ANALISIS PENGARUH DATA COURSE COMPLETION TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KELAS DARING DENGAN APLIKASI MOODLE

M.Taufik Rahmatullah, Heri Suroyo, Jemakmun Jemakmun, Alex Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkuliahan dengan metode daring terhadap hasil belajar pada mahasiswa. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah mahasiswa asal Universitas Bina Darma. Pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, tinjauan pustaka, dan penyebaran kuisioner. Instrumen pada penelitian ini meliputi variabel independen (X) adalah report completion dan variabel dependen yang merupakan (Y) yaitu hasil Perkuliahan Metode Daring. Perkembangan dunia teknologi digital berdampak pada dunia pendidikan di dunia. Salah satunya adalah munculnya metode pembelajaran E-Learning atau pembelajaran elektronik yang berbasis daring yang dimana melalui proses digital yang dapat diakses diaman saja kapan saja. Manfaat Daring yaitu mempermudah interaksi antara mahasiswa dengan materi pelajaran. Mahasiswa juga dapat saling berbagi informasi atau pendapat mengenai berbagai hal yang menyangkut pelajaran atau kebutuhan pengembangan diri mahasiswa. Selain itu, Dosen dapat menempatkan bahan-bahan belajar dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa di tempat tertentu di dalam E-Learning untuk di akses oleh mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian Moodle regresi di dapat Y=0.81X1.1+0.81X1.2+0.14X1.33-0.30 X1.4-1.74X1.5. Hasil variabel yang di dapatkan hasil positif dan negatif, yang di mana hasil positif adalah forum, tugas aktifitas, dan meteri. Sedangkan negatif adalah video materi dan zoom meeting.

 

Kata Kunci: Daring, Aplikasi Moodle, Report Completion.


Full Text:

PDF

References


E. Wicaksana, “EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MOODLE TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BAKAT PESERTA DIDIK DI TENGAH PANDEMI COVID -19,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1937.

A. S. Syarifudin, “IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEBAGAI DAMPAK DITERAPKANNYA SOCIAL DISTANCING,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Met., vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.21107/metalingua.v5i1.7072.

N. A. O. Saputri, M. P. Hannah, and H. Suroyo, “Efektifitas Penggunaan Web Based Learning Pada Matakuliah Praktikum Struktur Data Dengan Bahasa C++,” Pros. Semnas Iib Darmajaya, vol. 17, no. 2, pp. 19–27, 2017.

S. Rizal and B. Walidain, “PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATAKULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH,” J. Ilm. Didakt. Media Ilm. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 19, no. 2, 2019, doi: 10.22373/jid.v19i2.5032.

A. H. Elyas, “Penggunaan model pembelajaran E-Learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran,” J. War., vol. 56, no. 04, 2018.

N. L. Ucu, S. D. E. Paturusi, and S. R. U. A. Sompie, “Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, 2018, doi: 10.35793/jti.13.1.2018.20196.

S. Dewi and S. Atmojo, “Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Sistem E-Learning,” Pros. Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Masayarakat, vol. 5, no. 1, pp. 154–157, 2020.

N. N. Rakhmaddian, N. Isrofi, and G. Hajar, “Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Terhadap E-Learning Institut Teknologi Telkom Surabaya Berdasar Kriteria,” pp. 372–377, 2020.

N. A. Larasati and S. Andayani, “Pengaruh Penggunaan Learning Management System (LMS) Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode DeLone and McLean,” J. Tek. Inform. UNIKA St. Thomas, vol. 4, no. 1, pp. 13–20, 2019.

T. A. Prasetya and C. T. Harjanto, “Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 17, no. 2, pp. 188–197, 2020.

N. Nurhayati and F. Zuhra, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Fkip Matematika Universitas Almuslim Terhadap Pemanfaatan E-Learning Di Era Pandemi Covid 19,” J. Ilm. Pendidik. Mat. Al Qalasadi, vol. 4, no. 2, pp. 83–90, 2020, doi: 10.32505/qalasadi.v4i2.2184.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D,” in ke-26, 2018, p. 334. [Online]. Available: www.cvalfabeta.com




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v18i1.2706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 M.Taufik Rahmatullah, Heri Suroyo, Jemakmun Jemakmun, Alex Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter