Dampak Penggunaan Media Sempoa dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan media sempoa dalam pelajaran matematika kelas rendah di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi pustaka. Objek dalam penelitian ini adalah media sempoa dan muatan pelajaran matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas rendah di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca, menelaah, dan mencatat berbagai literatur atau bahan bacaan yang sesuai dengan pokok bahasan yang diakses di Google Scholar. Teknik analisis data penelitian ini yaitu dengan menganalisa data yang diperoleh dengan menggunakan teknik analisis anotasi bibliografi (Annotated Bibliography). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat dampak penggunaan sempoa antara lain melalui kegiatan permainan menggunakan media sempoa siswa akan merasa tertarik, siswa tidak akan merasa jenuh dan bosan. Sehingga melalui penggunaan media pembelajaran sempoa dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama mata pelajaran matematika.
Kata Kunci: Sempoa, Pelajaran Matematika, Kelas
Full Text:
PDFReferences
Aripen. (2021). Pengaruh Pengunaan Media Sempoa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 12 Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat.
Bambang Sumarno HM. (2001). Sempoa dalam Perspektif Media Pembelajaran Hitung Aritmatika. Jurnal Ilmiah Guru.
Haines et al, & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Pengertian Pembelajaran Matematika di SD/MI. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Kholisna Auliana Zulfa, Ervina Eka Subekti, dan S. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Berbantu Media Sempoa Berkarakter Terhadap Pemahaman Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Siswa. 2, 72–80.
Mutmainah, S., & Rachmiati, W. (2019). Implementasi Metode STAD dengan Bantuan Sempoa pada MateriPenjumlahan dan Pengurangan Bilangan Dua Angka. 11(02), 123–132.
Syifa, F. M., & Simatupang, N. D. (2015). Penggunaan Sempoa Dalam Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. PAUD Teratai, 4(2), 1–6.
Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846–1851. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1187
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v4i1.1531
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License