Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Noviana Safitri, Putri Sukma Dewi, Nicky Dwi Puspaningtyas

Abstract


Berpikir kritis merupakan suatu kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh peserta didik, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa yang dipilih berdasarkan purposive sampling dengan katagori siswa rendah, sedang, dan tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan soal tes uraian kemampuan berpikir kritis siswa. Setelah pengumpulan data peneliti menganalisis hasil pengerjaan soal tes uraian kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis data, didapatkan rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 96 dan dapat disimpulkan kemampuan berpikir kritis ada di katerogi tinggi dengan tercapainya seluruh indikator.


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Ati, P.T dan Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 04, No.01, Hal. 294-303.

Abdullah, H .I. (2013). Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 2, No.1, Hal.66-75.

Kurniadi, G., & Purwaningrum, J. P. (2018). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui discovery learning berbantuan asesmen hands on activities. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 8 13.

Novianti, dkk. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas XI SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Sambas. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), Volume 2, Nomor 2, Hal. 139-146.

Purwanti, Y. K. dan Suryani, E. (2018). Pengaruh Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Powtoon Terhadap Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Janacitta, vol. 1, No.1.

Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education,1(1), 35-41.

Nuryanti, ddk. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kristis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Hal 155—158.

Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Astriani, dkk. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi SPLTV. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 1(1), Hal. 11-22.

Liberna, H. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Formatif. 2(3): 190-197.

Putri, A. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMP Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 2, Nomor 4, Halaman 793-801.

Komariyah, S. dan Laili, N. F. A. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. vol. 4 no. 2, Hal. 55–60.

Purwanti, R. dkk. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model

Widiantari, P. M. dkk. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam pembelajaran Matematika. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1, Hal. 1-11.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i2.4438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88https://elijo.umpwr.ac.id/pages/idnslot/