APLIKASI TOUR WISATA MAGELANG BERBASIS PLATFORM ANDROID “AYUHDOLAN”

Yustina Meisella Kristania

Abstract


Tempat wisata selain menjadi salah satu sumber pendapatan sebuah daerah, juga sebagai salah satu pemenuh kebutuhan hidup masyarakat akan hiburan dan rekreasi. Melalui kebutuhan akan rekreasi juga secara tidak langsung telah memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar lokasi wisata, dengan adanya pengembangan sektor pariwisata di wilayah objek wisata setempat akan pula mengembangkan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Saat ini kebutuhan masyarakat sebagai calon wisatawan terhadap informasi tempat wisata menjadi sangat diperlukan untuk mendapatkan kemudahan dalam mencari tahu suatu daerah tujuan wisata. Kabupaten Magelang menjadi salah satu wilayah strategis ditengah-tengah Provinsi Jawa Tengah karena mempunyai panorama keindahan alam dan budaya yang memikat. Telah banyak berdiri tempat-tempat wisata yang terdaftar pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magelang. Namun calon wisatawan masih sering mengalami kesulitan dalam melakukan perencanaan terhadap tujuan wisata yang akan dikunjungi di Kabupaten Magelang. Hal ini membuat waktu kunjungan menjadi kurang efektif. Saat ini belum ada aplikasi yang dapat memberikan akses informasi wisata alam di Kabupaten Magelang secara online sehingga banyak calon wisatawan yang belum mengetahui mengenai pilihan wisata alam yang ada. Diperlukan sebuah Aplikasi Tour Wisata Magelang berbasis Platform Android yang dapat membantu dalam perencanaan dan mempermudah kunjungan wisata. Sehingga calon wisatawan dapat menemukan beberapa lokasi, jarak dan rute perjalanan kelokasi wisata dari tempat pengguna berada dan dapat mengakses galeri foto objek wisata beserta gambaran informasi obyek wisata tersebut. Model Pengembangan pengembangan perangkat lunak dalam penelitian ini menggunakan metode Water Fall, dimana semua proses terlebih dahulu terjadwal sebelum dikerjakan. Dengan adanya Aplikasi Tour Wisata Magelang berbasis Platform Android, pengunjung bisa mengetahui wisata di Kabupaten Magelang yang akan dituju dan sekaligus menjadi partner dalam melakukan perjalanan. Aplikasi Tour Wisata Magelang berbasis Platform Android “ayuhdolan” dapat mempermudah wisatawan yang menggunakan dan juga dapat mengetahui lebih detail cerita atau tempat wisata yang akan dituju pada Kabupaten Magelang beserta dengan memilih tourguide dan paket wisata yang diinginkan.

Full Text:

PDF

References


H. . Jogiyanto, Analisis Desain dan Desain Sistem Informasi. Jakarta: Elex Media Komputerindo, 2014.

I. K. Suwena and I. G. N. Widyatmaja, “Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata,” p. 252, 2010.

“Introduction - What is Tourism? Online Lesson. Park and Recreation Management Program Department of Geography, Planning and Recreation, Northern Arizona University,” 2013. www.prm.nau.edu/prm300/what-is-tourism-lesson.htm.

I. Rahmat, “Manajemen Sumber Daya Manusia Islam: Sejarah, Nilai Dan Benturan,” J. Ilm. Syi’ar, vol. 18, no. 1, p. 23, 2018, doi: 10.29300/syr.v18i1.1568.

B. M. S. Nirmala and M. Liandana, “Analisis Usabilitas Pada Aplikasi Mobile Trip Planner Etourism Pariwisata Di Bali,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 3, p. 243, 2018, doi: 10.23887/janapati.v6i3.11928.

I. Sholikhah, M. Sairan, and N. O. Syamsiah, “Aplikasi Pembelian Dan Penjualan Barang Dagang Pada CV Gemilang Muliatama Cikarang,” Tek. Komput. AMIK BSI, vol. III, no. 1, pp. 16–23, 2017.

A. Fuggetta, Software process. 2000.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika, 2018.

I. Sommerville, Software Engineering (9th ed.; Boston, Ed.). Massachusetts: Pearson Education. 2011.

R. . Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi(Buku Dua), 2nd ed. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2002.

B. C. Connolly T, Database System: A Practical Approach to Design,Implementation, and Management. England: Addison Wesley, 2005.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v17i2.2545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yustina Meisella Kristania

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter