Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Bentuk Pilihan Ganda

Iswatul Khasanah, Anies Fuady, Sunismi Sunismi

Abstract


Dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari kegiatan evaluasi. Ulangan  harian  merupakan salah satu  alat evaluasi yang perlu diuji kelayakan atau kualitas butir soalnya seperti analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Butir soal perlu diuji kelayakan untuk mengetahui fungsi instrumen yang telah dibuat sudah sesuai dengan fungsinya atau tidak. Penelitian dilakukan dengan metodologi deskriptif dan bentuk penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian adalah soal pilihan ganda yang terdiri dari 15 soal. Siswa kelas XII MIPA 3 MA Almaarif Singosari Tahun Pelajaran 2022-2023 berjumlah 31 siswa dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil analisis butir soal meliputi validitas soal cukup baik karena terdapat 8 butir soal (53%) dengan kategori valid, sedangkan soal yang tidak valid sebanyak 7 butir soal (47%). Reliabilitas soal dalam kategori tinggi karena koefisien reliabilitas mencapai 0,72. Tingkat kesukaran soal dominan pada kategori mudah mencapai 53%. Daya pembeda memiliki kategori sangat baik, baik dan cukup sebanyak 11 butir soal (74%). Efektivitas pengecoh kategori kurang baik lebih dominan sebanyak 8 butir soal (53%).

Kata Kunci: analisis butir soal, pilihan ganda, ulangan harian


Full Text:

PDF

References


Alpusari, M. (2014). Analisis Butir Soal, Program Komputer Anates Versi 4.0 For Windows Mahmud Alpusari. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Riau, 3(2), 106–115.

Ambarwati, Y. F., Ismiyati, & Ismiyati. (2021). Analisis butir soal pilihan ganda ulangan akhir semester genap mata pelajaran kearsipan. Measurement in Educational Research, 1(2), 64–75. https://doi.org/10.1177/074193258300400305

Antari, B., Susanta, A., & Siagian, T. A. (2021). Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Matematika SMA Negeri 8 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 299–312. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10421

Ariany, R. L., & Al-Ghifari, A. (2018). Penggunaan Software Anates Untuk Validasi Instrumen Tes. Al-Khidmat, 1(1), 73–78. https://doi.org/10.15575/jak.v1i1.3327

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Direktur Jenderal Pendidikan Islame.

Azwar, S. (2012). Reabilitas dan Validitas (Edisi 4). Pustaka Pelajar.

Elviana. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program Anates. Jurnal MUDARRISUNA, 10(2), 58–74.

Fietri, W. A. (2021). Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA Analisis Butir Soal Biologi Kelas XI Madrasah Aliyah Sakinah Kerinci Menggunakan Program Komputer Anates 4.0 For Windows. 7(1), 2477–6181.

Fiska, J. M., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Hadi, W. P. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Ipa Menggunakan Software Anates Pada Pendekatan Teori Tes Klasik. Natural Science Education Research, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8133

Hasan, K., & Mukhlisa, N. (2021). Analisis Butir Tes Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Di UPTD SD Negeri 1 Barru. 467–479.

Himawan, R., & Nurgiyantoro, B. (2022). Analisis butir soal latihan penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro Bantul menggunakan program ITEMAN ( Analysis of exercise items for odd semester end of semester Indonesian language subjects class. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 160–180.

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(2), 198–214.

Magdalena, L., Nurkholifah, A. A., & Hatta, M. (2015). Aplikasi Ulangan Harian Menggunakan Systematic Random Sampling Berbasis Web Studi Kasus : Smkn 1 Bulakamba-Brebes. Jurnal Digit, 5(2), 133–145.

Mania, S., Fitriani, F., Majid, A. F., Ichiana, N. N., & Abrar, A. I. P. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah. Al asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 274. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.16569

Mochammad Noor Akhmadi. (2021). Analisis Butir Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 4 Sdn Plumbungan Menggunakan Program Anates. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 799–806. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1464

Prastika, Y. D. (2021). Pengaruh Validitas, Reliabilitas dan Tingkat Kesukaran Terhadap Kualitas Butir Soal Ekonomi Menggunakan Software Anates di SMKN 3 Bangkalan. STKIP PGRI Bangkalan, 1–11.

Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370

Sari, A. I. C., & Herawati, M. (2014). Aplikasi ANATES Versi 4 dalam Menganalisis Butir Soal. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 203–214. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/353

Septiana, N. (2016). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Biologi Tahun Pelajaran 2015/2016 Kelas X dan XI pada MAN Sampit. EduSains, 4(2), 1689–1699.

Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88