Pengembangan Bahan Ajar Numerasi Kerajaan Martapura Berbasis Android dengan Bantuan I-spring Suite
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menghasilkan produk bahan ajar Numerasi Kerajaan Martapura Berbasis Android Dengan Bantuan I-Spring Suite; 2) mengetahui kualitas produk yang dikembangkan yang diukur melalui tingkat kevalidan dan kepraktisan bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar angket kepraktisan/respon siswa. Proses penelitian ini dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan, kemudian mendesain produk, mengembangkan produk, validasi produk, dan implementasi (uji coba skala kecil). Teknik analisis data yang dilakukan mencakup analisis data hasil validasi dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan (1) produk bahan ajar yang dihasilkan bernama TINAQUEST: Petualangan Tina Mencari Bilangan Kuno Nusantara; (2) hasil validasi dari kedua ahli materi diperoleh rata-rata presentase sebesar 92,50% dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata persentase sebesar 95,45 % dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil uji kepraktisan oleh siswa diperoleh rata-rata persentase 90,67% dengan kategori sangat praktis.
Full Text:
PDFReferences
Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI PROGRAM LINEAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 161. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1357
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Dewi, A., Dewi, L., & Setiawati, L. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Karikatur Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. EDUTCEHNOLOGIA, 2(1).
Hasanah, U., Jalinus, N., & Maksum, H. (2019). The Validity Development of Adobe Flash Based Learning Media at Energy Conversion Machine Course in Vocational Education Programs. Journal of Education Research and Evaluation, 3(4), 248. https://doi.org/10.23887/jere.v3i4.22909
Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia.
Kurniawan, Saputra, Y. W., & Hidayah, F. N. (2022). Numerasi Batu Bertulis Yupa Kerajaan Martapura di Kutai-Kalimantan Timur (1st ed.). RV Pustaka Horizon. http://www.pustakahorizon.com/2023/03/numerasi-batu-bertulis-yupa-kerajaan.html
Lestari, I., Khotimah, K., & Ningsih, E. F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Program Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 49. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5270
Muchtar, F. Y., Nasrah, N., & Ilham S, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Presenter untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5520–5529. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1711
Nurfadhillah, S., Ulfah, M., Nikmah, S. Z., & Fitriyani, D. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Siswa serta Memotivasi Belajar Siswa Kelas 3 SDN Kohod III. BINTANG, 3(2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1337
Nurhayati, I. (2022). Bahan Ajar Sekolah Dasar Isnaini Nurhayati.
Pawar, M. V, & Anuradha, J. (2015). Network security and types of attacks in network. Procedia Computer Science, 48, 503–506.
Rahmani, R., Mustadi, A., Maulidar, M., & Senen, A. (2021). The Development of Teaching Materials Based on Context and Creativity to Increase Students Scientific Literacy. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 9(2), 345. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v9i2.506
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Riyan, M. (2021). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI. Diksi, 29(2), 205–216. https://doi.org/10.21831/diksi.v29i2.36614
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i2.3761
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License