Pengembangan Prototipe E-Modul Matematika Berorientasi HOTS pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX

Dwi Shinta Rahayu, Yintan A. U. Gunawan, Delisya A. Fitriana, Yeni A. Sari, Wizaratus S. Ariska

Abstract


Pandemi Covid-19 menyisakan tantangan bagi siswa ketika belajar jarak jauh, apalagi untuk materi Trasformasi Geometri yang abstrak dan membutuhkan kemampuan visualisasi dan spasial yang baik. Belum lagi, siswa tetap harus mengembangkan Higher Order Thinking Skills (HOTS)-nya untuk menjawab tantangan Abad 21 melalui proses pembelajarn jarak jauh ini. Maka, diperlukan bahan ajar yang memfasilitasi berkembangnya HOTS pada materi Transformasi Geometri yang dapat digunakan secara mandiri di rumah. Penelitian ini bertujuan mengembangkanprototipe e-modul Matematika Berorientasi HOTS pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX. Penelitian ini mengacu pada Model Penelitian pengembangan Plomp yang telah disesuaikan. Pengumpulan data melalui teknik angket untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan prototipe yang dihasilkan. Pada fase investigasi awal dilakukan analisis kurikulum dan analisis kebutuhan. Pada Fase desain dihasilkan desain e-modul menggunakan Microsoft Word. Pada Fase Realisasi, desain e-modul dikembangkan menjadi prototipe pertama e-modul menggunakan Flip PDF Professional. Pada Fase Tes, Evaluasi, dan Revisi, prototipe pertama divalidasi  dan diujicoba terbatas kepada kelompok kecil kemudian direvisi berdasarkan saran dan komentar yang diperoleh untuk menghasilkan prototipe kedua e-modul. Hasil penelitian ini menunjukkan Prototipe e-modul dikategorikan valid dengan skor kevalidan sebesar  81% darisegi materi dan 84,14% dari segi media. Prototipe e-modul juga dikategorikan praktis dengan skor kepraktisan sebesar 88,14%.

Kata Kunci: e-modul, HOTS, TransformasiGeometri


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., & Walida, S. El. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis CASE (Creative, Active, Systematic, Effective) sebagai Alternatif Media Pembelajaran Geometri Transformasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar dan Kompetensi Mahasiswa. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya. http://math.fst.unair.ac.id/wp-content/uploads/2017/10/29-Zainal-Abidin__Pendidikan_.pdf

Afifah, S. N., & Kusuma, A. B. (2021). Pentingnya Kemampuan Self-Efficacy Matematis Serta Berpikir Kritis pada Pembelajaran Daring Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 313–320. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2642

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia A Systematic Review: The Impact of Online Lectures during the COVID-19 Pandemic Against Indonesian Students. PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 2020.

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Karya.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi, Z. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. In Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

As’ari, A. R., Ali, M., Basri, H., Kurniati, D., & Maharani, S. (2019). HOTS (High Order Thinking Skills) Melalui Matematika. Universitas Negeri Malang.

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/748

Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 250. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2197

Ernawati, T., & Susanti, S. (2021). E-Modul IPA 2 Untuk Pembelajaran Mandiri Di Masa Pandemi Covid-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 107–114. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1658

Fadilah, B. N., Jazim, J., & Farida, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Geometri Transformasi dengan Berbantuan Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.23960/MTK/V9I1.PP1-11

Hayat, N., & Fitriyani, H. (2019). Kvisoft Flipbook Maker Pro : Pengembangan E-Modul Matematika Berorientasi Soal Higher Order Thinking Skill pada Materi Bentuk Aljabar Untuk Siswa Kelas VII SMP. PROSIDING SENDIKA, 5(1), 214. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/779

Hidayat, T., Rochintaniawati, D., & Priscylio, G. (2019). Manakah yang Lebih Mengembangkan HOTS, Kurikulum 2013 atau Cambridge Curriculum? Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2), 69. https://doi.org/10.30738/natural.v6i2.5862

Jabnabillah, F. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 4(2).

Kemdikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusun e-Modul Pembelajaran. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebidayaan.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring sebagai Dampak Covid-19 Di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7927

Miftah, R., Kurniawati, L., & Solicha, T. P. (2020). Mengatasi Learning Obstacle Konsep Transformasi Geometri Dengan Didactical Design Research. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 156–166. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14076

Onyema, E. M., Eucheria, N. C., Obafemi, F. A., Sen, S., Atonye, F. G., Sharma, A., & Alsayed, A. O. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice, 11(13). https://doi.org/10.7176/JEP/11-13-12

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.

Program, M., Informatika, S. T., Dinamika Bangsa, S., Jendral, J. J., & Thehok -Jambi, S. (2018). Perancangan Prototype Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 12(2), 1099–1110. http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/article/view/407

Rahmawati, F., Pamungkas, M. D., & Ardiyanto, B. (2021). Pengembangan E-Modul Logika Matematika berbasis HOTS untuk Meningkatkan Divergent Thinking Skill. Jurnal Didactical Mathematics, 3(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074

Serevina, V., Sunaryo, R., Astra, I. M., & Sari, I. J. (2018). Development Of E-Module Based On Problem Based Learning (PBL) On Heat And Temperature To Improve Student’s Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(3), 26–36.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabetis.

Yuzulia, I. (2021). The Challenges of Online Learning during Pandemic: Students’ Voice. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 08–12. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/article/view/9759




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v4i1.1805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack