Rancangan Model PIS Berbasis Teori Belajar Psikologi Humanistik Abraham Harold Maslow pada Mata Pelajaran Matematika

Suhartini Sumadi, Anis Alfian Fitriani, Teguh Yuliandri Putra, Fuad Ardiansyah

Abstract


Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “bagaimana perancangan model PIS (Pembelajaran Inklusi Sosial) berbasis Teori Belajar Psikologi Humanistik Abraham Harold Maslow pada mata pelajaran matematika?”. Penelitian ini pada hakikatnya merupakan penelitian pengembangan. Dalam penelitian ini, menjelaskan terkait model penelitian pengembangan terbaru yakni model C-ID (Contruct, Instructional, and Design). Perumusan model PIS (pembelajaran inklusif sosial) pada mata pelajaran matematika berbasis teori belajar psikologi humanistik Abraham Harold Maslow, yaitu meliputi: 1) landasan filosofi pembelajaran, yaitu merujuk dari teori humanistik dengan pendekatan pembelajaran, yaitu pembelajaran inklusif, pembelajaran aktif, kreatif, kolaboratif, kooperatif dan demokratis; 2) implementasi berupa tahap persiapan atau perencanaan, tahap proses pembelajaran yang sesuai dengan sintak pembelajaran, sistem sosial berupa demokratif, dialogis, kooperatif, bertanggungjawab, merata, sistem pendukung berupa perangkat pembelajaran, LKPD, materi pembelajaran matematika, ice breaking berbasis humanistik, dan dampak instruksional dan pengiring berupa kemampuan memahami, mengimplementasikan konsep matematika, dan memecahkan persoalan yang didukung dengan sikap toleran, kerjasama, setia kawan, demokratis, kerja keras, kritis, mandiri, terbangunnya sikap bangga, percaya diri, kompetitif, solidaritas, dan responsif; dan 3) evaluasi yang terdiri dari evaluasi proses melalui pengamatan kinerja dan pemahaman peserta didik dan evaluasi hasi melalui tes unjuk kerja peserta didik.

Kata Kunci: Inklusi Sosial,  Model PIS, Teori Humanistik


Full Text:

PDF

References


Hb, S. M., & Hazmi, N. (2018). Model Pembelajaran Inklusi Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Smp Negeri 4 Payakumbuh. Historia Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(2). Https://Doi.Org/10.24127/Hj.V6i2.1530

Healy, K. (2016). A Theory Of Human Motivation By Abraham H. Maslow (1942). In British Journal Of Psychiatry (Vol. 208, Issue 4). Https://Doi.Org/10.1192/Bjp.Bp.115.179622

Jumarudin, J., Gafur, A., & Suardiman, S. P. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Humanis Religius Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2). Https://Doi.Org/10.21831/Jppfa.V2i2.2623

Koesnandar, A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sesuai Kurikulum 2013. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1). Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V8n1.P33--61

Nasaruddin, N. (2018). Karakterisik Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2). Https://Doi.Org/10.24256/Jpmipa.V1i2.93

Ngazizah, N., Puspitarini, D., Asrofah, Z. A., & Saputri, D. A. R. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Kesetaraan Gender Melalui Pembelajaran Berbasis Gender Sosial Inklusi Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1). Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.2048

Rahmawati, E., & Suhendri, H. (2016). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas 6. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 6(3). Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V6i3.991

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek.

Rosa, A. T. R. (2019). Model Pendidikan Inklusif Dan Ramah Anak Di Sekolah Alam Bandung. Sps Uninus, 2(3).

Sada, H. J. (2017). Kebutuhan Dasar Manusia Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). Https://Doi.Org/10.24042/Atjpi.V8i2.2126

Sumadi, S. (2015). Penggunaan Sumber Belajar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Smp Negeri 5 Amahai (Pp. 237–247). Magister Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang. Http://Research-Report.Umm.Ac.Id/Index.Php/Semnasmat/Article/View/1166

Widiada, I. K., Sudirman, S., Darmiany, D., Gunayasa, I. K., & Syazali, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inklusi Bagi Peserta Didik Learning Disability Di Sekolah Dasar Negeri Kota Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4). Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V7i4.3614

Willis, J., & Wright, K. E. (2000). A General Set Of Procedures For Constructivist Instructional Design: The New R2d2 Model. Educational Technology, 40(2).




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88https://elijo.umpwr.ac.id/pages/idnslot/