PENENTUAN MINAT KONSUMEN TERHADAP PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA PT.TELKOM INDONESIA

Pardo Frans Longgana, Irvan Irvan, Anjar Hero Wilarto

Abstract


Dengan adanya kegiatan pesanan penjualan setiap hari, data semakin lama akan semakin bertambah. Data tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi informasi untuk meningkatan pesanan penjualan. Permasalahan yang timbul di PT. Telkom Indonesia Divisi Business Service (DBS) yaitu sering sekali pihak sales tidak  mengetahui produk apa saja yang banyak di minati oleh konsumen sehingga produk yang lain tidak diminati dengan cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi minat konsumen dari produk-produk di PT. Telkomunikasi Indonesia Segement Hospitality Bussiness Service (HBS) dan mengetahui strategi dalam penjualan berdasarkan pola dan rule algoritma apriori. Dalam penelitian ini, Association Rule berfungsi untuk menganalisa seberapa sering suatu produk yang sering dijual secara bersamaan, analisis ini akan ditinjau dari data pesanan yang telah terjadi. Penerapan Algoritma Apriori dalam aplikasi ini berhasil mencari kombinasi item terbanyak berdasarkan data pesanan dan kemudian membentuk pola asosiasi dari kombinasi item tersebut. Hasil penelitian ini secara keseluruhan didapatkan rata-rata nilai pengujian user acceptance testing dengan metode TAM (Technology Acceptance Model) sebesar 89,6% dan secara keseluruhan model Data Mining dengan menggunakan metode apriori dapat diterima dengan sangat baik oleh user.

Full Text:

PDF

References


Y. Robi, K. Hendra “Pemanfaatan Data Mining untuk Penempatan Buku Di Perpustakaan Menggunakan Metode Association Rule,” Jatisi, vol. 4, no. 1, 2017.

T. Kenedi, S. Hoga, R. Boby “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan, Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI)”, vol. 1, no. 1, ISSN : 2339-210X, 2013.

C. Irawan, N. Didik, Y. Retno “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan, Jurnal TIKomSiN)”, vol. 9, no. 1, ISSN Online : 2620-7532, ISSN Cetak : 2338-4018, 2021.

Swasta, Basu, ManajemenPemasaran Modern, BPFE, Yogyakarta.2014.

Mursid, M.Manajemen Pemasran. Bumi Aksara. Jakarta. 2014.

Sangadji. Prilaku Konsumen. Pendekatan Praktis Disertai. Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Andi, Yogyakarta. 2013.

Kotler, Philip, and Armstrong, Gary. Priciples of Marketing. Pearson Education Limited. Edinburgh Gate. Harlow, England. 2012

Hartono yang dikutip Triska Apriyani. Basis Data Bandung. Informatika Bandung. 2017

Hermawati, Fajar Astuti.Data Mining. Yogyakarta.2013

Suyanto.Data Mining Untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data. Informatika. Bandung. 2017.

Prasetyo, E. Data Mining - Konsep Dan Aplikasi Menggunakan MATLAB. Yogyakarta: Andi. 2012

Fadlina. Data Mining Untuk Analisa Tingkat Kejahatan Jalanan Dengan Algoritma Association Rule Metode Apriori (Studi Kasus Di Polsekta Medan Sunggal). Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), Vol (III) No (1), ISSN 2339- 210X. 2014.

Kusumo, D., Bijaksana, M., & Darmantoro, D. Data Mining Dengan Algoritma Apriori Pada RDBMS Oracle. Jurnal Penelitian Dan, 1–5. 2016.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.1977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pardo Frans Longgana, Irvan Irvan, Anjar Hero Wilarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter