Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Filmora Pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas IX
Abstract
Abstrak
Tujuan dari peneIitian ini adaIah untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi filmora pada materi persamaan kuadrat kelas IX SMP Negeri 1 Dulupi. PeneIitian pengembangan ini menggunakan metode Research and DeveIopment (R&D) dan modeI 4-D (Four D Model) yang memiIiki empat tahapan yaitu Define, Design, Develop dan Desiminate. Melalui tahapan 4-D dihasilkan media pembelajaran interaktif dengan hasil analisis pada tahap uji ahli dengan hasil validasi ahli media dan ahli materi memperoleh rata-rata persentase 81,30% yang dikategorikan "Sangat Valid Digunakan". Kelayakan media diperoleh melalui hasil uji keterbacaan media oleh 6 orang siswa kelas IX SMP Negeri 1 Dulupi 90,53%, dengan kriteria “Sangat Layak Digunakan”. Kepraktisan media diperoleh melalui angket respon siswa dan guru matematika SMP Negeri 1 Dulupi terhadap video pebeIajaran interaktif berbantuan aplikasi filmora. Hasil angket respon siswa kelas IX SMP Negeri 1 Dulupi 93,47 % , hasil angket respon guru matematika SMP Negeri 1 Dulupi 80,35% dengan kriteria “Sangat Praktis Digunakan”. Kesimpulan bahwa video pebeIajaran interaktif berbantuan aplikasi filmora valid, layak, dan praktis untuk dapat diimplementasikan atau digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas.
Kata Kunci: Video Interaktif, Filmora, Persamaan Kuadrat.
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Borg & Gall. (1983). Educational Research: An Introduction. In: New York Longman.
Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.
Halid, R., Sumarno, I., Novianita, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Penalaran Pada Materi Bangun Ruang Prisma. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 04(2), 76-89.
Hidayat, R. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya (Medan : LP).
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652
Hulukati, Ilham. 2018. Pengembangan Panduan Praktikum IPA Materi Konduktor dan Isolator Panas Berbasis Lingkungan Di Kelas VI SDN 4 Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Sutabaya.
Moto, M. M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.
Nasriani. (2022). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI MTs NEGERI 2 TOLITOLI. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2501–2510.
Netriwati, & Lena, mai S. (2022). Media Pembelajaran Matematika SMP. May, 340. https://www.researchgate.net/profile/Netriwati Netriwati/publication/332935226_MEDIA_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA/links/5cd29c97a6fdccc9dd93ac5c/MEDA-PEMBELAJARAN-MATEMATIKA.pdf
Puspita, D., Abdul W.A., Khardiyawan A.Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Discovery Learning. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 9(2), 103-108.
Putra, F. G. (2017). Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands On Activity (HoA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 73–80. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1148
Rosiana, J., Dewi, R., dkk (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Himpunan. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 10(2), 274-281.
Usman, P., Lailani, Y., Nursia, B., Bertu, R.T. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Multimedia pada Materi Kerucut. Jambura Journal Of Mathematics Education, 3(2), 100-106.
Yusuf, M., & Syurgawi, A. (2020). Konsep Dasar Pembelajaran. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.3
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i2.3762
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License