Implementasi Model Evaluasi Context, Input, Process, and Product (CIPP) dalam Program Asistensi Mengajar di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong

Suhartini Sumadi, Syams Kusumaningrum, Desti Rahayu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, and Product) dalam Program Asistensi Mengajar di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran antara metode kualitatif dan metode kuantitatif. Subjek yang digunakan, yaitu sebanyak 7 mahasiswa yang mengikuti program Asistensi Mengajar pada SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa: 1) lembar penilaian RPP, yang digunakan untuk memperoleh nilai RPP; 2) lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran, yang digunakan untuk memperoleh nilai pelaksanaan pembelajaran; 3) Dokumentasi berupa buku panduan magang, RPP, bahan ajar yang digunakan mahasiswa asistensi mengajar. Simpulan dari hasil penelitian yang meliput aspek evaluasi Asistensi Mengajar Mahasiswa di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong, yaitu menunjukkan rata-rata nilai pada aspek context dalam program asistensi mengajar sebesar 82% termasuk kategori baik, sedangkan untuk nilai evaluasi input sebesar 80% dengan kategoru baik, selanjutnya untuk aspek process sebesar 80% dengan kategori baik, dan aspek product sebesar 77% dengan kategori cukup.


Full Text:

PDF

References


Al-Shanawani, H. M. (2019). Evaluation of Self-Learning Curriculum for Kindergarten Using Stufflebeam’s CIPP Model. SAGE Open, 9(1). https://doi.org/10.1177/2158244018822380

Andreas Putra, A. T., Zarita, R., & Nurhafidah, N. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Agama Islam Menggunakan Model Evaluasi CIPP. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(2). https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i2.3459

Doyok, R. (2021). Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Tahfiz Selama Daring di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3). https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.429

Haira Arni, I., Fatwa, B., & Sentoso, I. (2021). Kegunaan Model CIPP Dalam Evaluasi Pendidikan Inklusi. In MASALIQ : Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 1, Issue 3).

Hasanudin, C., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2021). Evaluasi Perkuliahan Daring Keterampilan Menulis selama Masa Pandemi Covid-19 dengan Model Evaluasi CIPP. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2). https://doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1784

Khairunnisa, B. W. (2021). Model Concurrent Transformative dalam Desain Metode Penelitian Campuran: Sebuah Pengenalan. Syntax Idea, 3(9). https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i9.1488

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. In Research Gate.

Santoso, H. D., Sari, D. P., Fadilla, A. D., Utami, F. F., Rahayu, F. P., Sari, D. C., & Sya’bani, N. P. (2022). Asistensi Mengajar, Adaptasi Teknologi, Dan Administrasi Dalam Program Kampus Mengajar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2). https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18220

Sopha, S., & Nanni, A. (2019). The cipp model: Applications in language program evaluation. Journal of Asia TEFL, 16(4). https://doi.org/10.18823/asiatefl.2019.16.4.19.1360

Sujana, I. W. C. (2019). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sujudi, A. (2003). UU. No 20 tahun 2003. Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 1116/MENKE(1).

Taufiqurrahman, M. (2022). Penggunaan Model CIPP Dalam Evaluasi Program Asistensi Mengajar Di TK Miftakhul Jannah. 11(3).

Tuna, H., & Başdal, M. (2021). Curriculum evaluation of tourism undergraduate programs in Turkey: A CIPP model-based framework. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 29. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2021.100324

Uran, L. L. (2018). Evaluasi implementasi KTSP dan Kurikulum 2013 pada SMK se-Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1). https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.13309

Yeni, D. I., Wulandari, H., & Hadiati, E. (2020). Pelaksanaan Program Pemberian Makanan Sehat Anak Usia Dini : Studi Evaluasi Program CIPP. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.9




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v5i1.2393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack