Penerapan Sistem Pengecekan Mahasiswa Layak KKP Berbasis YII Framework Pada Perguruan Tinggi

Untung Rahardja, Qurotul Aini, Vivid Kristiani Alfad Zebua

Abstract


Abstrak

 

Pada zaman modern  perkembangan teknologi sudah semakin pesat dan mudah diakses. Sebagai pelopor dalam bidang teknologi informasi, Perguruan Tinggi Raharja selalu berinovasi dalam hal penerapan teknologi. Karena teknologi memberikan kecepatan dan kemudahan kepada penggunanya. Namun saat ini pengecekan mahasiswa layak Kuliah Kerja Praktek (KKP) yang dilakukan oleh kepala jurusan masih belum memberikan kemudahan dan menjadi kurang efektif. Karena yang berjalan saat ini mahasiswa baru mengetahui bahwa dirinya layak KKP saat batal tambah OJRS+ pada Sis PLus. Dalam penelitian ini terdapat 3 (tiga) permasalahan yang teridentifikasi mengenai pengecekan mahasiswa layak KKP pada Perguruan Tinggi Raharja yaitu sistem yang masih manual yang tidak terupdate dengan sendirinya, kurang optima, dan sistem yang masih bersifat lokal . Untuk memecahkan masalah dilakukan dengan metode analisa sistem  dengan menggunakan metode UML (Unified Modeling Language) dan perancangan menggunakan yii framework. Alternatif pemecahan masalahnya adalah Viewboard Kepala Jurusan (VIKA), sebuah sistem pengecekan mahasiswa layak KKP online sehingga memudahkan kepala jurusan dalam pengecekan serta sistem yang sudah terintegrasi dan tidak perlu selalu di update yang dirancang dengan menggunakan yii adalah framework pemrograman umum web yang bisa dipakai untuk mengembangkan semua jenis aplikasi web. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memudahkan proses pengecekan mahasiswa layak KKP dan mampu meningkatkan mutu kegiatan perkuliahan pada Perguruan Tinggi Raharja.


Kata Kunci: Pengecekan, OJRS+, KKP, VIKA, Yii Framework.


Full Text:

PDF

References


Referensi

Kuliah Kerja Praktek (KKP) (diakses pada 20 Januari 2019) “Widuri” tersedia di https://widuri.raharja.info/index.php/Kuliah_Kerja_Praktek_(KKP)

Purwati, N., & Kurniawan, H. (2015). Studi Pengembangan Prototype Knowledge Management Pada Pengecekan Judul Tugas Akhir atau Skripsi Fakultas Ilmu Komputer IBI Darmajaya. Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I).

Kristinna, Juita. 2015. “ Analisa Sistem Validasi KKP/TA/Skirpsi Pada Sistem Sis+ Di Perguruan Tinggi Raharja”. Laporan KKP. Perguruan Tinggi Raharja.

Apriyani, Ninu. 2014. “Analisa Sistem OJRS+ Sebagai Media Perencanaan Kuliah Pada Perguruan Tinggi Raharja”. KKP STMIK Raharja : Tangerang.

Mude, Anastasia. 2009. "Analisa Sistem Informasi Penilaian KKP/TA/SKRIPSI Berbasis Web Pada Perguruan Tinggi Raharja". Laporan KKP. Perguruan Tinggi Raharja.

Warsito, A. B., Yusup, M., & Makaram, I. (2015). Perancangan SIS+ Menggunakan Metode YII Framework Pada Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal, 8.

Sugiarti, Y. (2013). Analisis & Perancangan UML (Unified Modeling Language) Generated VB. 6. Y. Sugiarti, Analisis & Perancangan UML (Unified Modeling Language) Generated VB, 6.

Yuni, S. (2013). Analisis dan Perancangan UML [Unified Modelling Language] Geneerated VB. 6. Graha Ilmu Yogjakarta.

Warsito, A. B., & Yusup, M. (2014). Kajian Yii Framework dalam Pengembangan Website Perguruan Tinggi. CCIT Journal 3 (STMIK RAHARJA), 7(3), 437-451.

Aini, Q., Graha, Y. I., & Zuliana, S. R. (2017). Penerapan Absensi QRCode Mahasiswa Bimbingan Belajar pada Website berbasis YII Framework. SISFOTENIKA, 7(2), 207-218.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v13i2.272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal TEKNOINFO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter