ANALISIS FAKOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN DALAM MEMBELI PERUMAHAN DI KABUPATEN KARANGANYAR

ginanjar dwi utama

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah guna menguji serta membuktikan aspek-aspek yang mempengaruhi konsumen berminat membeli perumahan pada perumahan di Kabupaten Karanganyar. Metode dalam penelitian menggunakan teknik observasi, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik  pengumulan sampel data dalam penelitian ini dengan menggunakan jenis Probability Sampilng yakni metode Accidental Sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Populasi yang digunakan adalah warga di Kabupaten Karanganyar yang memiliki minat membeli perumahan.

Berdasarkan analisis data yang sudah diolah pada program SPSS versi 20 sehingga kesimpulan data diambil setelah dilakukan pengolahan regresi liner sederhana. Penelitian ini memiliki ketentuan uji validitas, reliabilitas yang kemudian diuji melalui uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi serta uji t. Dalam riset ini didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa harga serta  promosi berdampak positif serta signifikan pada minat beli. Sedangkan lokasi berdampak negatif atas minat beli. Sebesar  6% dalam uji koefisien determinasi membuktikan minat beli dipengaruhi oleh harga, lokasi dan promosi. Sebesar 94% dari sisa tersebut berpengaruh pada  variabel luar yang tidak diuji di penelitian.

 

Kata Kunci: Harga, Lokasi, Promosi, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Firdaus, Afdillah. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Membeli Produk Perumahan (Kasus Pada Perumahan Surya Mandiri Teropong Pt. Efa Artha Utama). Jurnal Online Mahasiswa FISIP, Vol. 4 Iss : 1

Indonesia, Bank. (2019). Rata-rata Penjualan Rumah Tumbuh 24% pada Kuartal I 2019, diakses 25 November 2020, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/09/rata-rata-penjualan-rumah-tumbuh-24-pada-kuartal-i-2019.

Kahuripan, Puri. (2020). Daftar Perumahan di Karanganyar Yang Patut Anda Pilih, diakses 25 November 2020, http://www.purikahuripan3.com/daftar-perumahan-di-karanganyar-yang-patut-anda-pilih/

Monica, Elina. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Bangunan dan Promosi Terhadap Minat Beli Perumahan Taman Safira Bondowoso. Jurnal Internasional Sosial dan Bisnis, Vol. 2 Iss : 3, pp 141-149.

Munadi, Chairul & Mariaty Ibrahim . (2017). Analis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Oleh Generasi Milenial Pada Industri Kuliner di Kota Tasikmalaya. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, Vol. 4 Iss : 1

Nainggolan, Nora Putri. (2018). Analis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Perumahan di Kota Batam. Jurnal Inovasi Akutansi dan Manajemen. Vol. 2 Iss : 2, pp 139-155

Nursoleh. (2018). Analisis Lokasi Terhadap Minat Beli Perumahan di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Akutansi Manajemen dan Bisnis, Vol. 1 Iss : 1

Rinandiyana, Luky Radi dkk. (2017). Analis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Oleh Generasi Milenial Pada Industri Kuliner di Kota Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol. 3 Iss : 1, pp 18-27




DOI: https://doi.org/10.33365/tb.v4i1.1040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ginanjar dwi utama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TECHNOBIZ: International Journal of Business
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz
E : technobiz@teknokrat.ac.id
P : 085273730707 (Only Whatsapp)
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Flag Counter

View My Stats