SISTEM INFORMASI PENDISTRIBUSIAN BUKU BERBASIS WEB PADA YAYASAN CINTA ANAK INDONESIA

Lilyani Asri Utami, Akhiroh Dewi

Abstract


Teknologi informasi saat ini menjadi alternatif untuk menyelesaikan masalah pada aktivitas sehari-hari. Komputer termasuk alat bantu yang dirancang oleh manusia untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah. Yayasan Cinta Anak Indonesia sebagai lembaga swadaya yang bergerak di bidang pendidikan dan bidang usaha membutuhkan sebuah sistem agar dapat membantu dalam operasional kerja khususnya di bidang usaha. Setelah penulis melakukan riset, penulis mencoba membuat penulisan penelitian mengenai Sistem Informasi Pendistribusian Buku di Yayasan Cinta Anak Indonesia yang mana dalam pengelolaan nya masih manual. Data barang dari faktur masukan dan keluaran harus dicatat ulang yang membutuhkan ketelitian dan banyak waktu, sehingga kurang efektif dalam pengolahan data. Hal ini menjadikan sering terjadinya selisih saldo barang. Sistem informasi ini adalah solusi terbaik untuk mengatasai permasalahan yang ada. Sistem yang sudah terkomputerisasi juga akan membuat cara kerja yang efektif dan efisien sehingga akan berpengaruh dalam kecepatan dan ketelitian kerja.

Full Text:

PDF

References


Hengki and S. Suprawiro, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Inventory,” 2017.

D. C. P. Buani, “Perancangan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Studi Kasus Koperasi Smk 18 LPPM RI Sidareja Cilacap,” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, vol. 3, 2017.

M. Diah Larasati and I. Satriadi, “Model Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Nilai Pada SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur,” Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI , vol. 5, 2020, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

E. R. Yulia, “PERANCANGAN PROGRAM PENJUALAN PERHIASAN EMAS PADA TOKO MAS DAN PERMATA RENNY MEDAN,” Jurnal Evolusi, vol. 5, no. 2, 2017.

M. Tabrani, T. Informatika, N. Mandiri, and J. Tabrani, “Penerapan Model Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Pendaftaran Keanggotaan SPSI PT. Indofood CBP Sukses Makmur Bekasi,” Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol. 10, no. 2, 2017, [Online]. Available: http://www.depnakertrans.go.id

F. Ramadhan and F. Latifah, “Perancangan Komunitas Pencinta Kucing Dengan Metode Waterfall Berbasis Web,” JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), vol. 2, no. 4, 2018.

V. Bayu Anwari and F. Ferdiansyah, “Implementasi Sistem Informasi Kasir Pada Rakab Mercon Berbasis Web,” 2020.

M. Nawang, L. Kurniawati, and D. Duta, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data Persediaan Barang Berbasis Dekstop Dengan Model Waterfall,” Jurnal PILARNusa Mandiri , vol. 13, no. 2, p. 233, 2017, [Online]. Available: www.nusamandiri.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v18i1.2650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lilyani Asri Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter