SISTEM PENCARIAN LOKASI BENGKEL MOBIL RESMI MENGGUNAKAN TEKNIK PENGOLAHAN SUARA DAN PEMROSESAN BAHASA ALAMI

Dedi Darwis, A Ferico Pasaribu, Ade Surahman

Abstract


Banyaknya jumlah bengkel resmi mobil yang tersebar di wilayah Bandar Lampung, terkadang masih membuat bingung pengguna dalam menemukan bengkel mobil mereka. Hal ini dikarenakan lokasi-lokasi bengkel mobil yang tercantum pada buku panduan hanya mencantumkan nama bengkel dan alamatnya saja. Permasalahannya adalah tidak semua orang mengetahui nama bengkel resmi dan alamat yang tercantum pada buku panduan. Salah satu cara untuk memberikan kemudahan pengguna mencari lokasi bengkel mobil resmi adalah dengan menggunakan teknik visualisasi peta, pengolahan suara dan pemrosesan bahasa alami menggunakan smartphone Android. Penelitian ini membahas bagaimana menerapkan teknik visualisasi peta dengan Google Maps, pengolahan suara dengan Speech Recognition dan Text to Speech serta pemrosesan bahasa alami yang akan dikombinasikan pada aplikasi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi aplikasi yang dapat membantu para pengguna dalam mencari rute terdekat dalam mencari bengkel resmi mobil dengan bantuan Speech Recognition dan Text to Speech  berupa aplikasi yang dapat mengolah keluaran suara dari pengguna menjadi bentuk teks. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi ini memiliki tingkat akurasi sebesar 70% dalam menemukan lokasi sesuai dengan yang diucapkan oleh pengguna.


Full Text:

PDF

References


Minarni, “Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Padang Menggunakan Application Programming Interface (API) Google Maps Berbasis Web”, Institut Teknologi Padang, TEKNOIF, Vol. 3 No 1. Hal. 31-37, 2013.

D. Darwis, “Aplikasi Kelayakan Lahan Tanam Singkong Berdasarkan Hasil Panen Berbasis Mobile”, Jurnal TEKNOINFO, Vol. 10, No.1, Hal 1-5. 2016.

J. Dirmansyah, M.Z. Awaludin, D. Hermanto, “Rancang Bangun Aplikasi Penunjuk Arah Berbahasa Indonesia Berbasis Text to Speech dan Speech Recognition pada Perangkat Android”, STMIK GI MDP, 2015.

R.I. Borman, B. Priyopradono, “Implementasi Penerjemah Bahasa Isyarat Pada Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Dengan Metode Principal Component Analysis (PCA)”, Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, Vol.3 No.1. Hal. 103-108, 2018.

S. Wibisono, “Aplikasi Pengolah Bahasa Alami untuk Query Basisdata Akademik dengan Format Data XML”, Universitas Stikubank, DINAMIK, Vol. 18. No.1, 2013.

P.M.M. Pramadewi, M.W.A. Kesiman, I.G.M. Darmawiguna, “Pengembangan Aplikasi Text to Speech untuk Bahasa Bali, Universitas Pendidikan Ganesha, JANAPATI, Vol. 2, No.3, 2013.

M. Najib, D. Sunaryo, U.L. Yuhana, “Analisis dan Perancangan Aplikasi Penuntun Jalan dengan Perintah Suara Berbahasa Indonesia pada Perangkat Bergerak Berbasis Android”, Institut Teknologi Sepuluh November, POMITS, Vol. 2, No.2, 2013.

M.A. Anusuya, S.K. Katti, “Speech Recognition by Machine: A Review”. Interational Journal of Computer Science and Information Security (IJCSIS), Vol. 6, No.3, 2009.

Sutojo, Kecerdasan Buatan.,Andi, Yogyakarta, 2011.

L. Agusta, “Perbandingan Algoritma Stemming Porter dengan Algoritma Nazief & Adriani Untuk Stemming Dokumen Teks Bahasa Indonesia”, Universitas Kristen Satya Wacana, Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I), KNS&I09-036, 2009.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v13i2.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal TEKNOINFO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter