Analisis Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika

Orin Asdarina, Nurvi Arwinda

Abstract


Pendidikan karakter merupakan suatu proses terencana dengan tujuan untuk memupuk dan menumbuhkembangkan tatanan nilai karakter pada siswa. Lebih jauh, pendidikan karakter diharapkan dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran dan juga berpengaruh positif terhadap hasil pendidikan, sehingga pada akhirnya pendidikan karakter ini dapat meningkatkan prestasi siswa dengan dibarengi karakter yang baik. Tujuan peneltian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang proses dan hasil dari pendidikan karakter di SMP N 1 Blangpidie, kelas VIII-A. Teknik penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan studi kasus dengan instrumen penelitian berupa dokumen observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pengembangan karakter yang terjadi di lingkungan sekolah diantaranya adalah dengan memberikan teladan, teguran, dan nasihat. Adapun permasalahan terbesar guru dalam mengembangkan karakter siswa di sekolah adalah latar belakang siswa yang berbeda-beda. Oleh karena itu, solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pendekatan secara individu agar dapat memahami siswa dan pemasalahannya lebih baik, sehingga dapat ditemukan solusi terbaiknya.


Full Text:

PDF

References


Daryanto dan Suryati. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Malang: Gava Medis

Djamarah, SB.1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Hadi, ArnasariMerdekawati. 2012. Analisis implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika (studi kasus di kelas viie smp negeri 2 kota bima). Diss. UNS (Sebelas Maret University).

Munawaroh, M., Kusmayadi, T. A., &Usodo, B. 2015. Studi Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Matematika Pada Kelas Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (Cibi) SMP Negeri 2 Surakarta. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(2).

SriNarwanti. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter Dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia

Sriyanto, HJ. 2007. Easy Math. Yogyakarta: Penerbit Pu.

Sugandi, Ahmad. 2008. Teori Pembelajaran. Semarang: UPTMKK Unnes.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica.

Sutjipto, S. 2011. Rintisan Pengembangan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(5), 501-524.

Suyadi.2012. Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Suyitno, A. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA UNNES

Ulfah, Siti. 2013. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Aljabar Kelas VII SMPN 2 Mayong Jepara Tahun Ajaran 2012/2013. Diss. IAIN Walisongo.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88