Perspektif Mahasiswa Pendidikan Matematika di Kota Langsa Terhadap Masalah Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 membawa tuntutan perubahan dan penyesuaian dalam pelaksanaan kegiatan belajar di sekolah yang beralih menjadi kegiatan pembelajaran secara daring. Hal ini tentu mendatangkan permasalahan. Pada artikel ini disajikan hasil survei yang dilakukan kepada 27 mahasiswa pendidikan matematika yang mengikuti program magang, Pengenalan Lapangan Persekolahan, terkait permasalahan pembelajaran matematika di sekolah. Survei dilakukan dua kali, pre-survey dan post-survey, yang untuk selanjutnya dilakukan komparasi terkait kedua hasil yang diperoleh. Dikaji juga perspektif mahasiswa dalam hal permasalahan pembelajaran matematika yang relevan untuk dikaji pada masa pandemi Covid-19. Hasil survei pertama terhadap perspektif mahasiswa menunjukan permasalahan pembelajaran matematika sekolah terbesar adalah masalah kompetensi kognitif peserta didik yang masih rendah, kemudan hasil survei kedua setelah mahasiswa mengikuti kegiatan pengenalan lapangan persekolahan masalah yang sering muncul adalah rendahnya minat peserta didik dalam belajar, secara lebih teperinci terdapat 5 topik teratas menurut perspektif mahasiswa, yakni kesulitan belajar, minat, media, desain, dan prestasi (dalam hal ini kompetensi kognitif).
Kata Kunci: pembelajaran daring, pembelajaran matematika, perspektif.
Full Text:
PDFReferences
Bryan, T., Bryan, J. 1991. Positive Mood and Math Performance. J Learn Disabil. 24(8):490-4. doi: 10.1177/002221949102400808.
Efklides, A., Petkaki, C. 2005. Effect of Mood on Students’ Metacognitive Experience. Learning and Instruction 15 (2005), pp 415-431.
Fauzy, A., Puji, N. 2021 Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurna Cendikia Vol 5(1), 551-561. DOI : https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Herlina, M., Ihsan, I.R. 2020. Penelitian Pendahuluan mengenai LKPD Model PBL terkait Kemampuan Berpikir Matematis. Mathema Journal, Vol. 2 (2), pp. 46-54. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.733
Hidayat, A. 2020. Students’ Perception of E-Learning During Covid-19 Pandemic. Mathema Journal, Vol. 2 (2), pp. 34-45. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.689
Hidayat, D.M.C., Ihsan, I.R. 2020. Desain Pembelajaran Model Problem-Based Learning Terkait Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Adversity Quotient Peserta Didik. Mathema Journal, Vol. 2 (2), pp. 1-9. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.731
Jing, Z., Nan, Z., Ping, K.Q. 2019. The Relationship Between Math Anxiety and Math Performance: A Meta-Analytic Investigation. Frontiers in Psychology, Vol. 10. pp. 1613. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01613
Ihsan, I.R. & Karjanto, N. (2019). Optimizing Students Combinatorial Thinking Skill Through Design-based Research. Presented at International Congress on Industrial and Applied Mathematics 2019 at Universitat de Valencia, 15-19 July 2019.
Marshall, E. 2019. Emotional Affect in Mathematics, Open Access Master's Report, Michigan Technological University, https://doi.org/10.37099/mtu.dc.etdr/882
McDonald, B.A. (1989) Psychological Conceptions of Mathematics and Emotion. In: McLeod D.B., Adams V.M. (eds) Affect and Mathematical Problem Solving. Springer, New York, NY. https://doi.org/10.1007/978-1-4612-3614-6_15
Papanastasiou, F. 2018. The Psychological Implication of Learning Disabilities. Acta Psychopathol Vol.4 No.1:1, pp. 1-2. https://doi.org/10.4172/2469-6676.100157
Parinata, D., Puspaningtyas, N.D. 2021. Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, Vol. 3 (1), pp. 56-65. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.1008
Peixoto, F., Sanches, C., Mata, L. et al. “How Do You Feel About Math?”: Relationships Between Competence and Value Appraisals, Achievement Emotions and Academic Achievement. Eur J Psychol Educ 32, 385–405 (2017). https://doi.org/10.1007/s10212-016-0299-4
Rohani, M., Zulfah, Z. 2021. Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran e-Learning melalui Media Google Classroom untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuok. Mathema Journal, Vol. 3 (1), pp. 44-55. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.994
Smith, M.R. 2004. Math Anxiety: Causes, Effects, and Preventative Measures. Senior Thesis at Liberty University.
Soares, N., Evans, T., & Patel, D. R. (2018). Specific learning disability in mathematics: a comprehensive review. Translational pediatrics, 7(1), 48–62. https://doi.org/10.21037/tp.2017.08.03
Stankous, N., Buibas, M. 2018. Math Online: Student’s Perspective Based on Survey. European Scientific Journal, Vol.14, No.34, pp. 336-351
Utari, D.R., Wardana, M.Y.S., Damayani, A.T. 2019 Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol. 3(4), pp. 534-540.
Zan, R., Brown, L., Evans, J., Hannula, M.S. 2006. Affect in Mathematics Education: An Introduction. Educational Studies in Mathematics, Vol. 63, No. 2, Affect in Mathematics Education: Exploring Theoretical Frameworks: A PME Special Issue (Oct., 2006), pp. 113-121
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i2.1305
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License