Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Trigonometri Berbasis Etnomatematika Menggunakan Teori Nolting

Irma Fetria Ningsih, Nahor Murani Hutapea, Yenita Roza

Abstract


Etnomatematika merupakan studi tentang penerapan matematika pada kebudayaan masyarakat  agar siswa dan masyarakat mampu memahami hubungan antara matematika dan kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri yang disajikan berbasis etnomatematika pada arsitektur bangunan rumah adat. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa pada tingkat SMA kelas X MIPA 4 SMA 6 Pekanbaru. Instrumen penelitian berupa seperangkat tes uraian dengan empat butir soal uraian materi trigonometri yang telah valid dan reliabel. Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tigonometri berbasis etnomatematika akan diklasifikasi berdasarkan Teori Nolting. Indikator kesalahan yaitu: (1)Misread-directions errors (Mi) yaitu siswa salah mengartikan soal dan tidak menuliskan komponen yang ditanyakan di dalam soal, (2) Careless errors (Ca) yaitu siswa ceroboh saat melakukan operasi hitung dalam pengerjaan soal, (3) Concept errors (Co) yaitu siswa tidak menguasai konsep trigonometri baik mengenal segitiga, perbandingan trigonometri dan perbandingan trigonometri pada sudut istimewa , (4) Application error (AP) yaitu siswa mengetahui rumus tetapi tidak menggunakannya dalam menyelesaikan soal dan (5) Test taking errors (TE), yaitu siswa tidak menyelesaikan jawaban soal. Hasil penelitian menunjukkan persentase dari masing masing kesalahan yang dilakukan siswa : (1)Misread-directions errors (Mi) sebesar (3,32%); (2) Careless errors (Ca) sebesar (26,64%); (3) Concept errors (Co) sebesar (33,3%); (4) Application error (AP) sebesar (0%) dan 5) Test taking errors (TE), sebesar (49,95%).

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Etnomatematika, Teori Nolting, Trigonometri


Full Text:

PDF

References


Armiati & Isra Hidayati. Buku siwa matematika berbasis contextual teaching and learning materi trigonometri. Pendidikan matematika, Program pascasarjana Universitas Negeri Padang

Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa smp kelas viii dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika (vol. 4, issue 2).

Hasanah, S. I., Hafsi, A. R., & Zayyadi, M. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis etnomatematika dalam membangun pemahaman KONSEP SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(2), 21. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.29609

Ifa Fathiyah, 2020 analisis kualitatif kesalahan pengerjaan soal matematika tipe hots berdasarkan teori nolting pada siswa smp. (n.d.).

Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063

Ma’ruf Annizar, A., Kholida, A., Alfitria, A., & Yusuf, A. S. (2021). Pengembangan LKS Trigonometri Berbasis Etnomatematika Pada Masjid Cheng-Ho di Kabupaten Jember.

Napfiah, S., & Sulistyorini, Y. (2021). Errors analysis in Understanding Transformation Geometry through Concept Mapping. International Journal of Research in Education, 1(1), 6–15.

Safitri, N. K., Gusti, I., Putu, A., Wulandari, A., Made, G. A., & Putri, A. (2023a). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tipe hots materi aljabar berdasarkan teori nolting. Jurnal Santiaji Pendidikan, 13(1).

Safitri, N. K., Gusti, I., Putu, A., Wulandari, A., Made, G. A., & Putri, A. (2023b). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tipe hots materi aljabar berdasarkan teori nolting. Jurnal Santiaji Pendidikan, 13(1).

Subroto Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unswagati, T., & Sholihah, W. (2018). Analisis Hambatan Belajar pada Materi Trigonometri dalam Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa (Vol. 1, Issue 2). https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/indomath

Sukmawati, S., Amelia, R., Siliwangi, I., & Terusan Jenderal Sudirman Cimahi, J. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SEGIEMPAT BERDASARKAN TEORI NOLTING. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.423-432

Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651

Wayan, N., Asih, R. K., Puspadewi, K. R., & Suwija, I. K. (2023). Analisis kesalahan siswa kelas viii dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi spldv berdasarkan teori nolting. In Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha (Vol. 14, Issue 1).

Widyawati, A., Septi Nur Afifah, D., Resbiantoro, G., Kunci, K., Kesalahan, A., Masalah, M., & Solo, T. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Lingkaran Berdasarkan Taksonomi Solo Pada Kelas VIII Analysis Of Student Error in Solving Circle Problem Based On Solo Taxonomy In Class VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1, 1–9. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88