Konversi Citra Kartu Nama ke Teks Menggunakan Teknik OCR dan Jaro-Winkler Distance

Dewinta Zulhida Putri, Diyah Puspitaningrum, Yudi Setiawan

Abstract


Kartu nama memiliki data yang dapat disimpan ke dalam database kontak smartphone, seperti nama, jabatan, instansi, nomor ponsel, nomor telepon, nomor fax, alamat pertama, alamat kedua dan e-mail. Penelitian ini bertujuan membangun aplikasi yang dapat memindahkan data kartu nama dari foto ke database kontak smartphone dengan konversi citra kartu nama ke teks dengan melakukan ekstraksi teks dan pengelompokan data. Algoritma yang digunakan untuk ekstraksi teks adalah Optical Character Recognition (OCR). Teks yang sudah diekstraksi kemudian akan dikelompokan menggunakan algoritma Jaro-Winkler Distance. Pengujian sistem yang dilakukan dengan menggunakan data kartu nama yang beralamat di Provinsi Bengkulu sebanyak 50 buah dengan berbagai jenis tulisan dan background. Aplikasi dirancang dengan Bahasa pemrograman Java dengan IDE Android Studio dan library Tesseract. Hasil akhir dari sistem adalah data kontak yang tersimpan di database smartphone. Hasil uji coba sistem yang dilakukan didapatkan nilai akurasi rata-rata dari lima kali
percobaan adalah 76% untuk data nama, 74% untuk data jabatan, 56% untuk data instansi, 82% untuk data nomor ponsel, 86% untuk data nomor telepon, 78% untuk data alamat, dan 88% untuk data e-mail.

Kata Kunci : Konversi Citra, Ekstraksi Teks, Kartu Nama, Optical Character Recognition (OCR), JaroWinkler Distance


Full Text:

PDF

References


R. Mithe, S. Indalkar and N. Divekar, "Optical Character Recognition," International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), pp. 72-75, 2013.

A. Kurniawati, S. Puspitodjati and S. Rahman, "Implementasi Algoritma Jaro-Winkler Distance untuk Membandingkan Kesamaan Dokumen Berbahasa Indonesia," Universitas Gunadarma, Depok, 2012.

D. Ratliff, "Using Business Cards to Market Yourself While Job-Hunting," 1999. [Online]. Available: http://www.accuratewriting.com/businesscard.shtml.

H.-C. Jeske, W. Lederer, I. Lorenz, C. Kolbitsch, J. Margreiter, J. Kinzl and A. Benzer, "The Impact of Business Cards on Physician Recognition After General Anesthesia," ECONOMICS AND HEALTH SYSTEMS RESEARCH, pp. 1262-1264, 2001.

I. D. P. Manurung, A. Hidayatno and B. Setiyono, "Pengenalan Teks Cetak Pada Citra Teks Biner," Universitas Diponegoro, Semarang, 2011.

R. Smith, "An Overview of the Tesseract OCR Engine," in Proc 9th Int.Conf.on Document Analysis and Recognition, 2007.

X. D. Coster, C. D. Groote, A. Destine and P. Deville, "Mahalanobis distance, Jaro-Winkler distance and nDollar in UsiGesture," Université catholique de Louvain, Louvain-la-Neuve, 2011.

A. Kay, "Tesseract: an Open-Source Optical Character Recognition Engine," Linux Journal, 2007.

M. Heliński, M. Kmieciak and T. Parkoła, "Report on the Comparison of Tesseract and ABBYY FineReader OCR Engines," National Library of the Netherlands, Den Haag, 2011.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v12i1.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dewinta Zulhida Putri, Diyah Puspitaningrum, Yudi Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter