MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK ANAK TUNA GRAHITA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) kelas V berbasis multimedia dengan menggunakan software contract 2 yang berisi tentang pengenalan angka dari 1 sampai 100 dan perhitungan 1 sampai 20. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution.Media yang dikembangkan di uji menggunakan Black Box dan kuisioner untuk melihat kelayakan media yang telah dikembangkan. Penelitian ini telah berhsil mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan software contract 2berbasis android tentang pengenalan angka 1 sampai 100 dan perhitungan 1 sampai 20. Dari hasil pengukuran skala yang dilakukan terhadap aplikasi pembelajaran matematika pada anak Tunagrahita menggunakan BlackBox dan kuesioner dapat disimpulkan bahwa aplikasi telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Rata – rata hasil penilaian Kuesioner dengan tingkat persetujuan adalah 42,5 dapat dikatakan layak sesuai dengan ukuran perhitungan yang telah dilakukan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License