Analisis Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa pada Topik Persamaan Garis Menurut Tingkat Berpikir Van Hiele
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis mahasiswa pada topik persamaan garis menurut tingkat berpikir van Hiele. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah empat mahasiswa dari salah satu universitas di Indonesia yang mempelajari mata kuliah geometri analitik. Keempat mahasiswa ini diambil dengan kategori mahasiswa dengan tingkat berpikir van Hiele yakni pre-visualisasi, visualisasi, analisis, dan deduksi informal. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan di antaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa dengan tahap deduksi informal mampu memenuhi ketiga indikator literasi matematis pada semua soal, mahasiswa dengan tahap analisis memenuhi ketiga indikator literasi matematis pada satu soal dan belum memenuhi indikator kemampuan literasi matematis dengan sempurna pada soal lainnya, sedangkan untuk mahasiswa dengan tahap pre-visualisasi dan tahap visualisasi belum mampu memenuhi indikator literasi matematis dengan sempurna pada semua soal, sehingga dapat dikatakan partisipan dengan level deduksi informal memiliki kemampuan literasi matematis yang lebih baik. Saran dari peneliti adalah perlu adanya pengembangan mengenai penelitian sejenis di kemudian hari.
Full Text:
PDFReferences
Dihna, E. R., & Sudihartinih, E. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Melalui Perkuliahan Geometri Analitik Topik Garis. 11(2), 318–331.
Imswatama, A., & Muhassanah, N. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis dan Lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i1.1368
Kafifah, A., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2018). Menyelesaikan Soal PISA Konten Mahasiswa S-1 Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(3). http://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/10918%0Ahttps://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/10918/6694
Marits, M., & Sudihartinih, E. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik pada Topik Persamaan Garis Berdasarkan Newman Error Analysis. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 175–186.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557
Muzdalipah, I., Rustina, R., Patmawat, H., & Yulianto, E. (2021). Analisis Literasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Dominasi Otak. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2), 222–233. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.6054
OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing https://doi.org/10.4324/9781003090366
Pebruariska, A., & Fachrudin, A. D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII pada Materi Segiempat ditinjau dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 21. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2461
Petrus, Z., Karmila., & Riady, A. (2017). Deskripsi Kemampuan Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele. Journal of Mathematics Education, 2(1), 145–160. https://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/668/575%0A%0A
Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347
Pratiwi, D. A., Trapsilasiwi, D., Oktavianingtyas, E., Sunardi, & Murtikusuma, R. P. (2019). Level Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship Berdasarkan Gaya Kognitif. Kadikma, 10(3), 1–14. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/17401
Purwanti, A. F., Mutrofin, M., & Alfarisi, R. (2021). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(1), 40. https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i1.24775
Putri, F. H., & Sudihartinih, E. (2022). Profil HOTS Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Analitik Ditinjau dari Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(1), 39–54. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i1.4059
Ratri, A. K., & Setyaningsih, N. (2020). Analisis Literasi Matematika Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Berorientasi High Order Thinking Skills. Proceeding. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya.
Sofi. (2018). Proses Berpikir Literasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Shape and Space Ditinjau dari Level Berpikir van Hiele (Skripsi, Universitas Jember). Diakses dari: https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/88916/SOFI%20-%20140210101065.pdf?sequence=1
Sudihartinih, E., & Purniati, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa dalam Perkuliahan Geometri Analitik pada Konsep Irisan Kerucut dengan Menggunakan Alat Peraga. Proceeding. Seminar Nasional Matematika di UNPAR Bandung.
Sudihartinih, E. (2021). Level Berpikir Geometri dan Efikasi Diri Mahasiswa Melalui Model van Hiele dan Berbantuan ICT (Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia). Diakses dari: repository.upi.edu
Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berasarkan Analisis Newman. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 295–302. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1282
Sugiyono. (2017). Analisis Subjek Penelitian Kualitatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv6n2_13
Usiskin, Z. (1982). Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry. Chicago: The University of Chicago.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i2.2851
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License