and A. M. Zungeru, “Deployment of IoV for Smart Cities: Applications, Architecture, and Challenges,” IEEE Access, vol. 7, pp. 6473–6492, 2019, doi: 10.1109/ACCESS.2018.2887076.

C. Verdouw, B. Tekinerdogan, A. Beulens, and S. Wolfert, “Digital twins in smart farming,” Agric. Syst., vol. 189, p. 103046, 2021, doi: https://doi.org/10.1016/j.agsy.2020.103046.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v18i1.3612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eric Alfonsius, Wisard Widsly Kalengkongan, Stephano Caesar Wenston Ngangi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter