PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS DAN KEPUTUSAN TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017)

Catherine Tania, Budi Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing perusahaan multinasioal di Indonesia. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah transfer pricing yang diproksikan dengan nilai dari related party transaction (RPT) penjualan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus. Penelitian ini menggunakan data sekunder pada laporan keuangan atau laporan tahunan yang telah dipublikasikan oleh perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Dengan menggunakan metode purposive sampling, di dapat total sampel keseluruhan dalam penelitian ini adalah 88 data dari 22 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan hasil regresi yang menggambarkan bahwa variable tax, tunnelling incentive, dan mekanisme bonus berpengaruh secara signifikan terhadap penerapan transfer pricing.


Full Text:

PDF

References


Baroroh, A. (2013). Analisis Multivariat dan TIme Series dengan SPSS 21. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Cahyadi, S., & Kurniawan , B. (2018). PENGAMBILAN KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MULTINASIONAL BERDASARKAN TAX DAN EXCHANGE RATE. http://journal.ubm.ac.id/, 21-40.

Cecchini , M., Leitch, R., & Strobel, C. (2013). Multinational transfer pricing: A transaction cost and resource based view. Journal of Accounting Literature, 31-48.

Chandraningrum, T. M. (2014). Pengaruh Transfer Pricing Terhadap Perencanaan Pajak Bagi Perusahan Multinasional . Jurnal Akuntnasi Unesa, 1-20.

F, D. N., Mayowan , Y., & Karjo , S. (2016). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur . Jurnal Perpajakan , 1-9.

Fauziah , N. F., & Saebani, A. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Perusahaan melakukan Transfer Pricing. JURNAL AKUNTANSI, VOL. 18, NO. 1A, JANUARI - JUNI 2018.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Undip.

Hartati , W., Desmiyanti, & Julita. (2015). Tax Minimization, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing Seluruh Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia.

Jensen , M., & W, H. M. (1976). Theory of the Firm: Magerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 305-360.

Julaikah, N. (2014, Maret 18). Hampir semua perusahaan asing akali bayar pajak. Retrieved Maret 18, 2014, from merdeka.com: Hampir semua perusahaan asing akali bayar pajak

Kempas Kempis. (2017, Maret 3). Dugaan Transfer Pricing Toyota. Retrieved Maret 3, 2017, from kompas.com: https://www.kompasiana.com/kompaskampus/dugaan-transfer-pricing-toyota_58b8c532b69373f804571eda

Kharisma, L. (2014). Pengaruh Pajak, Tunneling Inentive, dan Kompensasi Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing . Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Kiswanto , N., & Purwaningsih , A. (2014 ). PENGARUH PAJAK, KEPEMILIKAN ASING, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI TAHUN 2010-2013. Jurnal Akuntansi.

Klassen , Kenneth , Petro , L., & Mescall , D. (2013). Transfer Pricing: Strategies,Practices, and Tax Minimazation. Journal of Tax Excecutive.

Koestaman , E., & Diyanty , V. (n.d.). Pengaruh Kepemilikan Pengendali Akhir terhadap Kebijakan Dividen Kas dengan Kepemilikan Keluarga dan Mekanisme Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi . Simposium Nasional Akuntansi 16 Manado.

Kurniawan, A. M. (2015). Perpajakan Internasional Beserta Contoh Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kusuma, D R;. (2015, September 15). Transfer Pricing Pajak Masih Marak, Pemerintah Jangan Diam . Retrieved September 15, 2015, from Detik.com: http://finance.detik.com/ekonomibisnis/3019122/transfer-pricing-pajak-masih-marak-pemerintah-jangan-diam

Lailiyul , W., & Novi. (2015). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2011-2013. Jurnal Universitas Islam Negeri Malang .

Liviani, S., Mahadwartha, P. A., & Wijaya , L. I. (2016). Uji Model Keseimbangan Teori keagenan : Pengaruh Kebijakan Utang dan Kebijakan Dividen Terhadap Kepemilikan Manajerial. DeReMa Jurnal Manajemen Vol. 11 No. 1, Mei 2016.

Marfuah , & Azizah , A. P. (2014). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Exchange Rate Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahan. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia (JAAI), 156-165.

Marisa, R. (2015). PENGARUH PAJAK, BONUS PLAN, TUNNELING INCENTIVE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TRANSFER PRICING.

Martasari, Z. (2015). Pengaruh Karakteristik Keuangan dan Non Keuangan Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan di Indonesia. Diponegoro Journal Of Accounting.

Merchant, K. A., & Stade , W. A. (2014). Management Control System Performance Measurement, Evaluation dan Incentives. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Mispiyanti . (2015). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing . 63-73.

Narbuko, Chlid, & Achamdi . (2013). Metode penelitian. Jakarta : Bumi Aksra.

Nugraheni, N., Huda , M. K., & Kamarudin, K. (2017). The Problem of Transfer Pricing in Indonesia Taxation System. International Journal of Economics and Financial Issues ISSN: 2146-4138, 139-143.

Nurhayati, D. I. (2013). Evaluasi atas perlakukan perpajakan terhadap Transaksi Transfer Pricing pada Perusahaan Multinasional di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Akuntansi , 31-47.

Pardede, R. d. (Jakarta ). Analisis Jalur Teori dan Aplikasi Dalam Riset Bisnis . 2014: Rineka Cipta.

Pithaloka, R., & Irwanto, A. (2016). PENGARUH STATUS PERUSAHAAN (MULTINASIONAL/DOMESTIK) DAN DEGREE OF INTERNATIONLAIZATION (DOI) TERHADAP FIRM PERFORMANCE. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Refgia, T. (2017). PENGARUH PAJAK, MEKANISME BONUS, UKURAN PERUSAHAAN,KEPEMILIKAN ASING, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP TRANSFER PRICING. JOM Fekon Vol. 4 No. 1 (Februari) 2017 , 543-555.

Resmi, S. (2013). Perpajakan : Teori dan Kasus Buku 1 . Jakarta: Salemba Empat.

Resmi, S. (2015). Perpajakan : Teori dan Kasus Buku 1 (8 ed) . Jakarta : Salemba Empat.

Saraswati , G. A., & Surjana , L. K. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Dan Tunneling Incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana , Vol. 19 No.2, 1000-1029.

Setiawan, H. (2014). Transfer pricing dan Risikonya Terhadap Penerimaan Negara . Journal .

Siregar , S. (2014). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono . (2014). Statistika untuk Penelitian . Bandung: Alfabeta .

Suryabrata, S. (2014). Metode Penelitian . Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Tiwa , M. E., Saerang , D. P., & Tirayoh , V. Z. (2017). Pengaruh Pajak Dan Kepemilikan Asing Terhadap Penerapan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2013-2015. Jurnal EMBA , Vol. 5 No.2, 2666-2675.

Wafiroh, N. L., & Hapsari, N. N. (2015). PAJAK, TUNNELING INCENTIVE DAN MEKANISME BONUS PADA KEPUTUSAN TRANSFER PRICING. El-Muhasaba, Vol. 6, No 2, 157-168.




DOI: https://doi.org/10.33365/tb.v2i2.329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Catherine Tania, Budi Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TECHNOBIZ: International Journal of Business
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz
E : technobiz@teknokrat.ac.id
P : 085273730707 (Only Whatsapp)
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Flag Counter

View My Stats