GAME DETEKTIF RESIMEN MAHASISWA BATALYON 209 TEKNOKRAT GAJAH LAMPUNG

Yugisman Palendera, yusra fernando, Sampurna Dadi Rizkiono

Abstract


Game detektif resimen mahasiswa batalyon 209 teknokrat gajah lampung merupakan sebuah game yang diangkat berdasarkan suatu unit kegiatan mahasiswa dengan tujuan untuk memperkenalkan resimen kedalam lingkungan yang lebih luas. Dengan mengetahui game detektif resimen mahasiswa batalyon 209 teknokrat gajah lampung maka pemain dapat menambah wawasan mengenai dampak dan bahaya pungutan liar dan resimen mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, tinjauan pustaka, dokumentasi dan kuisioner. Sumber data/subjek yaitu mahasiswa berjumlah 20 orang. Metode pengujian yang dilakukan yaitu aspek Fungsionality dan Usability. Aplikasi game detektif resimen mahasiswa batalyon 209 teknokrat gajah lampung menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) tools yang dipakai yaitu Construct 2 yang dijalankan pada Android.Hasil pengujian ISO 9126 kualitas aplikasi game detektif resimen mahasiswa batalyon 209 teknokrat gajah lampung diperoleh nilai dari aspek fungsionality dan usability, dengan variable yang dinilai berupa kriteria Understandability 85%, Learnability 85%, Operability 87%, dan Attractiveness 88%. Untuk persentase secara keseluruhan dari aspek fungsionality dan usability hasil dari pengolahan data pada uji fungsionality dan usability menyatakan bahwa dalam penyebaran datanya sudah berdistribusi secara normal dan Game detektif resimen mahasiswa batalyon 209 teknokrat gajah lampung dapat dijadikan sebagai game dari pernyataan kuisioner yang telah diisi.

Kata Kunci: android, construct 2, game detektif, MDLC, ISO 9126.

Full Text:

PDF

References


Arisinta, R., Bayu, H. W. & Ima, W. P. U., 2017. Pengembangan Group Investigation Dengan Permainan Aku Seorang Detektif Kelas Iv Sd Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Volume 5, Nomor 2, September 2017, pp. 732-742.

Purwaningsih, A. I. & Sofyan, A. F., 2011. Pembuatan Game House Petualangan Harta Tersembunyi Menggunakan Adobe Flash. Jurnal Dasi, Volume 12 No.3 September 2011.

Rahadi, R. M., Kodrat, I. S. & Ike, P. I., 2016. Perancangan Game Math Advanture Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Teknologi dan Sistem Komputer, Volume 4, No 1 Januari 2016.

Siti, F., Fera, A. & dan Elis, H., 2017. Role Playing Game SKU Pramuka Penggalang. Procedding, Volume .3, No 1.

Lubis, R. J. I., 2015. Peranan Resimen Mahasiswa Universitas Lampungdalam Membina Kesadaran Bela Negara Di Batalyon 201 Pemukul. Skripsi Unila, pp. 1-18.

Nazarudin, S. H., 2012. Pemerograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung Informatika.

Rustiyanto, H. K., 2014. Upaya Polisi Dalam Menanggulangi Pungutan Liar Terhadap Supir Truk Galian Di Wilayah Kabupaten Sleman. Naskah Akademik, pp. 1 - 17.

Sulawesi, B. P., 2016. Pungutan Liar Dalam Perspektif Tindak Pidana Korupsi. Edisi Triwulan III, Volume 26, pp. 1-36.

John , W. & S., 2014. Gaming Development Fundamentals. s.l.:Microsoft Official Academic Course.

Nazruddin, S. H., 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Table PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Prayoga, S. H. & Sensuse, D. I., 2010. Analisis Usability Pada Aplikasi Berbasis Web dengan Mengadopsi Model Kepuasan Pengguna (user Satisfaction). Jurnal Sistem Informasi MTI-UI, Jakarta.

Rozi, F. Z., 2010. Pengertian game atau permainan, s.l.:http://erepo.unud.ac.id/9514/3/84e8890308074598fcf70278cff785ee.pdf, diakses pada tanggal 15/05/2018. Pukul 17.00.

Tian, J., 2005. Software quality engineering: testing, quality assurance, and quantifiable improvement. John Wiley & Sons. s.l.:s.n.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yugisman Palendera, yusra fernando, Sampurna Dadi Rizkiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter