IMPLEMENTASI METODE GDLC PADA GAME TAXI RUSH MENGGUNAKAN UNITY ENGINE

Matthew George Wellson, Wahyu Tisno Atmojo

Abstract


Game (Permainan) adalah sebuah sarana hiburan untuk menyenangkan diri sendiri. Pada zaman dahulu, game sudah ada di seluruh dunia termasuk Indonesia. Beberapa game tradisional yang sering kita dengar seperti Petak Umpet, Gobak Sodor, Lompat Tali Karet, layangan, dan lain-lain. Namun seiring berkembangnya zaman, perangkat teknologi mulai bermunculan dari Komputer, game konsol, hingga era smarphone. Kemunculan perangkat teknologi ini memungkinkan manusia membuat game digital hingga membuat era game digital yang pemainannya kita sebut dengan video game. Saat ini video game telah merajalela dan dimainkan oleh manusia dengan berbagai usia baik menggunakan smartphone, PC (Personal Computer), game konsol, dan lain-lain. Untuk membuat sebuah game digital, diperlukan sebuah game engine dirancang untuk mengembangkan video game di berbagai platform. Salah satu dari game engine ini adalah Unity Engine. Unity Engine adalah cross-platform game engine yang dikembangkan oleh Unity Technologies. Game engine ini mendukung C#, bahasa pemrograman yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft Corporation pada tahun 2000. Unity Engine dapat digunakan untuk membuat game 2D (two-dimensional) dan 3D (three-dimensional) dan mendukung berbagai perangkat lintas platform seperti smartphone, PC, PlayStation 5, dan banyak platform lainnya. Game engine ini dianggap mudah digunakan oleh pengembang pemula, dan telah diadopsi oleh banyak industri game. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengimplementasikan pembuatan game 2D bernama Taxi Rush dengan menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle). Taxi Rush merupakan game yang dibuat oleh peneliti dan beberapa orang lain pada Unity Engine. Taxi Rush memiliki genre racing dan sub-genre time-attack. Platform publikasi game yang digunakan peneliti adalah itch.io dengan platform game WebGL. Penelitian ini dibuat untuk mengimplementasikan metode GDLC dalam pembuatan game pada platform WebGL.  Alasan mengapa penelitian ini dilakukan dikarenakan peneliti melihat bahwa industri dan pengembangan game di negara Indonesia masih sedikit. Dengan sedikitnya pengembang game di Indonesia, sumber belajar untuk membuat mengembangkan game yang baik dan benar dalam Bahasa Indonesia sangat terbatas. Oleh karena itu peneliti memutuskan untuk menghibahkan ilmu pengembangan game yang dipelajari peneliti selama beberapa tahun (Dengan menggunakan Bahasa Indonesia agar dapat dibaca dan diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia) dalam bentuk jurnal ini kepada Negara Indonesia.

 

Kata Kunci: Game, 2D Game, Game Development, Unity Engine, GDLC.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

R. S. Putra and D. Y. Utami, “Pemanfaatan Virtual Reality Pada Perancangan Game Fruit Slash Berbasis Android Menggunakan Unity 3D,” Jurnal Teknik Komputer, no. 2, pp. 25–30, 2018, doi: 10.31294/jtk.v4i2.3500.

A. Pujianto, “Implementation of Genetic Algorithms in The Application of Car Racing Games,” Indonesian Journal of Artificial Intelligence and Data Mining (IJAIDM), vol. 4, no. 1, pp. 29–34, 2021, doi: 10.24014/ijaidm.v4i1.10835.

M. P. Tjahyadi(l), A. Sinsuw(2), V. Tulenan(3), and S. Sentinuwo(, “Prototipe Game Musik Bambu Menggunakan Engine Unity 3D,” E-journal Teknik Informatika, vol. 4, no. 2, 2014.

M. F. Sanjaya, H. Pratiwi, and P. Adytia, “Application of the Finite State Machine Method in the Desktop-Based ‘Heroes Of Dawn’ RPG Turn-Based Game,” TEPIAN, vol. 2, no. 2, pp. 69–73, Jun. 2021, doi: 10.51967/tepian.v2i2.348.

N. Khairani, J. N. Fadila, and F. Nugroho, “PERANCANGAN GAME 2 DIMENSI PETUALANGAN ANAK MENYELAMATKAN ORANGTUA SEBAGAI MEDIA EDUKATIF BAGI ANAK DENGAN METODE WATERFALL,” Jurnal Teknologi Informasi), vol. 5, no. 1, 2021.

N. Fahmi and Ts. Eiva Fatdha, “SATIN-Sains dan Teknologi Informasi journal homepage : http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id Aplikasi Perpustakaan Tiga Dimensi (3D) Menggunakan Teknologi WebGL,” 2016. [Online]. Available: http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id

R. Ramadan and Y. Widyani, “Game development life cycle guidelines,” in 2013 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2013, IEEE Computer Society, 2013, pp. 95–100. doi: 10.1109/ICACSIS.2013.6761558.

J. Enstein, U. Citra, B. Vera, R. Bulu, B. Roswita, and L. Nahak, “Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially,” Jurnal Jendela Pendidikan, vol. 02, 2022.

R. Andriyat Krisdiawan, “PENERAPAN MODEL PENGEMBANGAN GAMEGDLC (GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE )DALAM MEMBANGUN GAME PLATFORM BERBASIS MOBILE,” vol. 2, no. 1, 2019.

R. Gunawan, T. H. Prastyawan, and Y. Wahyudin, “RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PERHITUNGAN DASAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS 3, 4 DAN 5 MENGUNAKAN CONSTRUCT 2”, doi: 10.35969/interkom.v16i1.

A. Chusyairi, “Game Labirin Let’s Clear Up The World Menggunakan Metode Game Development Life Cycle,” Informatics for Educators and Professionals, vol. 4, no. 2, pp. 183–192, 2020.

R. Yanwastika Ariyana, E. Susanti, M. Rizqy Ath-Thaariq, and R. Apriadi, “INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi Penerapan Metode Game Devlopment Life Cycle (GDLC) pada Pengembangan Game Motif Batik Khas Yogyakarta,” Media Cetak), vol. 1, no. 6, pp. 796–807, 2022, doi: 10.55123/insologi.v1i6.1129.

A. Satyapratama and M. Yunus, “ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA LZW DAN HUFFMAN PADA KOMPRESI FILE GAMBAR BMP DAN PNG.”

T. Margoni and D. Peters, “Creative Commons Licenses: Empowering Open Access,” SSRN Electronic Journal, Mar. 2016, doi: 10.2139/ssrn.2746044.

S. A. Yakan, “Analysis of Development of Artificial Intelligence in the Game Industry,” International Journal of Cyber and IT Service Management, vol. 2, no. 2, pp. 111–116, May 2022, doi: 10.34306/ijcitsm.v2i2.100.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v18i1.3407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Matthew George Wellson, Wahyu Tisno Atmojo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter