Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing Prompting dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Muhammad Mukhtar, Ummi Rosyidah, Astri Setyawati

Abstract


Matematika sering dikeluhkan sebagai mata pelajaran yang amat berat, sulit, membosankan bahkan menakutkan bagi sebagian besar siswa. Hal ini dapat mengakibatkan hasil belajar matematika siswa sangat rendah bila dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana  hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe probing prompting, (2) untuk mengetahui bagaimana perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan siswa kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS MA Ma’arif Nu 8 Taman Cari, sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling yang dipilih berdasarkan pada arahan guru dan nilai rata-rata kelas pada materi sebelumnya. Instrumen yang yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 16.0 for windows yaitu dengan menggunakan Paired Sampel T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting sangat membantu proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari rata-rata posttest kategori eksperimen 81,97 dan rata-rata kelas manajemen 70,19.  analisis data hasil penelitian diperoleh pada tes akhir (post test) nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000. Oleh karena itu nilai signifikansinya < 0,05, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang proses pembelajaranya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe probing prompting dengan peserta didik kelas kontrol sebelum perlakuan pada saat pre test. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yaitu sebesar 66,75. Setelah diberi perlakuan, skor rata – rata hasil posttest mengalami peningkatan yaitu sebesar 82,50. Sehingga diperoleh N-gain hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,48 (0,48<0.50).

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif , Probing Prompting, hasil belajar   peserta didik


Full Text:

PDF

References


Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurulhalimah. (2015). Penerapan Teknik Probing Prompting Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa SD Pada Materi Bangun Ruang Sederhana.Skripsi Fakultas Ilmu Pensisikan Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan.

Mayasari, Y., Irwan, Mirna (2014). Penerapan Teknik Probing Prompting dalam Pembelajaran Matematika siswa kelas VII M Lubuk Buaya Padang.Jurnal Pendidikan Matematika,3(1).

Megariatati, M. (2014).Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Turunan Fungsi Menggunakan Teknik Probing Prompting di Kelas XI IPA 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika,5(1).

Ngalimun. (2014). Strategi dan model pembelajaran. Aswaja Pressindo: Yoyakarta.

Permendikbud. (2014). Nomor 58 Tahun 2016 Tentang Tujuan Pembelajaran Matematika. Jakarta: PermendikbudHusaini, Usman. 2009. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Qodaruddin, T. (2010). Profil Interaksi Siswa Kelas X pada Pembel¬ajaran Tatanama Senyawa Ki¬mia Menggunakan Model Ko¬operatif Tipe TGT dengan Me¬dia Chem-Card. Skripsi tidak diterbitkan, Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v4i1.1815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack