Desain Pembelajaran Model Problem-Based Learning Terkait Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Adversity Quotient Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini berbasis desain (design based research) dengan tujuan merancang dan mengembangkan suatu desain pembelajaran dengan model problem-based learning (PBL) dan pembelajaran scaffolding yang dapat membantu kesulitan, melatih dan mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Tahapan design based research yang dilakukan pada penelitian ini merupakan tahapan penelitian pendahuluan (preliminary research). Pada tahapan tersebut peneliti melakukan analisis kebutuhan dan konteks, telaah literatur. Desain pembelajaran yang merupakan hasil dari penelitian ini berupa pembelajaran scaffolding dengan model PBL. Secara umum desain yang diperoleh adalah kegiatan pembelajaran yang diawali dengan apersepsi, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, orientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasi peserta didik untuk belajar konsep yang dibutuhkan dalam pemecahan masalah, membimbing penyelidikan individu dan kelompok tahap 1 dan 2, mengembangkan dan menyajikan hasil karya tahap 1 dan 2, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, tes formatif, kegiatan penutup.
Kata Kunci: adversity quotient, berpikir kreatif, penelitian pendahuluan, problem-based learning, scaffolding.
Full Text:
PDFReferences
Andiyana, M. A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta didik SMP Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Indonesia Inovatif, 1(3).
Anggraini N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Integrated Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Mengontrol Kemampuan Awal Peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ Muhammadiyah Metro.
Asdarina, O. & Arwinda, N. (2020). Analisis Implementasu Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, 2(1), 1-11.
Chairani Z. (2015). Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 1(1).
Ihsan, I.R. & Kosasih, U. (2018). Penelitian Pendahuluan Mengenai Desain Pembelajaran Terkait Berpikir Kombinatorial. Makalah pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana (MINATKU), 5 Mei 2018.
Ihsan, I.R. & Kosasih, U. (2018). Desain Pembelajaran Materi Permutasi untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kombinatorial Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Triple S (Journals on Mathematics Education), 1(2), 97-106.
Ihsan, I.R. & Karjanto, N. (2019). Optimizing Students Combinatorial Thinking Skill Through Design-based Research. Presented at International Congress on Industrial and Applied Mathematics 2019 at Universitat de Valencia, 15-19 July 2019.
Leonard. (2014). Pengaruh Adversity Quotient (AQ) dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1).
Plomp, T. (2013). Educational Design Research : an Introduction. In Plomp, T and Nieveen, N (Eds). Educational design research – part a : an introduction (pp. 10-51). Enschede :Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).
Widayanti, R. & Nur’aini K.D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema Journal, 2(1), 12-23.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.731
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License