PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI IURAN BULANAN WARGA BERBASIS WEBSITE PADA PERUMAHAN KOTA BEKASI

Mardi Yudhi Putra, Dwi Ismiyana Putri, Ari Nurul Alfian, Afifah Putri Witjaksono

Abstract


Setiap penghuni perumahan harus membayar iuran warga untuk mendukung aktivitas atau kegiatan warga. Iuran ini digunakan untuk keamanan, kebersihan dan kas warga (Alviana & Kurniawan, 2021). Iuran dibayarkan langsung secara  tunai; beberapa RT juga menggunakan sistem pembayaran transfer kawat; Kasir RT biasanya memeriksa proses pembayaran secara manual (Widjaja, 2021). Proses pembayaran iuran bulanan saat ini masih dilakukan melalui cash. Informasi pembayaran disampaikan melalui grup WhatsApp dan pencatatan direkap menggunakan file excel. Hal ini menyebabkan informasi iuran tertumpuk dengan informasi lainnya sehingga warga terlewat dalam melakukan pembayaran. Selain itu, warga tidak dapat mengontrol secara mandiri untuk melihat apakah sudah melakukan pembayaran atau belum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem agar dapat membantu warga dalam pengelolaan pembayaran iuran warga sehingga mempermudah dalam melakukan monitoring data pembayaran, data iuran, dan melihat laporan. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah SCRUM hal ini untuk dapat mempercepat proses pengembangan karena salah sastu tahapan metode ini ada fase sprint. Hasil penelitian ini berupa Aplikasi iuran bulanan warga lebih sederhana dan sistematis dengan bantuan pengurus dan bendahara, masyarakat dapat dengan cepat mencari informasi pembayaran tanpa perlu menunggu informasi dari Bendahara. Berdasarkan hasil pengujian dengan kasus uji sample dimana dalam pengujiannya menggunakan metode Black Box. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa Aplikasi iuran warga ini bebas dari kesalahan sintaks dan secara fungsional mengeluarkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.


Full Text:

PDF

References


R. Permendagri, “Peraturan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa Dan Lembaga Adat Desa,” pp. 1–11, 2018.

S. D. Kota Bekasi, “Peraturan Wali Kota Bekasi No. 58 Tahun 2020.” Bekasi, 2020.

F. P. Bani Muhamad, M. S. Bunga, D. Darsih, and F. Firmansyah, “Analisis Dan Perancangan Aplikasi Pelayanan Publik Smart Rt/Rw Untuk Desa Terusan Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 19, no. 2, pp. 283–293, 2020, doi: 10.30812/matrik.v19i2.689.

S. Alviana et al., “Penerapan Sistem Informasi Iuran Warga Griya Pataruman Asri Berbasis Website,” vol. 1, no. 6, pp. 343–350, 2021.

I. Widjaja, “Rancang Bangun Aplikasi Manajemen Keuangan Rt ( Rukun Tetangga ) Berbasis Android,” vol. 2, no. 2, pp. 102–112, 2021.

F. Dwi, S. Putra, and A. R. Iskandar, “KAS WARGA DI BANYU BIRU RESIDENCE BERBASIS ANDROID,” 2020.

A. A. Ghozi, M. T. Hidayat, and K. Rohman, “SISTEM INFORMASI ANTAR WARGA ‘SI-ANWAR’ SEBAGAI SOLUSI Bermasyarakat di PERUMAHAN TIGARAKSA BERBASIS WEB,” JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 11, no. 1, pp. 45–52, 2020.

H. R. Suharno, N. Gunantara, and M. Sudarma, “Manajemen Proyek Dalam Industri & Organisasi Digital,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 19, no. 2, 2020.

L. Maulidia Dwi and P. Alfin, “Rancang bangun sistem pelayanan rukun tetangga dengan metode scrum (studi kasus : rt 07/rw 08 kelurahan kota bambu utara),” 2022, [Online]. Available: http://digilib.mercubuana.ac.id/.

R. Ajar and E. Andre, “Penerapan Agile Project Management Pada Pembuatan Sistem E-Warga Taman Cibodas Lippo Cikarang,” https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom, vol. 16, no. 1, pp. 1–9, 2022.

Schwaber Ken and Sutherland Jeff, “Panduan Definitif untuk Scrum: Aturan Permainan,” Scrum.Org, no. November, pp. 1–17, 2020.

I. A. Mulia, “APLIKASI PERUMAHAN DIGITAL RAKYAT INDONESIA SEBAGAI SOLUSI PENATAAN PERUMAHAN YANG MODERN DENGAN,” vol. 13, no. 1, pp. 1–10, 2022.

P. M. Ihsan Alfani, P. M. Fuad Wiyono, and P. M. Gilvy Langgawan, “Pengembangan Sistem Informasi Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada PT ABC Menggunakan Metode Scrum The Development of Information System for Cash Receipts and Expenditures at PT ABC Using the Scrum Method,” vol. 11, no. November, pp. 157–162, 2022, doi: 10.34148/teknika.v11i3.503.

A. A. ; N. Ginting, “Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kemerdekaan Indonesia Berbasis Android,” J. Comasie, vol. 5, no. 2, pp. 19–28, 2021.

B. Sudrajat, “Rancang bangun Sistem Informasi Manajemen Asset berbasis WEB,” J. Inov. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 100–109, 2020, doi: 10.51170/jii.v5i2.92.

W. A. Rahman and L. Ariyani, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN IURAN WARGA RT 05 RW 002 BERBASIS JAVA,” vol. 02, no. 04, pp. 657–662, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v18i1.3345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mardi Yudhi Putra, Dwi Ismiyana Putri, Ari Nurul Alfian, Afifah Putri Witjaksono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter