Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Berbasis Daring

Clara Fatimah, Putri Meilia Asmara, Intan Mauliya, Nicky Dwi Puspaningtyas

Abstract


Penyebaran covid-19 sangat berdampak di segala sektor, tak terkecuali sektor pendidikan. Melihat kasus yang terus meningkat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan surat edaran Nomor 4 tahun 2020 pada tanggal 24 Maret 2020 yang berisi Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Dalam Penyebaran Covid-19. Salah satu isi dari surat edaran tersebut adalah mengalihkan metode pembelajaran tatap muka disekolah dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilaksanakan dirumah. Hal yang perlu diperhatikan seorang pendidik saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring adalah minat belajar. Jika siswa memiliki minat belajar yang tinggi maka akan memudahkan siswa tersebut dalam mencapai tujuan belajar, begitupun jika siswa memiliki minat belajar yang rendah maka akan mengakibatkan kurangnya rasa ketertarikan siswa tersebut terhadap suatu bidang tertentu.  Dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring ini, guru SMP Kartikatama Metro banyak menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Sehingga siswa cenderung pasif karena kurang dilibatkan dalam mencari penyelesaian masalah matematika yang akan berdampak pada rendahnya minat belajar siswa. Oleh karena itu, perlu suatu metode yang tepat untuk diaplikasikan pada pembelajaran matematika yang dilaksanakan secara daring. Salah satu metode tersebut adalah Pendekatan Matematika Realistik. Dari penelitian yang telah dilakukan pada 20 siswa kelas VIII Kartikatama Metro didapat bahwa minat belajar pada metode Pembelajaran Matematika Realistik ≠ minat belajar pada metode pembelajaran konvesional (ceramah). Hal ini diperkuat dengan hasil perhitungan t-test dengan hasil  yakni 11,90 > 2,306.

Kata Kunci: Daring, Minat Belajar, Pendekatan Matematika Realistik.


Full Text:

PDF

References


Arifin, H. N. (2020) ‘Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Chovid-19 Di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan’, p. 12.

Armania, M., Eftafiyana, S. And Sugandi, A. I. (2018) ‘Analisis Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa SMP Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education’, Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), pp. 1087-1094. Doi: 10.22460/Jpmi.V1i6.P1087-1094.

Dewi, P. S. And Septa, H. W. (2019) ‘Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah’, Mathema Journal, Universitas Teknokrat Indonesia, 1(1), pp. 31–39. Doi: https://Doi.Org/10.33365/Jm.V1i1.

Fatimah, C. And Puspaningtyas, N. D. (2020) ‘Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Online Mata Pelajaran Matematika Di MAN 1 Lampung Selatan’, Jurnal Pendidikan Matematika, Universitas Lampung, 8(4), pp. 250–260. Doi: http://Dx.Doi.Org/10.23960/Mtk/V8i2.Pp250-260.

Fatimah, C., Wirnawa, K. And Dewi, P. S. (2020) ‘Analisis Kesulitan Belajar Operasi Perkalian Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)’, Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (Ji-Mr), Universitas Teknokrat Indonesia, 1(1), pp. 1–6.

Komariyah, S., Afifah, D. S. N. And Resbiantoro, G. (2018) ‘Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa’, Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), pp. 1-8. Doi: 10.30738/Sosio.V4i1.1477.

Maskar, S. And Anderha, R. R. (2019) ‘Pembelajaran Transformasi Geometri Dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung’, Mathema Journal, Universitas Teknokrat Indonesia, 1(1), pp. 40–47. Doi: https://Doi.Org/10.33365/Jm.V1i1.

Parinata, D. And Puspaningtyas, N. D. (2021) ‘Optimalisasi Penggunaan Google Form Terhadap Pembelajaran Matematika’, Mathema Journal, Universitas Teknokrat Indonesia, 3(1), pp. 56-65.

Puspaningtyas, N. D. (2019) ‘Berpikir Lateral Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika’, Mathema Journal, Universitas Teknokrat Indonesia, 1(1), pp. 24–30. Doi: https://Doi.Org/10.33365/Jm.V1i1

Sumianto (2018) ‘Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Al-Azim SD IT Raudhatur Rahmah Pekanbaru’, Jurnal Basicedu, 2(1), pp. 49–56.

Syah, R. H. (2020) ‘Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran’, Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), pp. 395-402. Doi: 10.15408/Sjsbs.V7i5.15314.

Ulfa, M. (2019) ‘Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika’, Mathema Journal, Universitas Teknokrat Indonesia, 1(1), pp. 48–55. Doi: https://doi.Org/10.33365/Jm.V1i1.

Wibowo, A. (2017) ‘Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis Dan Minat Belajar’, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), pp. 1–10. Doi: 10.21831/Jrpm.V4i1.10066.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i2.1310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Jurnal Mathema is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2021 Mathema : Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN:  2686-5823, P-ISSN: 2722-1466)
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.