Eksplorasi Etnomatematika terhadap Masjid Jami Cikini Al-Ma’mur sebagai Media dalam Penyampaian Konsep Geometri

Joko Soebagyo, Aqiela Fadia Haya

Abstract


Etnomatematika dapat menjadi penghubung antara pembelajaran matematika sekolah dengan kebudayaan sehari-hari. Konsep matematika pada artefak budaya dapat dijadikan media pembelajaran sehingga peserta didik mendapatkan dua atau lebih pengetahuan sekaligus, minimal budaya dan matematika. Kota Jakarta memiliki salah satu bangunan bersejarah, yaitu Masjid Jami Cikini Al-Ma’mur yang sudah berdiri sejak tahun 1840. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika pada struktur bangunan Masjid Jami Cikini Al-Ma’mur yang dapat dijadikan sebagai media penyampaian konsep matematika khususnya konsep geometri. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis etnografi digunakan untuk mengeksplorasi konsep matematika pada Masjid Jami Cikini Al-Ma’mur. Jenis data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder, di mana teknik pengumpulannya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur bangunan Masjid Jami Cikini Al-Ma’mur sebagian besar terdapat etnomatematika pada konsep geometri seperti persegi, trapesium, segitiga siku-siku, tabung, prisma, translasi, rotasi, setengah lingkaran, persegi panjang, refleksi, limas, balok, dilatasi, jajar genjang, bola, belah ketupat, lingkaran.  Konsep matematika tersebut diantaranya berasal dari pintu utama masjid, jendela masjid, tiang penyangga, bagian tempat wudhu, pagar masjid menunjukkan konsep geometri bangun ruang, bangun datar dan transformasi.

Kata Kunci: Etnomatematika, Geometri, Masjid Jami Cikini Al-Ma’mur


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. A. (2020). Etnomatematika; Eksplorasi Transformasi Geometri Pada Ragam Hias Cagar Budaya Khas Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 131–138. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3107

Abdullah, A. S. (2017). Ethnomathematics in perspective of sundanese culture. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3877.1-15

Adelia, H., Karunia, Y. A., Mariyani, E., & Prasetyo, D. A. B. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Makam Ki Ageng Giring III Serta Kebudayaan Apem Cotong Di Desa Sodo Kecamatan Paliyan. Prosiding Sendika, 6(2), 138–144. https://pmb.umpwr.ac.id/prosiding/index.php/sendika/article/view/1209/0%0Ahttps://pmb.umpwr.ac.id/prosiding/index.php/sendika/article/download/1209/1014

Afifah, D. S. N., Putri, I. M., & Listiawan, T. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Gajah Mada Motif Sekar Jagad Tulungagung. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(1), 101–112. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss1pp101-112

Amirah, A., & Budiarto, M. T. (2022). Etnomatematika : Konsep Matematika pada Budaya Sidoarjo. MATHEdunesa, 11(1), 311–319. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p311-319

Annisa, N., Sugiarti, T., Monalisa, L. A., Sunardi, S., & Trapsilasiwi, D. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Pembuatan Kubah Masjid Berbahan Stainless Steel sebagai Bahan Lembar Kerja Siswa. KadikmA, 11(1), 48. https://doi.org/10.19184/kdma.v11i1.17943

Aulia Rahman, S., Elsa, Fatimah, L., Hasanah, R. S., & Kosasih, U. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri Transformasi Pada Bangunan Ikonik Kota Soreang. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 217–233. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.5221

Azizah, G. N., & Sundayana, R. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Sikap Siswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Air Dan Probing-Prompting. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 305–314. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.285

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design Choosing Among Five Approach. In SAGE (Third Edit). SAGE Publications. Inc.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematic, 5(1), 44–48.

Daswarman, D., & Sutadji, E. (2020). Etnomatematika Minangkabau pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 16–20.

Dewi, A. F. K., Kinanti, M., & Sulistyorini, P. (2020). Pola Barisan Aritmetika pada Pukulan Ketukan Dalam Gending Ketawang di Gamelan Yogyakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Farhan, M., Apriyanto, M. T., & Hakim, A. R. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Uma Lengge Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 98–106. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1965

Faturrahman, M., & Soro, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Al-Alam Marunda Ditinjau dari Segi Geometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1955–1964. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.734

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Fioiani, A. D. (2019). Pembelajaran 3. Geometri. 2, 63–98.

Fitriyana, A., & Mariana, N. (2022). Etnomatematika pada Bangunan Bersejarah Masjid Besar Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik Sebagai Konsep Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(9), 2035–2046.

François, K. (2012). Ethnomathematics in a European Context: Towards an Enriched Meaning of Ethnomathematics. Journal of Mathematics and Culture, 6(1), 191–208.

Gawen, M. nirmala hospa, Taga, G., & Meke, K. D. P. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Anyaman Daun Lontar Kebudayaan Lamaholot. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 52–61. https://doi.org/10.37478/jupika.v4i1.847

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707

Izah, S. J., & Malasari, P. N. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01), 44–58. https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3597

Jainuddin, J., Steven Silalong, E., & Syamsuddin, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Ukiran Toraja. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 31–47. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2273

Janan, T. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Raya Bandung. 5.

Jayanti, T. D., & Puspasari, R. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada Candi Sanggrahan Tulungagung. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 6(2), 53–66.

Juano, A., & Jediut, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika dan hubungannya Dengan Geometri Pada Matematika Dasar Dalam Budaya Masyarakat Manggarai. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(2), 270–278.

Krismonita, M. D., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Agung Gumuk Kancil Banyuwangi sebagai Lembar Kerja Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 149. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24327

Kristia, D., Soebagyo, J., & Ipaenim, H. (2021). Analisis biblometrik dari istilah “Etnomatematika.” Jurnal Riset HOST Pendidikan Matematika, 1, 178–190.

Kurino, Y. D., & Rahman. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Panjalin pada Materi Konsep Dasar Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 268–275.

Leni, N., Musdi, E., Arnawa, I. M., & Yerizon, Y. (2021). Profil Kemampuan Penalaran Spasial Siswa SMPN 1 Padangpanjang Pada Masalah Geometri. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 111. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.10000

Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 164–176.

Maemali, P., Prayitno, A., & Widayanti, F. D. (2020). Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Nagekeo. Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM), 1(1), 48–58.

Mahuda, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Batik Lebak Dilihat dari Sisi Nilai Filosofi dan Konsep Matematis. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1

Manasikana, A., Anwar, M. S., Setiawan, A., Darmayanti, R., Ra, J., No, K., Utara, K. M., & Metro, K. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Islamic Center Tulang Bawang Barat Lampung. 7(1), 34–49. https://doi.org/10.15575/jp.v7i1.216

Mas’udah, I. L., Sudirman, S., Susanto, H., & Rofiki, I. (2021). Fenomena Literasi Spasial Siswa: Studi Pada Geometri Ruang. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(2), 155. https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.155-166

Mawaddah, S. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dengan Pendekatan Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia Dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif,” 501–511.

Musbaiti, Miftahurrahmah, R., Nabila, Z., & Fahmy, A. F. R. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Masjid Agung Al-Muhtaram Kajen Kabupaten Pekalongan dalam Pembelajaran Matematika. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01), 52–64.

Ni’mah, N. T., & Marlina, R. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Monumen Tugu Kebulatan Tekad. JIPMat, 6(1), 76–84. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8018

Nirmalasari, D., Sampoerno, P. D., & Makmuri, M. (2021). Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep-Konsep Teorema Pythagoras Pada Budaya Banten. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2), 161–172. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5472

Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18–29. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16836

Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika Masyarakat Pengrajin Anyaman Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.188

Pramudita, K., & Rosnawati, R. (2019). Exploration of Javanese culture ethnomathematics based on geometry perspective. Journal of Physics: Conference Series, 1200(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1200/1/012002

Putra, R. Y., Wijayanto, Z., & Widodo, S. A. (2020). Etnomatematika: Masjid Soko Tunggal Dalam Pembelajaran Geometri 2D. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 10. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p10-22

Rosita, R., Asfida, A., Annur, M. A., & Azis, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Benteng Keraton Buton dan Implikasinya pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6, 86–90. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.260

Safitri, A. H. I., Novaldin, I. D., & Supiarmo, M. G. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Tradisional Uma Lengge. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3311–3321. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.851

Saputra, A. (2021). Sejarah Masjid Jami Al Ma’mur Cikini yang Juga Cagar Budaya. Travel.Detik.

Setyawati, A., Soebagyo, J., & Sunni, J. F. (2023). Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Ethnomathematics exploration in the Galasin traditional games in Jakarta on mathematical concepts. 11(1), 58–65. https://doi.org/10.30738/union.v11i1.12661

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Soebagyo, J., & Amalia, G. R. (2022). Investigations into Whiteboard Fox’s Use in Mathematics Learning Accommodates 21st Century Skills. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1644–1664.

Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Muhammad, A. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 184–190.

Sudianto, & Santoso, E. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Area Siti Inggil Keraton Kasepuhan Cirebon. Didactical Mathematics, 4(1), 273–282. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2501

Sudirman, Rosyadi, & Lestari, W. D. (2017). Penggunaan etnomatematika pada karya seni batik Indramayu dalam pembelajaran geometri transformasi. Pedagogy, 2(1), 74–85.

Sugi, S., & Soebagyo, J. (2022). Ethnomathematics Exploration of Cemetery of Heroes in City Kampung Mesjid Labuhanbatu Utara. Jurnal Analisa, 8(2), 142–151. https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.19182

Sunzuma, G., & Maharaj, A. (2019). Teacher-related challenges affecting the integration of ethnomathematics approaches into the teaching of geometry. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(9). https://doi.org/10.29333/ejmste/108457

Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–413. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1183

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, S., Sugiarti, T., & Mutrofin, M. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember. Ethnomathematics Journal, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36329

Yunian Putra, R. W., & Indriani, P. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. NUMERICAL (Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika). https://doi.org/10.25217/numerical.v1i1.118

Yuningsih, N., Nursuprianah, I., & Manfaat, B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Rancang Bangun Rumah Adat Lengkong. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i1.19517




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88https://elijo.umpwr.ac.id/pages/idnslot/slot gacor thailand