Desain E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Program Linear untuk Siswa Kelas XI SMA

Achmad Amin Setiabudi, Dina Octaria, Nyiayu Fahriza Fuadiah

Abstract


Di masa pandemi seperti saat ini dengan berbagai kebijakan dalam pelaksanaan pembelajaran banyak diterapkan seperti dengan belajar melalui online. Salah satu kendala peserta didik yaitu kurangnya minat, motivasi dan semangat belajar. Dengan kendala tersebut Penelliti akan melakukan penelitian yang bertujuan untuk mendesain e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi program linear. Penelitian akan menghasilkan desain e-modul berdasarkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang valid, dan layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian Design Research serta menerapkan metode Ken Peffers yang meliputi 6 langkah desain yaitu: 1) mengidentifikasi masalah. 2) Menentukan tujuan dan solusi. 3) Mendesain dan mengembangkan produk. 4) Mendemonstrasikan produk. 5) Melakukan evalusi produk. 6) Mengkomunikasikan pada publik. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah wawancara, angket respon peserta didik dan guru, serta tes hasil belajar yang diberikan kepada 10 orang peserta didik kelas 11 SMA Negeri 7 Palembang. Sekolah ini dipilih karena sesuai dengan hasil wawancara dengan peserta didik dan guru didapatkan permasalahan seperti pembelajaran dan sumber belajar yang kurang bervariasi. Setelah penelitian dilakukan didapatkan hasil bahwa desain e-modul yang telah dirancang sesuai dengan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dinyatakan dapat diujicoba oleh 3 orang validator. Selain itu berdasarkan hasil perhitungan angket yang diberikan kepada guru dan peserta didik menunjukkan menunjukkan persentase respon baik peserta didik sebesar 87% dan guru sebesar 93%.  Setelah itu berdasarkan perolehan hasil soal tes didapatkan 8 peserta didik yang mendapatkan nilai diatas KKM dan hanya 2 orang peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah KKM.

Kata Kunci: E-Modul, Design Reseach, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2013). Menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Malang: Penerbit : GAVA MEDIA.

Karimah, A. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaian soal cerita program linear. Jurnal Riset: Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(1), 9-14.

Rusdi. (2018). Penelitian Desai dan Pengembangan Kependidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Salsabila, I. A. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Jurnal On Education, 104-112.

Barr. (2017). Pengembangan Modul Matematika Berbasis WeB Yang Dilengkapi Mulitimedia Dengan Pendekatan Problem Solving Pada Materi Program Linear di SMK Nusantara BatangTahun Ajaran 2015/2016. Doctoral Dessertation, UNS (Sebelas Maret University).

Salsabila, S. L. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharohah : Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.

Widayanti, R., & Nur'aini, K. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.

Sutirman. (2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Zulfah, M., &Rohana, Z. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran e-Learning melalui Media Google Classroom untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuok. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 44-55.

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 56-65.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v4i1.1793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack