Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar

Yuliza Putri Utami, Putri Sukma Dewi

Abstract


Aplikasi rumah belajar (ARB) dibuat secara khusus untuk memudahkan guru dan siswa mendapatkan materi kepentingan mengajar siswa. Portal ini dapat di akses melalui https://belajar.kemdikbud.go.id/ .Berbeda pada situs internet lainnya, ARB  lebih menunjukkan sisi kreativitas  antara pengguna yaitu pendidik dan peserta didik. ARB  dibuat khusus oleh kemdikbud  agar  guru dan siswa dapat mengakses materi belajar, melakukan simulasi interaktif serta komunikasi dan interaksi antar pendidik dan ARB bertujuan untuk menambah pengetahuan, keterampilan serta meningkatkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah studi literatur dimana penulis mencari referensi teori yang relafan sesuai kasus atau permasalahan yang ditemukan dan melakukan percobaan ARB fitur kelas digital dengan 5 siswa SMP. Hasil percobaan tersebut menunjukkan bahwa sebagai sumber belajar untuk memperoleh konten dan sarana pembelajaran kelas digital bisa didapatkan melalui pemanfaatan ARB. Dengan kata lain, sebagai fasilitas terjadinya pembelajaran online antara peserta didik dan pendidik kapan saja dan di mana saja.  Ini bisa diterapkan agar meningkatnya hasil belajar peserta didik yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu,disarankan kepada siswa dan guru untuk dapat memanfaatkanAplikasi Rumah Belajar.


Full Text:

PDF

References


Attridge, Inglis M. 2013.Advanced Mathematical Study and The Development of Conditional Reasoning Skills. Orxon: Plos one.

Afgani, Darmawijoyo. 2008. Pengembangan Media Website Pembelajaran Materi Program Linear untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Yogyakarta : Jurnal Pendidikan Matematika.

Baharudin, R. 2010. Keefektifan Media Belajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Harun. 2015. Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam.

Kusna, Rosyid. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI. Jakarta: Intan Pariwara.

Kirsi. 2014. Interctive Learning in the Classroom-not a Competitor but a Partner for e-Learning. Finland: Helsinki University of Technology.

Kadir, Abdul. 2013. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurhayati, Ai Sri. 2012. Pedoman Pemanfaatan Rumah Belajar. Jakarta: Pustekkom Kemdikbud.

Notodirojo. 2015. Teknologi Internet Mobile Seminar Nasional Internet Mobile. Yogyakarta: Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi.

Riwayadi. 2013. Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kemajuan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Imadiklus.

Yaniawati. 2017. Kualitas Workshop E-learning untuk Guru Matematika di Bandung. Bandung: Universitas Pasundan.

Yahudi. 2017. Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Kreativitas di Rumah Belajar Modern Desa Bangunharjo Sewon Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

http://unbk.web.id/pro-dan-kontra-pendidikan-online-untuk-warga-dunia/

http://www.thegeniusworks.com/2017/01/future-education-young-everyone-taught-together




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88