Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Solving

Renilda Ririn, Hedi Budiman, Guntur Maulana Muhammad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuasi. Untuk kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran problem solving, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran yang biasa dilakukan guru saat mengajar (discovery learning). Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP di Ciranjang tahun pelajaran 2019/2020. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan menggunakan model pembelajaran problem solving tidak lebih baik atau sama dengan menggunakan model discovery learning dan hasil angket serta lembar observasi kemandirian belajar menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran problem solving lebih baik dibandingkan dengan model discovery learning.

Kata Kunci: Berpikir kritis matematis, Kemandirian belajar siswa, Model pembelajaran problem solving.


Full Text:

PDF

References


Arora, W., dkk. (2013). Hubungan Antara Perlakuan Orang Tua dengan Kemandirian Siswa dalam Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling, 2 (1), 304-309. http://ejournal.unp.ac.id/ index.php/konselor

Choy, S. C., & Cheah, P. K. (2009). Teacher Perception of Critical Thinking Among Students and Its Influence on Higher Education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 20(2), 198—206. Retrieved from http://www.isetl.org/ijtlhe/ pdf/IJTLHE336.pdf.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema Journal, 1 (1), 31-39.

Duron, R., dkk. (2006). Critical Thinking Framework for Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 160-166. Retrieved from http://www.isetl.org/ijtlhe/pdf/IJTLHE55.pdf.

Elfira, N. (2013). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Ilmiah Konseling, 2 (1), 279-282. http://ejournal.unp.ac.id/ index.php/konselor

Ennis, R. H. 1962. A concept of critical thinking. Harvard Educational Review, Vol 32(1), 81-111.

Firmansyah,. dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan WEB Pada Materi Ekstraksi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Sains, 4(2), 65-72. Tersedia online di http://journal.um.ac.id/index.php/jps/.

Handayani, N., & Hidayat, F. (2018). Hubungan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di Kelas X SMK Kota Cimahi. Journal On Education, 01(02), 1-8.

Herdiman, I., dkk. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP Pada Materi Lingkaran. Jurnal Prisma, VII(1). https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.

Herlina, M. & Ihsan I.R. (2020). Penelitian Pendahuluan Mengenai LKPD Model PBL Terkait Kemampuan Berpikir Matematis. Mathema Journal, 2 (2), 46-54.

Hidayat, D. & Ihsan I.R. (2020). Desain Pembelajaran Model Problem Based Learning Terkait Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Adversity Quotient Peserta Didik. Mathema Journal, 2 (2).

Huda, M., dkk. (2019). Kemandirian Belajar Berbantuan Mobile Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 798-806.

Kalelioğlu, F., & Gülbahar, Y. (2014). The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking and Critical Thinking Dispositions in Online Discussion. Educational Technology & Society, 17 (1), 248–258.

Nugrahaeni, A., dkk. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1 (1).

Nurrohmi, Y., dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 10 (2), 1308-1314. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Puspaningtyas, N. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, 1 (1), 24-30.

Saefullah,A., dkk. (2013). Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Berbasisi Portofolio. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 1, 26-36.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Suid., dkk. (2017). Analisis Kemandirian Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 1 (5), 70-81.

Widayanti, R. & Nur’aini K. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema Journal, 2 (1), 12-23.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Jurnal Mathema is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2021 Mathema : Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN:  2686-5823, P-ISSN: 2722-1466)
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.