Penerapan Pendekatan Berpikir Metaforis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Rivdya Eliza, Nana Sepriyanti, Ulfah Husniyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI MAN 4 Agam, yang disebabkan karena pembelajaran yang masih bertumpu pada aktivitas guru. Selain itu siswa juga terlihat pasif dalam pembelajaran dan dalam menyelesaikan soal yang memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berpikir metaforis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan pendekatan berpikir metaforis dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 4 Agam Tahun Pelajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa kelas eksperimen 80,625 sedangkan kelas kontrol adalah 70,966. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan


Full Text:

PDF

References


Afri, L. D., Utami, N. P., Matematika, J., & Matematika, P. (2018). Perkembangan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Selama Diterapkan Pembelajaran Think Pair Square. Math Educa Journal, 2(2), 206–218.

Anggraeny, T. K., Rohana, R., & Jayanti, J. (2019). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 4 Kayuagung. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 57–69. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3001

Ariyanto, M. P., Nurcahyandi, Z. R., Diva, S. A., & Kudus, U. M. (2023). Penggunaan Gamifikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 2023.

Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 79–87. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.558

Dewi, R. (2021). Pengaruh Blended Learning Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Matematis. UIN Raden Intan Lampung.

Eliza, R., & Hayatullah, J. W. (2017). Penggunaan Metafora Disertai Aplikasi Prezi Desktop Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. 1(1), 51–61.

Eliza, R., Khadijah, K., & Wulandari, U. (2019). Motivasi dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Disertai Reward Pada Materi Fungsi. Math Educa Journal, 2(2). https://doi.org/10.15548/mej.v2i2.183

Eliza, R., Wulandari, R., & Susanto, A. (2022). HOTS Test Item Booklet Development for Flat Materials in Learning Mathematic. AIP Conference Proceedings, 2524(October). https://doi.org/10.1063/5.0112287

Fatimah, R. N., La Hadi, A., & Safaria, S. A. (2022). Matematisasi Pasar: Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Minat Siswa Pada Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 91–100. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.1391

Fransiska, N., Nursit, I., & Khairunnisa, G. F. (2022). Efektivitas Pendekatan Metaphorical Thinking Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Resiliensi Matematis Pada Materi Segiempat Di Smp Islam Ma’arif 02 Malang (Vol. 17, Issue 7).

Haeruddin, & Hadijah. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 93–100. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i2.144

Hasnarika, H. (2022). Penerapan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Habits of Mind Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 255–264. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.586

Irwan, I., & Sari, D. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI IPA MAN Kota Padang. Math Educa Journal, 2(2). https://doi.org/10.15548/mej.v2i2.182

Kristiawati, K., Baharullah, B., & Abdullah, K. (2021). Pengaruh Penerapan Pendekatan Metaphorical Thinking Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 168–174. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.6566

La Kalamu, L. Y., & Djafar, H. (2022). Pengaruh locus of control terhadap penalaran matematis siswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 68. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i1.4356

Lestari, D., Nurlita, M., & Muhlis, V. M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa The Effect of Mathematics Learning Using Learning Video Media on the Mathematical Reasoning Ability of Students.

Malik, R. F. (2017). Pendekatan Methaporical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Education Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 47–55. http://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2702

Ningsih, N. F., & Yurnalis, Y. (2022). Peranan Pembelajaran Metafora dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Peserta didik. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 15–26. https://doi.org/10.30983/lattice.v2i1.5611

Pratiwi, R. S., Kustati, M., & Susanto, A. (2019). Strategi Belajar Think Talk Write dan Kemampuan Berpikir Logis Matematis. Math Educa Journal, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.15548/mej.v3i1.264

Putri, R. C., Husna, A., & Amelia, F. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar ditinjau dari Gender di Kelas VIII SMP IT El-Yasin Batam An Analysis of Student’s Mathematical Reasoning Ability on Solving Algebra Story Problems Reviewing from Gender on 8 th level SMP IT El-Yasin Batam. Cahaya Pendidikan, 7(2), 115–122.

Rafita, A. A., & Suryanti, S. (2020). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Distance. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 77–86. https://doi.org/10.30587/postulat.v1i1.1777

Raharjo, A. A., Supratman, S., & Lestari, P. (2022). Analisis Kompetensi Strategis Matematis Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Melalui Blended Learning Berbantuan Flipbook. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 149. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.4606

Rohaeti, E. E. H. H. S. U. (2019). Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. PT Refika Aditama.

Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.302

Sepriyanti, N., Zulmuqim, Z., & Suryani, S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 24 Padang. Math Educa Journal, 1(2), 129–141. https://doi.org/10.15548/mej.v1i2.21

Suharna, H., & Abdullah, I. H. (2022). Proses Rekontruksi Koneksi Matematis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematis. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 235–245. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.5077

Sukayasa, S. (2022). Karakteristik Bernalar Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau dari Perbedaan Gender. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 203–219. https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.5104

Yanti, K. G. ., Pujawan, I. G. ., & Mahayukti, G. . (2019). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal IKA, 16(2), 84–97. https://doi.org/10.23887/ika.v16i2.19828

Yelvalinda, Y., Pujiastuti, H., & Fatah, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pemahaman Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23–32. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6108

Yuliana R, S. B. K. A. (2021). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 1–16.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88