PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA ANATOMI TUBUH MANUSIA UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN TITIK TITIK BEKAM PENGOBATAN ALTERNATIF

Imam Ahmad, Selamet Samsugi, Yogi Irawan

Abstract


Dalam dunia pengobatan alternatif (bekam) anatomi tubuh manusia merupakan sebuah objek yang digunakan dalam melakukan pengobatan. Pada teknik bekam terdapat beberapa titik-titik tubuh yang dapat digunakan untuk pusat pengobatan. Tujuannya agar memudahkan dalam memahami gejala dan kelainan-kelainan yang terjadi pada seseorang. Permasalahan yang terjadi selama ini dalam melakukan pengobatan bekam adalah terapis mengalami kendala dalam mengingat kombinasi titik-titik bekam yang terdiri dari 135 titik bekam. Hhal inilah yang meyebabkan lambatnya proses bekam karena terapis harus membuka buku titik-titik bekam dan riwayat pasien. kemudian disesuaikan dengan gambar anatomi titik bekam agar dapat menghasilkan lokasi titik-titik bekam. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dalam penelitian ini akan dikembangkan aplikasi berbasis android dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality bentuk anatomi tubuh manusia dapat divisualisasikan melaui pemodelan virtual tiga dimensi dengan memanfaatkan smartphone. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian, dari hasil penelitian terhadap Penerapan Augmented Reality Pada Anatomi Tubuh Manusia Untuk Mendukung Pembelajaran Titik-Titik Bekam Pengobatan Alternatif, di simpulkan bahwa telah dibangun sebuah aplikasi Augmented Reality titik bekam pada anatomi tubuh manusia yang dapat dioperasikan pada smartphone android. Pengujian kualitas aspek functional suitability manusia dapat melakukan 100 % fungsinya dengan benar. Pengujian kualitas aspek usability yang dilakukan diperoleh nilai keseluruhan sebesar 93,23%. pengujian kualitas aspek portability pada beberapa device dengan sistem operasi versi android 10, Lollipop, Marshmallow, Oreo jadi nilai aspek portability mencapai 100%

 


Full Text:

PDF

References


S. N. Yanti, “Augmented reality pada aplikasi anatomi tubuh manusia (sistem reproduksi, sistem pencernaan, sistem peredaran darah) berbasis android,” in PROSIDING_SNST_FT, 2015, p. 1165, [Online]. Available: https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/1165.

Daniel S. Wibowo & Widjaja Paryana, Anatomi tubuh manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

D. Nilawati, Krisnatuti, Mahendra, Pengobatan Alternatif (bekam). Bandung: Informatika, 2018.

Hidayat A., Riset Macam Macam Bekam. Jakarta: Salemba Medika, 2015.

R. Chalik, Anatomi Fisiologi Manusia. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2016.

C. O. Karundeng, D. J. Mamahit, and B. A. Sugiarso, “Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Satwa Langka di Indonesia Menggunakan Augmented Reality,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, pp. 1–8, 2018, doi: 10.35793/jti.13.1.2018.20852.

M. M. Mongilala, Membuat Aplikasi Android AR Menggunakan Unity 3D dan Unity. Buku AR: Online, 2019.

M. Muntahanah, R. Toyib, and M. Ansyori, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus Pt. Jashando Han Saputra),” Pseudocode, vol. 4, no. 1, pp. 81–89, 2017, doi: 10.33369/pseudocode.4.1.81-89.

A. Suhendar and A. Fernando, “Aplikasi Virtual tour Berbasis Multimedia,” ProTekInfo, vol. 3, no. 1, pp. 30–35, 2016.

T. A. Ananda, N. Safriadi, and A. S. Sukamto, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Planet-Planet Di Tata Surya,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2015.

F. Haris and O. D. Hendrati, “Pemanfaatan Augmented Reality untuk Pengenalan Landmark Pariwisata Kota Surakarta,” J. Teknoinfo, vol. 12, no. 1, p. 7, 2018, doi: 10.33365/jti.v12i1.41.

L. R. Rusliyawati, A. Wantoro, and A. Nurmansyah, “Penerapan Augmented Reality (Ar) Dengan Kombinasi Teknik Marker Untuk Visualisasi Model Rumah Pada Perum Pramuka Garden Residence,” J. Teknoinfo, vol. 14, no. 2, p. 95, 2020, doi: 10.33365/jti.v14i2.654.

S. Hendrawan, “Penerapan Media Audio Visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Pukulan Drop Short Dalam Pembelajaran Bulutangkis(Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngimbang Lamongan),” J. Pendidik. Olahraga dan Kesehat., vol. 3, no. 5, pp. 722–732, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive.

S.Samsugi, “IOT : Emergency Button Sebagai Pengaman Untuk Menghindari Perampasan Sepeda MotoR,” vol. 14, no. 2, pp. 100–106, 2020, doi: DOI : 10.33365/jti.v14i2.653.

A. Nurkholis and E. Saputra, “E-Health Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Layanan Klinik,” vol. 15, no. 2, pp. 127–133, 2021




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v16i1.1521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Selamet Samsugi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter