PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung)

Berlintina Permatasari, Sinta Maryana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi dan inovasi produk masing-masing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minuman kekinian pada Gerai Es Teh Indonesia di Bandar Lampung dan hasil penelitian secara simultan menyatakan bahwa promosi dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minuman kekinian pada Gerai Es Teh Indonesia di Bandar Lampung.

 

Kata Kunci: Promosi, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian, Es Teh Indonesia


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik Teh Indonesia 2019. Jakarta: www.BPS.go.id. Diakses tanggal 30 November 2020

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen) Universitas Lambung Mangkurat. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Es Teh Indonesia. (2020). Diakses 30 November 2020. http://www.instagram.com/estehindonesia.

Fatimah, S. (2014). Pengaruh Kesadaran Merk, Presepsi Kualitas, Asosiasi, Merek, dan Loyalitas Merk Terhadap Keputusan Pembelian Pelembab Wardah pada Konsumen Al Yasin Mart Wonorejo. Jurnal Sketsa Bisnis Universitas Yudharta Pasuruan. https://doi.org/10.35891/jsb.v12.75

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hurley & Hult. (1998). Innovation, Market Orientational, Learning: An Integration And Empirical Examination. Journal of Marketing Florida University. http://dx.doi.org/10.2307/1251742

Karinda, M. V. A., Mananeke, L., Roring, F., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, iR. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT. Telkom Area Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Universitas Samratulangi. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20265

Kotler & Armstrong. (2008). Analisa Perilaku Konsumen Edisi Ke-1. Yogyakarta: BPFE.

Lenzun, J. J., Massie, J. D., & Adare, D. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado.

Santoso, E. B. & Samboro, J. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Cafe Gendang Gandeng). Jurnal Administrasi dan Bisnis Universitas Polinema. https://dx.doi.org/10.33795/j-adbis.v11i1

Silaban, E. S., Elisabeth, & Sagala, R. (2019). Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kentucky Fried Chicken (KFC) Simpang Mataram Medan. Jurnal Manajemen Universitas Katolik Santo Thomas. http://dx.doi.org/10.1234/akuntansi.v5i2.534

Soegoto, A. S., et al. (2014). Citra Merek, Harga dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen Bisnis dan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado. https://doi.org/10.35794/emba.v2i2.4706

Soleha, M., & S, N. E. P. (2019). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Mobilio (Survei Pada Pengguna Honda Mobilio di Karawang). Jurnal Manajemen STIE Muhamadiyah Palopo. http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v5i2.406

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supomo. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis Jilid 2. Yogyakarta: BFEE.

Supriyati, D. & Herawati. (2017). Analisis Pengaruh Promosi dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Bungo Pada Rumah Batik Vinto Muara Bungo. Jurnal EKOBISTEK Universitas Muara Bungo Padang.

Tamamudin. (2012). Analisis Pengaruh Pengenalan Merk Persepsi, Kualitas, Harapan Konsumen dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Produk Batik Sutera Halus Merk Tamina). Jurnal STAIN Pekalongan. https://doi.org/10.28918/jupe.v9i2.144

Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran Edisi Ke-3, Yogyakarta: Andi.

Umaternate, M. M. I., Tumbuan, W. JF. A., & Taroreh, R. (2014). Promosi, Harga, dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Futsal Nike di Toko Akbar Ali Sport Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansiu Universitas Sam Ratulangi Manado. https://doi.org/10.35794/Emba.V2i2.




DOI: https://doi.org/10.33365/tb.v4i2.1335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Berlintina Permatasari, Sinta Maryana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TECHNOBIZ: International Journal of Business
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz
E : technobiz@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Flag Counter

View My Stats