Systematic Literature Review : Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran

Ida Elfira, Syamsurizal Syamsurizal, Lufri Lufri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan efektivitas penggunaan Google Form untuk evaluasi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review) dengan mengkaji 6 artikel nasional terakreditasi sinta 2 dan sinta 3 yang diperoleh dari Google Scholar selama 4 tahun terakhir. Hasil  kajian  menunjukkan bahwa Google Form berhasil digunakan sebagai salah satu sarana evaluasi alternatif dalam proses belajar mengajar jarak jauh / online dan melihat kemudahan yang diberikan Google Form dalam keefektifan penilaian bagi para guru, baik dari segi waktu, tenaga dan biaya serta kemudahan bagi siswa untuk mengerjakan soal dan dapat langsung melihat hasil capaian evaluasinya maka tidak menutup kemungkinan Google Form juga dapat digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran dalam kondisi normal.

Kata Kunci: Evaluasi pembelajaran, Google Form, media evaluasi.

Full Text:

PDF

References


Adelia, Miftahurrahmah, Nurpathonah, Zaindanu, Y., & Ihsan, M. T. (2021). The role of google form as an assessment tool in ELT: Critical review of the literature. Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(1), 58–66. https://doi.org/10.51574/ijrer.v1i1.49

Anjani, A., Fitriani, D., Kaputri, M. D., Mahmudah, I., Agama, I., Negeri, I., & Raya, P. (2021). Proceeding Seminar Pendidikan Nasional Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya Efektivitas Penggunaan Google Form sebagai Media Evaluasi saat Penilaian Tengah Semester (PTS). 49–59.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur). Rosdakarya.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Arjiman, N., Nelva Saputra, H., & Asrul, A. (2022). Analisis Respon terhadap Penggunaan Google Form sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 3(3), 141–150. https://doi.org/10.51454/jpp.v3i3.500

Arsad, A. (2008). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Aryanti, N. N. S. (2021). Efektifitas Google Form Sebagai Media Evaluasi Di Masa Pandemi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 329–342.

Awiria, A., Prawira, A. Y., Dariyanto, D., & Pujayanah, I. S. (2022). Pelatihan Mengembangkan Evaluasi Pembelajaran Inovatif Menggunakan Google Form, Kahoot Dan Quizziz Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(1), 112–119. https://doi.org/10.32699/ppkm.v9i1.2173

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Workshop Penggunaan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pada Dosen-Dosen Studi Islam. Jurnal Al-Ikhlas, 2(1), 39–44.

Costa, L. A., Pereira Sanches, L. M., Rocha Amorim, R. J., Nascimento Salvador, L. do, & dos Santos Souza, M. V. (2020). Monitoring academic performance based on learning analytics and ontology: A systematic review. Informatics in Education, 19(3), 361–397. https://doi.org/10.15388/infedu.2020.17

Elis Ratnawulan dan Rusdiana. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia Bandung.

Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas. Jurnal Pendidikan, 10(1), 89–102. http://www.journal.staihubbulwathan.id

Hasibuan, N. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 04(01), 22–39. http://194.31.53.129/index.php/DI/article/view/423%0Ahttp://194.31.53.129/index.php/DI/article/download/423/395

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip

Lee, A. S. O., & Ross, S. (2020). Five ways to get a grip on evaluating and improving educational continuity in health professions education programs. Canadian Medical Education Journal, 11(5), 87–91. https://doi.org/10.36834/cmej.69228

Maidin, A., & Wardah, H. Das. (2019). Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Ddi Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kab.Sidrap. Istiqra, 7(1), 14.

Mardiana, T., & Wiyat Purnanto, A. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. Https://Journal.Unimma.Ac.Id/Index.Php/Urecol/Article/Download/1582/701/, 183–187.

Muhammad Nashrullah. (2021). Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab (Pilihan Ganda). Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 30–40. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.553

Muhimmatul Choiroh. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media E-Learning. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554

Nawir, Z., Pendidikan, J., Sekolah, G., Makassar, U. N., Evaluasi, E. P., & Angket, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Google Form terhadap Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi di Sekolah Dasar. 2(5), 76–92.

Nofitasari, & Ahsani, E. L. F. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form Selama Masa Pandemi Pada Peserta Didik SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 107–118. http://103.88.229.8/index.php/terampil/article/view/6567

Pipah, S. ngafifah. (2020). Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa Covid19 Di Sd It Baitul Muslim Way Jepara. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 123–144. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.186

Playfoot, D., Wilkinson, L. L., & Mead, J. (2022). Is continuous assessment inclusive? An analysis of factors influencing student grades. Assessment and Evaluation in Higher Education, 0(0), 1–13. https://doi.org/10.1080/02602938.2022.2150834

Pramata, Yoga, Boeriswati Murtado, Fathiaty, E. (2019). Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Essay Writing Di Universitas Darma Persada. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 174–179. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/661

Prayitno, W. (2013). EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK). https://bpmpjogja.kemdikbud.go.id/evaluasi-pembelajaran-berbasis-tik/.

Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di Sma N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19398

Pusdatin, K. (2022). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran dalam Adaptasi Pandemi Covid–19. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-teknologi-pembelajaran-dalam-adaptasi-pandemi-covid-19/

R.Seitz, A. (2018). A new framework of design and continuous evaluation to improve brain training. HHS Public Access, 1, 78–87. https://doi.org/10.1007/s41465-017-0058-8.

Rahmiyati, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Meningkatkan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Pengawas Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), 201–209. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.42-08

Rajagukguk, K. P. (2021). PELATIHAN OPTIMALISASI EVALUASI PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS GOOGLE FORMS DI MASA PANDEMI COVID-19. 2(2), 37–48.

Ratnawulan Elis, R. (2015). Evaluasi Pembelajaran (2nd ed.). Pustaka Setia.

Salamah, U., & Istiyono, E. (2022). Evaluation of Teacher Professional Training (TPT) program in the position of full online learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 26(2), 116–125. https://doi.org/10.21831/pep.v26i2.43978

Samsiadi, S., & Humaidi, M. N. (2022). Efektivitas Google Form Sebagai Media Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Pai Di Smk Negeri 1 Berau Kaltim. Research and Development Journal of Education, 8(2), 666. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13634

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Santoso, P. B. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Effectiveness of Google Form Assessment Media on Ict. Prosiding Seminar Nasional, 1(September), 287–292. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5711

Septiawan, F. (2020). the Effectiveness of the Use of Google Form in Linear Learning in Motorcycle Maintenance Lessons in Smkn 1 Koba. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(2), 129–135. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/index

Sisdiknas, U. (2003). UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (Vol. 49, Issue 0, pp. 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen).

Sujana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Sumadi, S., Kusumaningrum, S., & ... (2023). Implementasi Model Evaluasi Context, Input, Process, and Product (CIPP) dalam Program Asistensi Mengajar di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Mathema: Jurnal …, 5(20), 20–29. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2393%0Ahttps://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/download/2393/1091

Taufiq Nur Aziz, N. M. S. (2020). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form. TAWAZUN : Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 54–65. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Uran, L. L. (2018). Evaluasi implementasi KTSP dan Kurikulum 2013 pada SMK se-Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.13309

Utami, L. W. S. (2021). Penggunaan Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi C0Vid-19. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150–156. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.453

Wahono, R. S. (2015). A Systematic Literature Review of Software Defect Prediction: Research Trends, Datasets, Methods and Frameworks. Journal of Software Engineering, 1(1), 1–16.

Wandini, A. S., & Lubis, F. Y. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran secara Daring pada Belajar dari Rumah (BDR) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Basicedu, 5(4), 1985–1997. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1113

Wisman, Fitra Youpika, Z. Q. (2021). Training Using Google Form and Google Classroom As a Solution for Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic. 2(2). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/abdipaud/index

Wulandari, P., Maswani, & Husnul Khotimah. (2019). Google Form Sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran Di SMAN 2 Kota Tangerang. E-Jurnal Untirta, 2(1), 421–425. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5640/0

Yusron, R. M., Wijayanti, R., & Novitasari, A. T. (2020). Pelatihan Pembuatan Google Form bagi Guru SD Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi. Publikasi Pendidikan, 10(3), 182. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15055

Zainal, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur.

Zamzania, A. W. H., & Aristia, R. (2018). Jenis - Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–13.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88