Deskripsi Kendala Guru Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika
Abstract
Model pembelajaran PBL merupakan model pembelajaran yang menjadikan masalah sebagai dasar peserta didik dalam belajar. PBL merupakan salah satu model yang direkomendasikan oleh kurikulum, namun guru masih terkendala dalam menerapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran matematika di tingkat SMP. Kendala dianalisis berdasarkan kesesuaian RPP serta LKPD dan pelaksanaan pembelajaran dengan tahapan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 3 orang guru matematika SMP. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu terdapat berbagai kendala yang menjadi hambatan guru dalam menerapkan model pembelajaran PBL dengan maksimal. Kendala tersebut dapat dilihat dari tidak sesuainya dari LKPD/LKS yang digunakan dengan model PBL serta terdapat beberapa kendala yang terjadi dalam pembelajarannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa memang benar adanya terdapat beberapa kendala dalam penerapan model PBL yaitu pada perencanaan dan penerapannya.
Kata Kunci: Deskripsi kendala guru, Pembelajaran Matematika, Model Problem Based Learning
Full Text:
PDFReferences
Aprilianti, P. P., & Astuti, D. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VII. JPMI Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 3(6), 691–702. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.691-702
Auliah, F. N., Febriyanti, N., & Rustini, T. (2023). Analisis Hambatan Guru dalam Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SDN 090 Cibiru Bandung. Journal on Education, 5(2), 2025–2033.
Friani, I. F., Sulaiman, & Mislinawati. (2017). Kendala guru dalammenerapkan model pembelajaran pada pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 di sd negeri 2 kota banda aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 88–97.
Hanifah. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru Kelas V di Dabin II Unit Pendidikan Kecamatan Gedangan Hanifa PENDAHULUAN Kegiatan pembelajaran adalah suatu kondisi yang dengan sengaja diciptakan. PEDAGOGIAM : Jurnal Pendidikan, 3833, 194–211.
Isnawati, A. G., & Rachmadyanti, P. (2021). Analisis Kendala Guru dalam Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPS Berbasis Pendidikan Nilai di SDN Kandangan III/621 Surabaya. JPGSD, 9(1).
Lina, A. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Delanggu. Biology Education Conference, 116–119.
Magdalena, M. (2018). Melatih Kepercayaan Diri Siswa dalam Menyatakan Tanggapan dan Saran Sederhana Melalui Penguatan Pujian Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. 1(2), 237–245.
Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. Alhadharah, 17(33), 81–95.
Ruslin, Mashuri, S., Rasak, M. S. A., Alhabsyi, F., & Syam, H. (2022). Semi-structured Interview: A Methodological Reflection on the Development of a Qualitative Research Instrument in Educational Studies. Journal of Research & Method in Education, 12(1), 22–29. https://doi.org/10.9790/7388-1201052229
Sari, S. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Serambi Ilmu: Journal of Scientific Informations and Educational Creativity, 21(2), 211–228.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Andi Offset.
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning. Deepublish.
Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Tecnoscinza, 2(1), 43–52. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/26/20
Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 1(2), 69–87.
Widayanti, R., & Nur’aini, K. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12–23.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2820
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License