Systematic Literature Review : Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan efektivitas penggunaan Google Form untuk evaluasi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review) dengan mengkaji 6 artikel nasional terakreditasi sinta 2 dan sinta 3 yang diperoleh dari Google Scholar selama 4 tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa Google Form berhasil digunakan sebagai salah satu sarana evaluasi alternatif dalam proses belajar mengajar jarak jauh / online dan melihat kemudahan yang diberikan Google Form dalam keefektifan penilaian bagi para guru, baik dari segi waktu, tenaga dan biaya serta kemudahan bagi siswa untuk mengerjakan soal dan dapat langsung melihat hasil capaian evaluasinya maka tidak menutup kemungkinan Google Form juga dapat digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran dalam kondisi normal.
Kata Kunci: Evaluasi pembelajaran, Google Form, media evaluasi.Full Text:
PDFReferences
Adelia, Miftahurrahmah, Nurpathonah, Zaindanu, Y., & Ihsan, M. T. (2021). The role of google form as an assessment tool in ELT: Critical review of the literature. Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(1), 58–66. https://doi.org/10.51574/ijrer.v1i1.49
Anjani, A., Fitriani, D., Kaputri, M. D., Mahmudah, I., Agama, I., Negeri, I., & Raya, P. (2021). Proceeding Seminar Pendidikan Nasional Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya Efektivitas Penggunaan Google Form sebagai Media Evaluasi saat Penilaian Tengah Semester (PTS). 49–59.
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur). Rosdakarya.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Arjiman, N., Nelva Saputra, H., & Asrul, A. (2022). Analisis Respon terhadap Penggunaan Google Form sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 3(3), 141–150. https://doi.org/10.51454/jpp.v3i3.500
Arsad, A. (2008). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Aryanti, N. N. S. (2021). Efektifitas Google Form Sebagai Media Evaluasi Di Masa Pandemi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 329–342.
Awiria, A., Prawira, A. Y., Dariyanto, D., & Pujayanah, I. S. (2022). Pelatihan Mengembangkan Evaluasi Pembelajaran Inovatif Menggunakan Google Form, Kahoot Dan Quizziz Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(1), 112–119. https://doi.org/10.32699/ppkm.v9i1.2173
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Workshop Penggunaan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pada Dosen-Dosen Studi Islam. Jurnal Al-Ikhlas, 2(1), 39–44.
Costa, L. A., Pereira Sanches, L. M., Rocha Amorim, R. J., Nascimento Salvador, L. do, & dos Santos Souza, M. V. (2020). Monitoring academic performance based on learning analytics and ontology: A systematic review. Informatics in Education, 19(3), 361–397. https://doi.org/10.15388/infedu.2020.17
Elis Ratnawulan dan Rusdiana. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia Bandung.
Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas. Jurnal Pendidikan, 10(1), 89–102. http://www.journal.staihubbulwathan.id
Hasibuan, N. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 04(01), 22–39. http://194.31.53.129/index.php/DI/article/view/423%0Ahttp://194.31.53.129/index.php/DI/article/download/423/395
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip
Lee, A. S. O., & Ross, S. (2020). Five ways to get a grip on evaluating and improving educational continuity in health professions education programs. Canadian Medical Education Journal, 11(5), 87–91. https://doi.org/10.36834/cmej.69228
Maidin, A., & Wardah, H. Das. (2019). Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Ddi Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kab.Sidrap. Istiqra, 7(1), 14.
Mardiana, T., & Wiyat Purnanto, A. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. Https://Journal.Unimma.Ac.Id/Index.Php/Urecol/Article/Download/1582/701/, 183–187.
Muhammad Nashrullah. (2021). Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab (Pilihan Ganda). Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 30–40. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.553
Muhimmatul Choiroh. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media E-Learning. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554
Nawir, Z., Pendidikan, J., Sekolah, G., Makassar, U. N., Evaluasi, E. P., & Angket, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Google Form terhadap Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi di Sekolah Dasar. 2(5), 76–92.
Nofitasari, & Ahsani, E. L. F. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form Selama Masa Pandemi Pada Peserta Didik SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 107–118. http://103.88.229.8/index.php/terampil/article/view/6567
Pipah, S. ngafifah. (2020). Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa Covid19 Di Sd It Baitul Muslim Way Jepara. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 123–144. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.186
Playfoot, D., Wilkinson, L. L., & Mead, J. (2022). Is continuous assessment inclusive? An analysis of factors influencing student grades. Assessment and Evaluation in Higher Education, 0(0), 1–13. https://doi.org/10.1080/02602938.2022.2150834
Pramata, Yoga, Boeriswati Murtado, Fathiaty, E. (2019). Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Essay Writing Di Universitas Darma Persada. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 174–179. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/661
Prayitno, W. (2013). EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK). https://bpmpjogja.kemdikbud.go.id/evaluasi-pembelajaran-berbasis-tik/.
Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di Sma N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19398
Pusdatin, K. (2022). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran dalam Adaptasi Pandemi Covid–19. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-teknologi-pembelajaran-dalam-adaptasi-pandemi-covid-19/
R.Seitz, A. (2018). A new framework of design and continuous evaluation to improve brain training. HHS Public Access, 1, 78–87. https://doi.org/10.1007/s41465-017-0058-8.
Rahmiyati, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Meningkatkan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Pengawas Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), 201–209. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.42-08
Rajagukguk, K. P. (2021). PELATIHAN OPTIMALISASI EVALUASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS GOOGLE FORMS DI MASA PANDEMI COVID-19. 2(2), 37–48.
Ratnawulan Elis, R. (2015). Evaluasi Pembelajaran (2nd ed.). Pustaka Setia.
Salamah, U., & Istiyono, E. (2022). Evaluation of Teacher Professional Training (TPT) program in the position of full online learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 26(2), 116–125. https://doi.org/10.21831/pep.v26i2.43978
Samsiadi, S., & Humaidi, M. N. (2022). Efektivitas Google Form Sebagai Media Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Pai Di Smk Negeri 1 Berau Kaltim. Research and Development Journal of Education, 8(2), 666. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13634
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Santoso, P. B. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Effectiveness of Google Form Assessment Media on Ict. Prosiding Seminar Nasional, 1(September), 287–292. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5711
Septiawan, F. (2020). the Effectiveness of the Use of Google Form in Linear Learning in Motorcycle Maintenance Lessons in Smkn 1 Koba. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(2), 129–135. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/index
Sisdiknas, U. (2003). UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (Vol. 49, Issue 0, pp. 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen).
Sujana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Bumi Aksara.
Sumadi, S., Kusumaningrum, S., & ... (2023). Implementasi Model Evaluasi Context, Input, Process, and Product (CIPP) dalam Program Asistensi Mengajar di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Mathema: Jurnal …, 5(20), 20–29. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2393%0Ahttps://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/download/2393/1091
Taufiq Nur Aziz, N. M. S. (2020). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form. TAWAZUN : Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 54–65. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Uran, L. L. (2018). Evaluasi implementasi KTSP dan Kurikulum 2013 pada SMK se-Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.13309
Utami, L. W. S. (2021). Penggunaan Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi C0Vid-19. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150–156. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.453
Wahono, R. S. (2015). A Systematic Literature Review of Software Defect Prediction: Research Trends, Datasets, Methods and Frameworks. Journal of Software Engineering, 1(1), 1–16.
Wandini, A. S., & Lubis, F. Y. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran secara Daring pada Belajar dari Rumah (BDR) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Basicedu, 5(4), 1985–1997. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1113
Wisman, Fitra Youpika, Z. Q. (2021). Training Using Google Form and Google Classroom As a Solution for Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic. 2(2). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/abdipaud/index
Wulandari, P., Maswani, & Husnul Khotimah. (2019). Google Form Sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran Di SMAN 2 Kota Tangerang. E-Jurnal Untirta, 2(1), 421–425. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5640/0
Yusron, R. M., Wijayanti, R., & Novitasari, A. T. (2020). Pelatihan Pembuatan Google Form bagi Guru SD Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi. Publikasi Pendidikan, 10(3), 182. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15055
Zainal, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur.
Zamzania, A. W. H., & Aristia, R. (2018). Jenis - Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–13.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2811
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License