Efektivitas Video Pembelajaran Berbasis GeoGebra dalam Kelas Virtual terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang
Abstract
Terjadi masalah terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa terutama saat pembelajaran online yang diduga disebabkan oleh pembelajaran yang belum memfasilitasi siswa untuk memvisualisasi bangun ruang secara konkret, efektif, dan efisien, dimana pembelajaran hanya mengandalkan buku/modul. Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang siswa dengan mengkaji efektivitas penggunaan video pembelajaran berbasis GeoGebra dalam kelas virtual. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Buton Tengah dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.A dan siswa kelas VIII.B. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain posttest only control group design. Kelas VIII.A bertindak sebagai kelas eksperimen (kelas yang menerima pembelajaran menggunakan video berbasis GeoGebra) sedangkan kelas VIII.B bertindak sebagai kelas kontrol (kelas yang menerima pembelajaran menggunakan modul/buku). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif (mean, median, modus, standar deviasi, maksimum, dan minimum) dan analisis inferensial (uji independent sample t-test). Hasil analisis data menunjukkan pembelajaran menggunakan video berbasis GeoGebra lebih baik dan efektif terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa dibanding pembelajaran menggunakan modul/buku. Siswa yang menerima pembelajaran menggunakan video berbasis GeoGebra menunjukkan partisipasi yang lebih aktif baik dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan. Ini membantu mereka untuk tidak hanya menghafal informasi, tetapi juga memproses dan merenungkan konsep-konsep bangun ruang dengan lebih mendalam.
Full Text:
PDFReferences
Albaniah, T. (2014). Hubungan Penggunaan Media Video Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sdn 76/1 Sungai Buluh. Artikel Ilmiah.
Arbain, A. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MAHASISWA MELALUI PEMANFAATAN VIDEO PADA PEMBELAJARAN VIRTUAL FLIPPED CLASSROOM. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 Nomor 1(Sumber belajar online kebanyakan masih berbasis teks sehingga keterampilan-keterampilan belajar siswa tidak tercapai), 33–41. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/12439
Asri, F. M., Ruslan, R., & Asdar, A. (2020). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Intensitas Penggunaan E-Learning Quipper Video. Issues in Mathematics Education (IMED), 3(2). https://doi.org/10.35580/imed11051
Bahar, E. E., & Syahri, A. A. (2021). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Komposisi Siswa Kelas X SMAN 11 Pinrang. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.33387/dpi.v10i2.3420
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAPEL IPA DI MIN KROYA CIREBON. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Datar Segiempat. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2008.
Dahal, N., Pant, B. P., Shrestha, I. M., & Manandhar, N. K. (2022). Use of GeoGebra in Teaching and Learning Geometric Transformation in School Mathematics. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(8). https://doi.org/10.3991/ijim.v16i08.29575
Hadi, S., & Umi Kasum, M. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630
Hidayati, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Lerning Berbasis Google Classroom Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1).
Hutagalung, R. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran guided discovery berbasis budaya toba di smp negeri 1tukka. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2).
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454
Jelatu, S., Sariyasa, & Made Ardana, I. (2018). Effect of GeoGebra-aided REACT strategy on understanding of geometry concepts. International Journal of Instruction, 11(4). https://doi.org/10.12973/iji.2018.11421a
Korenova, L. (2017). GeoGebra in teaching of primary school mathematics. International Journal for Technology in Mathematics Education, 24(3). https://doi.org/10.1564/tme_v24.3.08
Lisnani, L. (2019). Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar Tentang Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.388
Mukamba, E., & Makamure, C. (2020). Integration of GeoGebra in Teaching and Learning Geometric Transformations at Ordinary Level in Zimbabwe. Contemporary Mathematics and Science Education, 1(1). https://doi.org/10.30935/conmaths/8431
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. In Alfabeta. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/BUKU/Pembelajaran%2520Digital.pdf&ved=2ahUKEwj-oITXwpbpAhWf7HMBHYxmDaIQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw3FGMSFjUjBN9Rjdvb5NBzI&cshid
Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.1038/oncsis.2016.1
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Singh, L. K. (2018). Impact of Using Geogebra Software on Students’ Achievement in Geometry: A Study at Secondary Level. Asian Resonance, 7(5).
Turyati, Muchtarom, M., & Winarno. (2016). Pengaruh penggunaan media video edukasi terhadap hasil belajar pkn siswa kelas Vii smp negeri 2 gondangrejo. PKn Progresif, 11(1).
Uwurukundo, M. S., Maniraho, J. F., & Tusiime Rwibasira, M. (2022). Effect of GeoGebra Software on Secondary School Students’ Achievement in 3-D Geometry. Education and Information Technologies, 27(4). https://doi.org/10.1007/s10639-021-10852-1
Weinhandl, R., Lavicza, Z., Hohenwarter, M., & Schallert, S. (2020). Enhancing flipped mathematics education by utilising GeoGeBrA. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 8(1). https://doi.org/10.46328/IJEMST.V8I1.832
Woolfitt, Z. (2015). The effective use of video in higher education. Lectoraat Teaching, Learning and Technology. Inholland University of Applied Sciences, October.
Zulnaidi, H., & Zamri, S. N. A. S. (2017). The effectiveness of the geogebra software: The intermediary role of procedural knowledge on students’ conceptual knowledge and their achievement in mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6). https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01219a
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.2875
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License