Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran e-Learning melalui Media Google Classroom untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuok

Melma Rohani, Zulfah Zulfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan e-learning  dengan media aplikasi Google Classroom dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IX SMPN 1 Kuok tahun ajaran 2019/2020 dan meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan E-Learning dengan media Google Classroom kelas IX SMPN 1 Kuok tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari satu siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Kuok yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran e-learning­ melalui google classroom memiliki 4 aspek, yaitu: aspek perasaan senang sebanyak 60% dengan kategori senang, ketertarikan siswa sebanyak 50% dengan kategori kuat,  perhatian siswa sebanyak 40% dengan kategori sangat kuat, dan terlibat aktif sebanyak 50% dengan kategori kuat.

Kata Kunci: E-Learning, google classroom, minat belajar.


Full Text:

PDF

References


Dewi, P.S. & Septa, H.W. (2019) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.

Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, dkk. (2018). Pengembangan Kelas Virtual dengan Google Classroom dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa SMK untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematik Etnomatnesia. 340-348.

Hamimi, L, Zamharirah, R. & Rusydy. Analisis Butir Soal Ujian Matematika Kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-10

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works and How?. Journal of Education and Social Sciences, 3(1), 12-18

Istiqomah, dkk. (2013). Penerapan Metode Blended Learning Berbasis ICT untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) di Prodi D-III Kebidanan FIK UNIPDU Jombang. JURNAL EDUHEALTH, 3(2), 103-113.

Izenstark, A.& Leahy, K.L. (2015). Google Classroom for Librarians: Features and Opportunities. Library Hi Tech News, 32 (9):1–3.

Kusuma, dkk. (2008). Analisis Perilaku Pengguna Sistem E-Learning.Universitas Gunadarma. Diseminarkan pada Seminar Ilmiah Nasional Komputer Dan Sistem Intelijen Auditorium Universitas Gunadarma.

Pappas, C. (2015). Google Classroom Review: Pros And Cons Of Using Google Classroom in e-Learning. Diakses 1 Mei 2017 dari https://elearningindustry.com/googleclassroom-review-pros-and-cons-ofusinggoogle-classroom-in-elearning

Ridwan. (2006). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta Rosdakarya

Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Saputra, V.H. & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untu Anak Tuna Grahita. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15-23.

Septian, A., Agustina, D., & Maghfrah, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatf Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10-22.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Qomariah, S.S dan Ketut, R.S. (2016). Kualitas Media Pembelajaran, Minat Belajar, Dan Hasil Belajar Siswa: Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X Iis Sma Negeri 12 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 4 (1),33-47.

Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada Pemahaman Konsep. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15-23

Yaumi, M. (2007). The Implementation of Distance Learning in Indonesian Higher Education. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 10(2), 196-215




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Jurnal Mathema is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2021 Mathema : Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN:  2686-5823, P-ISSN: 2722-1466)
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.