ANALISIS PERILAKU PENGGUNA SISTEM INFORMASI PENGETAHUAN OBAT BUATAN UNTUK KEBUTUHAN SWAMEDIKASI

Ryan Randy Suryono, Yeni Agus Nurhuda, Muhammad Ridwan

Abstract


Swamedikasi merupakan upaya pengobatan secara mandiri yang dilakukan masyarakat untuk mengobati dirinya sendiri. Namun bila tidak dilakukan dengan tepat justru menimbulkan masalah baru yaitu adanya resistensi bakteri dan ketergantungan. Kesalahan prediksi juga mengakibatkan munculnya penyakit baru karena efek samping obat antara lain seperti gangguan sistem pencernaan, reaksi hipersensitif, serta memungkinkan terjadi keracunan. Pelaksanaan swamedikasi, diprediksi akan menimbulkan kesalahan penggunaan obat (medication error) yang disebabkan keterbatasan pengetahuan masyarakat akan obat dan penggunaanya. Untuk itu, pada penelitian terdahulu dibangun sebuah sistem informasi obat buatan yang berisi tentang data-data dan pengetahuan tentang obat buatan yang dapat diakses masyarakat secara bebas dan mudah. Namun pada penerapannya, belum diketahui apakah sistem informasi tersebut dapat meningkatkan rasionalitas dan keterampilan dalam melakukan swamedikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sistem informasi obat buatan yang telah dibangun dapat meningkatkan rasionalitas dan keterampilan masyarakat. Pendekatan dilakukan dengan melakukan quasi eksperimen terhadap 150 responden, yaitu memberikan treatment dengan menyebar kuesioner sebelum dan sesudah sistem informasi obat buatan digunakan. Dari kesenjangan tersebut, dilakukan pendekatan kualitatif kepada empat informan, untuk menggali lebih dalam apakah terjadi perubahan perilaku pengguna sistem informasi untuk kebutuhan swamedikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sistem Informasi Obat Buatan yang diimplementasikan dapat meningkatkan rasionalitas dan keterampilan masyarakat dalam melakukan swamedikasi berdasarkan perbandingan nilai sebelum treatment sebesar 3,95 menjadi 8,77 pada skala 0 9,00. Hal ini terjadi karena sistem memuat informasi lengkap seputar gejala, penyakit, dan obat-obatan.

Kata Kunci: perilaku pengguna sistem informasi, swamedikasi, quasi eksperimen.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2009, Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS), Jakarta.

Depkes RI, 2006. Pedoman penggunaan obat bebas dan bebas terbatas. Jakarta: Depkes.

Galato, D., Galafassi, L.M., Alano, G.M., Trauthman, S.C., 2009, Responsible Selfmedication: Review of The Process of Pharamaceutical Attendance, Brazilian Journal of Pharmaceutical Sciences, 45(4):p.625-633.

Kemenkes RI, 2011. Modul Penggunaan Obat Rasional (POR). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Nurhuda, Y. A., Suryono, R. R. & Friansyah, D. K., 2017. Rancangan Arsitektur Sistem Berbasis Pengetahuan Obat Buatan Untuk Kebutuhan Swamedikasi. Prosiding Annual Research Seminar 2017 (Computer Science and ICT), Volume 3 No.1.

Sugiyono, P., 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryono, R. R. & Subriadi, A. P., 2016. Investigation on The Effect of User's Experience to Motivate Playing Online Games. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, Vol.86. No.1

Suryono, R.R. Perilaku Pemain Game Online terhadap Pembelian Virtual Item. Jurnal Sistem Informasi, Vol 5 No. 5. Hlm 578 584.

Tjay, T. H., Rahardja, Kirana. 2007. Obat-Obat Penting, Kasiat, Penggunaan dan Efek-Efek Sampingnya, Edisi Keenam, 262, 269-271. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Widyatun, 2005. Ilmu Perilaku. Rineka Cipta: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Teknoinfo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter