Penggunaan Video Pembelajaran Bermuatan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Matematika

Dewi Risalah, Syelfiya Cahyanita, Muchtadi Muchtadi

Abstract


Video pembelajaran merupakan alat yang efektif dalam memfasilitasi pembelajaran matematika yang menarik dan bermakna. Namun, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, penting untuk memasukkan elemen bermuatan karakter ke dalam video pembelajaran tersebut. Video pembelajaran bermuatan karakter mengintegrasikan nilai-nilai positif dan sikap-sikap yang diharapkan, seperti kejujuran, kerjasama, ketekunan, dan rasa tanggung jawab, seiring dengan pembelajaran konsep matematika. Melalui video pembelajaran bermuatan karakter, diharapkan siswa akan lebih termotivasi untuk belajar matematika, meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran, dan mengembangkan sikap yang positif dalam memecahkan masalah matematika.Penggunaan video pembelajaran juga dapat membantu tumbuhnya nilai-nilai karakter pada siswa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan video animasi pada materi aritmatika sosial, siswa dapat lebih mudah memahami materi dan tumbuhnya nilai-nilai karakter. Dalam masa pandemi COVID-19, penggunaan media video pembelajaran juga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada masa pandemi COVID-19. Dari beberapa penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran bermuatan karakter dapat membantu meningkatkan prestasi belajar matematis siswa dan tumbuhnya nilai-nilai karakter pada siswa. Oleh karena itu, penggunaan video pembelajaran dapat menjadi alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Karakter, Matematika, Video Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 56, 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Aryanto Puji, M., Nurcahyadi, R. Z., & Diva, S. A. (2023). Penggunaan Gamifikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(1).

Astuti, D. P., & Yuniarto, B. (2019). Penggunaan Media Animasi Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP. Jurnal Edueksos, 3(1).

Belcher, W. L. (2009). Writing Your Journal Article in Twelve Weeks: A Guide to Academic Publishing Success. University of Chicago Press.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAPEL IPA DI MIN KROYA CIREBON. Al Ibtida, 3(1).

Fahmi, M. (2018). Engembangan Video Pembelajaran Berbasis Character Education Materi Geometri Bidang Datar Kelas IV. 2(2), 160–171.

Hodiyanto, Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Hohenwarter, M., & Preiner, J. (2010). Interactive Mathematics Education: A New Interface for Learning Mathematics. The International Journal for Technology in Mathematics Education, 17(2), 69–82.

Isnaini, N. S., Firman, & Desyandri. (2023). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).

Maunah, B. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN HOLISTIK SISWA. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1).

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1).

Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(1).

Prasetyo, A. W., & Sulistyorini, S. (2019). Efektivitas Media Video Karakter pada Materi Bilangan Pecahan dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Mathematics Education, 10(2), 165–176.

Purbayanti, H. S., Ponoharjo, & Oktaviani, D. N. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Purnamasari, P. R., Hikmah, N., & Novitasari, E. (2017). Pengembangan media video pembelajaran.

Rana, V. (2016). Impact of Technology on Teaching and Learning of Mathematics. 7(4), 10–13.

Salsabila, H. U., Lestari, M. W., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13.

Samrin. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER (SEBUAH PENDEKATAN NILAI). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1).

Saraswati, R., Marhaen, A. AI. N., & Suarni, N. K. (2014). Implementasi Multimedia Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi dan Keterampilan Berfikir Kreatif. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Soffyana, Firdaus, M., & Haryadi, R. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Bermuatan Karakter Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Kelas XI di SMA Negeri 1 Pangkadan. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 9(1), 145–152. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4050

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian. Pustaka Baru Perss.

Sumarno. (2020). Analisis Isi dalam Penelitian dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jurnal Elsa, 18(2), 36–55.

Syafaruddin, S., & Siswanto, J. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Mesin. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(4), 507–516.

Widiarti, N. K., Sudarma, K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2).




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack