Kesalahan Siswa SMP dalam Memahami Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita

Lalu Saparwadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa SMP dalam memahami masalah soal cerita. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII di MTsN Selong. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes tertulis, think aloud, dan wawancara. Pengambilan subjek pada penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini meliputi yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada peneliti menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini diperoleh tiga bentuk kesalahan siswa dalam memahami matematika. Kesalahan pertama yaitu siswa kurang teliti dalam melihat dan memahami soal. Kesalahan kedua yaitu ketidakmampuan dalam berpikir reversibel ketika memahami masalah matematika. Kesalahan ketiga yaitu tidak membuat permisalan dari setiap informasi yang diperoleh, sehingga menyebabkan siswa tidak mampu melakukan proses penyelesaian dengan baik. Oleh karena itu, ada tiga  poin yang perlu dilakukan dalam mengatasi kesalahan siswa dalam memahami masalah, yaitu (1) melatih siswa dalam mengidentifikasi semua informasi penting pada masalah, (2) melatih berpikir sebaliknya, (3) membiasakan siswa dalam membuat simbol untuk menandai semua informasi penting khususnya pada soal yang berbentuk serita.

Kata Kunci: kesalahan siswa, memahami masalah, marematika, soal cerita.


Full Text:

PDF

References


Ariyani, Wina. (2019). “Analisis Kesalahan Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Permukaan Dan Volume Bangun Ruang ( Kubus Dan Balok ) Berdasarkan Newman ’ s Error Analysis ( NEA ).” PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education 01(01): 55–64.

Baskorowati, Heni, and Pradnyo Wijayanti. (2020). “Studi Kasus: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Sma Negeri 1 Cerme.” MATHEdunesa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 9(3): 529–39.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Hsiao, H. S., C. Y. Lin, and Y. F. Peng. 2017. “The Influence of a Mathematics Problemsolving Training System on First-Year Middle School Students.” EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education 14(1): 77–93.

Maker, C. J. (2020). “Identifying Exceptional Talent in Science, Technology, Engineering, and Mathematics: Increasing Diversity and Assessing Creative Problem-Solving.” Journal of Advanced Academics 31(3): 161–210.

Masroni, Ahmad, and Toto Nusantara. (2016). “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menggunakan Aturan Perkalian Dan Aturan Penjumlahan.” Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan: 18–24.

Özreçberoğlu, N., and C. K. Çağanağa. (2018). “Making It Count: Strategies for Improving Problem-Solving Skills in Mathematics for Students and Teachers’ Classroom Management.” Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education 14(4): 1253–61.

Phonapichat, P., S. Wongwanich, and S. Sujiva. (2014). “An Analysis of Elementary School Students’ Difficulties in Mathematical Problem Solving.” In Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, , 3169–74.

Samo, Damianus D. (2017). “Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Tahun Pertama Pada Masalah Geometri Konteks Budaya Problem Solving Ability of First Year University Student in Cultural Context Geometry Problem.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4(2): 141–52.

Saparwadi, L, and Cahyowatin. (2018). “Proses Pemecahan Masalah Matematka Siswa Berkemampuan Tinggi Berdasarkan Langkah Polya.” UNION: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1): 99–110.

Saparwadi, Lalu. (2018). “Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Dalam Memahami Konsep Kalkulus Diferensial Dan Kalkulus Integral Dengan Menggunakan Maple.” Jurnal Pendidikan Matematika 6(2): 275–82.

———. (2019). “Negasi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan.” UNION: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2).

Saparwadi, Lalu, and Yuli Anita. (2018). “Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Akselerasi Dengan Siswa Regular.” Jurnal Pendidikan Matematika 6(03): 349–58.

Spooner, F., A. Saunders, J. Root, and C. Brosh. (2017). “Promoting Access to Common Core Mathematics for Students with Severe Disabilities through Mathematical Problem Solving.” Research and Practice for Persons with Severe Disabilities 42(3): 171–86.

Subanji. (2012). “Pengembangan Aktivitas Matematika Problem Solving Mengacu Pada Meaning Based Approach.” J-TEQIP 2: 1–8.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharna, Hery. (2012). “Berpikir Reflektif (Reflective Thinking) Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Pemahaman Masalah Pecahan.” Seminarnasional matematika dan pendidikan matematika (November): 377–86.

Suhita, Rintis, Rashar Sjahruddin, and Aunillah. (2013). “ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DALAM MATEMATIKA.” Jurnal pendidikan matematika STKIP PGRI Sidoarjo 1(2): 37–46.

Suyitno, A. (2004). Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika I. Bahan Ajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Utami, A. J. L., and R. Zulkanaen. (2018). “Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaa Linear Tiga Variabel (SPLTV).” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Karawang: USINKA,.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v4i1.1499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88