Studi Etnomatematika Geometri pada Artefak Peninggalan Sejarah di Kota Malang
Abstract
Kerajaan Singosari merupakan salah satu dari budaya di Indonesia. Jika dipandang dalam perspektif matematika terdapat konsep matematika pada artefak Candi Singosari. Salah satu konsep matematika tersebut adalah geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep geometri yang terdapat pada Candi Singosari. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian pada Candi Singosari terdapat konsep matematika geometri dan implementasi bentuk bangun geometri pada struktur bangunan Candi Singosari seperti, adanya beberapa bangun datar, bangun ruang, sudut dan geometri transformasi (refleksi dan translasi).
Kata Kunci: artefak, candi Singosari, etnomatematika, geometri.
Full Text:
PDFReferences
Azra, M. M. (2016). Eksplorasi Etnomatematika pada Aktivitas Membatik di Rumah Produksi Negi Batik Mojokerto. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Eni, S. & Tsabit. (2017). Arsitektur Kuno Kerajaan-Kerajaan Kediri, Singasari & Majapahit Di Jawa Timur Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Febriyanti, I. & Rahmawati, I. (2020). Eksplorasi Geometri pada Candi Bajang Ratu sebagai Implementasi Etnomatematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 442-452.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segi Empat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2).
Marzuqoh, A. (2019). Etnomatematìka pada Pura Bukit Amerta sebagai Bahan Pelajaran Matematika. Skripsi. Universitas Jember.
Maskar, S. & Anderha, R.R. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung. Mathema Jurnal, 1(1), 40-47.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyani, E., & Natalliasari, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematik Batik Sukapura. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 131-142.
Prayitno, Catarina Nila Paskah. (2020) Kajian etnomatematika pada Candi Sambisari Daerah Istimewa Yogyakarta dan implementasinya dalam pembelajaran matematika kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.
Putri, N. N. P & Mariana, N. (2022). Etnomatematika pada Candi Sumur sebagai Konsep Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 289-301.
Rahmawati, E. (2019). Etnomatematika Pada Gapura Gesibu Blambangan Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. Skripsi. Jember: Universitas Negeri Jember.
Sayekti, S. d. (2014). Geometri Fraktal pada Candi Singosari sebagai Konsep Desain Museum Purbakala Singosari: Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sulisawati, D. N., Amalia, D. & Djamali, M. F. (2021). Eksplorasi Konsep Dilatasi Etnomatematika pada Batik Tembakau Jember. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset dan Matematika, 4(1), 56-64.
Topang, M. D, Intan, E. K. N., Sayako, E.S., & Ambarawati, M. (2022). Etnomatematika Alat Musik Tradisional Gandrang Bulo Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang (Tabung). Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo.
Tjitjik, Sriwardhani. (2018). Kajian Estetis Relief Motif Bunga Padma Pada Candi Singasari Dalam Inspirasi Penciptaan Tata Rias dan Desain Busana pada Perkawinan Adat Tradisional ‘Malangan’. Jurnal Imajinasi, 12(1), 47-56
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. In Prosiding Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wulandari, D. & Budiarto, M. T. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi pada Artefak Kerajaan Singosari. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 203-217.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2876
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License