Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Kelas XI SMA pada Tahapan Pleminary Research
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA/MA dan objek penelitian adalah LKPD matematika berbasis Open Ended. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan LKPD berbasis Open Ended yang valid, praktis, efektif dan mampu memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model penelitian yaitu model ADDIE. Tujuan dari penelitian pengembangan LKPD ini untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik dan menjadi bahan ajar tambahan untuk pendidik. Hasil pengembangan LKPD diharapkan mampu memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam proses pembelajaran matematika, memperkaya pengetahuan, dan dapat memotivasi peserta didik dalam mempelajari matematika.
Kata Kunci: LKPD; Pendekatan Open Ended; Transformasi Geometri
Full Text:
PDFReferences
Andi, Prastowo. (2011). Panduan Kreatif MembuatBahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Express.
Astuti.,Sari,Nurhidayah. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Sisiwa (LKS) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendikia. Volume 1, No.2
Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.58 Tahun 2014 tentang Tujuan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kusumaningtyas, Atut. (2013). Pengaruh Kolaborasi Strategi Pembelajaran Circ Dan Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa KelaS IV SD Negeri Bogotanjung, Pati Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Novri, U. N., Zulfah, Astuti. (2018). Pengaruh Strategi REACT (Realiting,Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendikia. Volume 2, No.2
Risman, M. S. (2011). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Skripsi. Universitas Bandung
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulianto. (2011).Keefektifan Model Pemebelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Open Ended dalam Aspek Penalaran dan Pemecahan Masalah pada Materi Segitiga di Kelas VII. Jurnal Phytagoras Volume 1, No.1
Yuni,Yamasari. (2010). Pengembangan media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Surabaya : Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. 4 Agustus 2010.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.729
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License