MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK ANAK TUNA GRAHITA

Very Hendra Saputra, Endi Febriyanto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan  yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) kelas V berbasis multimedia dengan menggunakan software contract 2 yang berisi tentang pengenalan angka dari 1 sampai 100 dan perhitungan 1 sampai 20.  Metode pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution.Media yang dikembangkan di uji menggunakan Black Box dan kuisioner untuk melihat kelayakan media yang telah dikembangkan.  Penelitian ini telah berhsil mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan software contract 2berbasis android tentang pengenalan angka 1 sampai 100 dan perhitungan 1 sampai 20. Dari hasil pengukuran skala yang dilakukan terhadap aplikasi pembelajaran matematika pada anak Tunagrahita menggunakan BlackBox dan kuesioner dapat disimpulkan bahwa aplikasi telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Rata – rata hasil penilaian Kuesioner dengan tingkat persetujuan adalah 42,5 dapat dikatakan layak sesuai dengan ukuran perhitungan yang telah dilakukan.          


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack