Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 15 Palembang. Terdapat 3 subjek penelitian yang mewakili kategori metakognisi tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil tes, observasi, wawancara dan dokumentasi dianalisis dengan mengacu pada aspek-aspek metakognisi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dengan membandingkan data hasil tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh dengan melihat model metakognisi siswa ketika menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Setelah penelitian ini dilakukan didapatkan hasil bahwa: 1) siswa berkemampuan matematika tinggi dapat menggunakan keterampilan metakognisi aspek planning, monitoring, dan evaluation dengan maksimal, 2) siswa berkemampuan matematika sedang dapat menggunakan keterampilan metakognisi aspek planning dengan maksimal, tetapi belum dapat menggunakan keterampilan metakognisi aspek monitoring dan evaluation dengan maksimal, 3) siswa berkemampuan matematika rendah belum dapat menggunakan keterampilan metakognisi aspek planning, monitoring, dan evaluation dengan maksimal.
Full Text:
PDFReferences
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Matematik Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.148
Ihsan, M. (2018). Pengaruh Metakognisi dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 129–140. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i2.257
Kamid. (2013). Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika (studi kasus pada Siswa SMP berdasarkan gender)[1] Kamid, “Metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal matematika (studi kasus pada siswa SMP berdasarkan gender),” Edumatica, vol. 3, no. 1, pp. 64–72, 2. Edumatica, 3(1), 64–72. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/1411
Lestari, L., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Matematika Antara yang Mendapat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95–108. https://media.neliti.com/media/publications/226571-perbandingan-kemampuan-pemecahan-masalah-5af4ead9.pdf
National Council of Teachers of Mathematics, (2000). Priciples and Standards for School Mathematics. American: Library of Congress Cateloguing-in-publication.
Nurhayati, Hartoyo, A., & Hamdani. (2017). Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, Vol. 6, No, 1–13.
Setyaningrum, D. U., & Mampouw, H. L. (2020). Proses Metakognisi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 275–286. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n2_09/590
Yanty Putri Nasution, E., Emjasmin, A., Rusliah, N., Agama Islam Negeri Kerinci, I., Kapten Muradi Sungai Penuh, jalan, & Penuh, S. (2021). Analisis Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Integral. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 5(2), 141–150.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v4i2.2124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License