Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Kelas X MA Ahsanul ’Ibad Taman Fajar

Siti Nurjanah, Siti Mutmainah, Astri Setya Wati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Probing Prompting untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika kelas X MA Ahsanul ‘Ibad Taman Fajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Ahsanul ‘Ibad Taman Fajar yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Pengamatan digunakan untuk memperoleh data tentang keaktifan belajar matematika siswa dan keterlaksanaan proses pembelajaran materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak menggunakan model Probing Prompting. Teknik analisis data yang digunakan analisis keaktifan belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar matematika menggunakan model Probing Prompting. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) pada tahap awal persentase keaktifan belajar matematika sebesar 38,8%,(2) pada siklus I persentase keaktifan belajar matematika sebesar 56,8%,(3) pada siklus II persentase  keaktifan belajar matematika sebesar 70,8%. Dapat disimpulkan bahwa Model Probing Prompting dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel kelas X MA Ahsanul ‘Ibad Taman Fajar Tahun Pelajaran 2020/2021.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Aksara. Hu

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pohan, H. (2017). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Model Probing Prompting pada Siswa Muhamadiyah 48 Medan. Hlm.53. Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara Medan.

Salahudin, Anas. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PustakaSetia.

Santoso S.D.Pardimin.,& Widodo, S. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Probing Prompting. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2 (1), 53-54.

Susanti, Elsa. (2017). Pengantar Penelitian Pendidikan.

Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.http//luk.staff.ugm.ac.id/atur/ UU/20-2003 Sisdiknaspdf. Diakses 26 November 2019.

Warsono, M.S. & Hariyanto, M.S. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v4i2.2068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack